Jenis-jenis Lighting Studio yang Berkualitas Beserta Fungsinya!

Lighting atau pencahayaan di dalam sebuah studio merupakan salah satu hal yang sangat penting. Pencahayaaan tersebut bersifat sangat penting karena dari pengaturan lighting itu yang nantinya akan berpengaruh terhadap hasil foto yang kita ambil. Jenis jenis lighting studio pun ada beberapa macam, tergantung dari efek apa yang ingin kita buat dalam mengambil foto.

Yap, pada artikel kali ini kita akan mengupas tuntas tentang beberapa jenis lighting studio yang biasanya banyak digunakan dalam teknik pencahayaan di dalam ruangan. Pengaturan lighting ini bukan tanpa sebab lho, pengaturan pencahayaan menggunakan lampu mempunyai tujuan untuk memberikan penerangan pada suatu objek sesuai dengan kapasitas kamera yang digunakan. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah agar dapat menciptakan gambar atau foto yang berkualitas tinggi sesuai dengan yang kita inginkan. Yuk, simak artikel lengkapnya berikut ini!

Inilah Jenis-jenis Lighting Studio dan penjelasannya

Ok, langsung saja di sini akan kami jelaskan beberapa jenis-jenis dari lighting atau pencahayaan yang dapat menghasilkan gambar yang bagus sesuai dengan keinginan.

jenis jenis lighting studio

  1. High Key Lighting

Jenis lighting studio ini biasanya digunakan dalam pembuatan gambar atau foto dengan gradasi abu-abu sampai putih. Namun pada daerah abu-abu gelap hingga mencapai warna hitam pekat hanya terlihat sebatas daerah yang sempit saja.

  1. Low Key Lighting

Low key lighting merupakan salah satu jenis lighting studio yang menciptakan sebuah gambar atau foto dengan gradasi yang hampir sama dengan lighting sebelumnya. Gradasi tersebut antara lain yaitu diantara abu-abu hingga hitam. Daerah abu-abu tersebut cenderung bersifat lebih terang hingga smaar-samar berwarna putih yang hanya terlihat pada suatu daerah tertetu.

  1. Key Light

Cara penataan pencahayaan pada jenis lighting studio yang satu ini adalah setting pencahayaan dengan sumber dari penyinaran terarah. Sumber penyinaran tersebut juga merupakan salah satu sumber pencahayaan utama yang digunakan terhadap suatu obyek tertentu.

jenis jenis lighting studio

  1. Base Light

Base light merupakan jenis lighting studio dengan setting penyinaran yang melebar namun merata. Peyinaran yang merata tersebut menyebabkan tidak adanya bayangan yang tampak dan sudah cukup menhasilkan suatu gambar atau foto dengan kualitas baik walaupun masih diperlukan alat fotografi lain sebagai tambahan agar hasil foto menjadi lebih maksimal. Selain itu, foto yang dihasilkan juga tampak lebih artistik.

  1. Fill Light

Jenis lighting studio yang selanjutnya adalah Fill Light. Penyinaran yang satu ini dpaat dikatakan sebagai lighting tambahan. Tujuan dari penggunana lighting ini adalah untuk mengurangi bayangan obyek yang tercipta dari samping. Bayangan yang tercipta tersebut dapat disebabkan dari jenis penerangan lampu lain yang ada di dalam studio.

  1. Cross Light

Cross light merupakan salah satu jenis lighting studio dengan pencahayaan yang sama kuat. Penyinaran tersebut disetting dengan cara menempatkan lampu tepat di depan kedua obyek dengan membentuk sudut yang sama besar. Sudut tersebut bersifat sama besar terhadap sumbu optis pada bidang horizontal.

jenis jenis lighting studio

  1. Back Light

Back light merupakan jenis lighting studio yang diarahkan dari belakan obyek. Pencahayaan tersebut disetting dengan kedudukan sejajar dengan bidan vertikal yang telah ditarik melalui sumbu optis kamera.

  1. Side Back Light

Berbeda lagi dengan side back light, jenis lingting studio yang satu ini merupakan teknik mencahayaan yang diletakkan dari arah belakang obyek. Meskipun pencahayaan dari belakang, namun kedudukan lampunya dibuat tidak sejajar dengan bidang vertikal.

  1. Eye Light

Pencahaan lainnya adalah eye light. Jenis lighting studio yang satu ini bertujuan untuk menghasilkan bayangan memantul oleh mata atu pun gigi tanpa menambah jumlah sumber cahaya yang ada di dalam studio.

  1. Set Light

Set ligth ini merupakan jenis lighting studio yang biasa diguanakn sebagai latar belakang atau biasa disebut set. Set ini biasanya terpisah dari pencahayaan obyek utama kamera.

jenis jenis lighting studio

Nah, itulah beberapa jenis lighting studio yang biasa digunakan oleh studio-studio besar maupun yang masih menengah. Bagaimana? Sudah tau kan jenis-jenis lighting studio yang sering digunakan dan mungkin tertarik untuk menggeluti dunia fotografi? boleh banget pastinya. Yap, sampai disini dulu artikel kali ini, simak terus artikel kami selanjutnya. Stay tune terus hanya di el-rajab.com.

Tinggalkan komentar

More in Pengetahuan, Teknologi
jenis jenis kamera video
Jenis-jenis Kamera Video beserta Fungsi dan Karakteristiknya

cerita rakyat
Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara dan Legenda di Indonesia yang Populer

Close