Mantap!! 11 Makanan Khas Lumajang yang Sangat Populer di Indonesia

Makanan Khas Lumajang – Setiap hari kita pasti memerlukan makanan. Bagi sebagian orang, makanan bukan sekedar hanya untuk di makan saja melainkan juga sebagai ciri khas daerah tertentu yang wajib dilestarikan. Banyak sekali makanan khas daerah di Indonesia yang harus kita lestarikan bersama sebagai generasi muda dalam melestarikan makanan khas daerahnya. Kebanyakan sebaliknya dalam era sekarang, banyak anak muda yang memilih makanan instan atau kebarat-baratan.

Untuk melestarikan makanan khas kita harus tahu terlebih dahulu makanan khas daerahnya. Sekarang dalam artikel ini akan membahas tentang makanan khas Lumajang. Bagi pemuda Lumajang harus tahu ini untuk melestarikan makanan khas daerahnya sendiri.

Pisang Agung Makanan Khas Lumajang

makanan khas lumajang
www.goodnewsfromindonesia.id

Pisang ini sangat berbeda dengan buah pisang pada umunya. Ukuranya besar dan panjang sepeti tanduk kerbau yang membengkok. Mungkin karena ukurannya yang besar sehingga orang menyebutnya dengan pisang agung. Rasanya sangat manis dan harganya agak mahal dikarenakan ukurannya 2 kali dengan ukuran pisang biasa.

Pisang Lumajang ini banyak tumbuh di daerah Lumajang. Silahkan jika sedang berkunjung ke Lumajang untuk mencoba Pisang Lumajang ini.

Kue Lapis Makanan Khas Lumajang

makanan khas lumajang
www.youtube.com

Makanan yang satu ini banyak terdapat di daerah nusantara lainnya. Tapi kue lapis khas Lumajang ini mempunyai ciri khas tersendiri. Makanan yang terbuat dari beras ketan yang di dalamnya terisi gula merah kemudian di balut dengan daun pisang ini mempunyai rasa yang sangat manis dan meledak gula merahnya ketika digigit. Kalau belum mencoba pasti nyesel deh! Yuk mencoba makanan khas ini, harganya sangat murah loo.

Lontong Petis Makanan Khas Lumajang

makanan khas lumajang
wcjuli2.blogspot.com

Terdengar agak tabu yaa, biasanya kalau petis itu kalau dak tahu petis atau smabal petis saja. Ok saya jelaskan yaa teman. Lontong petis memang dari bumbunya sama seperti tahu petis, cuma tahunya saja yang diganti dan cara menghidangkannya saja yang berbeda. Makanan ini juga dicampur dengan daging ayam, telur dan sayuran lainhya. Makanan ini bisa anda jumpai di Kota Lumajang di warung-warung pinggir jalan. Harganya sangat terjangkau tidak akan membuat kantong saku anda kosong.

Pecel Telo Makanan Khas Lumajang

makanan khas lumajang
cookpad.com

Aneh sekali makanan yang satu ini. Pecel telo merupakan makanan yang sangat populer di daerah Lumajang saja. Pecel ini terbuat dari bunga pisang, semanggi dan sayuran lain. Yang berbeda dengan pecel daerah lain adalah pecel ini terdapat telo atau ubi jalarnya. Rasanya tidak kalah dengan pecel lainnya dan harganya sangat murah. Silahkan mencoba saja ke Lumajang yaa!

Bledus Makanan Khas Lumajang

makanan khas lumajang
travel.tribunnews.com

Apa pernah dengar makanan Bledus? jika belum akan saya kasih tahu yaa. Makanan ini terbuat dari jagung yang sudah kering dan tua. Sebelum dimasak terlebih dahulu direndam semalam. Kalau sudah di rendam kemudian di masak dnegan waktu yang cukup lama atau sampai cangkangnya terkelupas.

Kalau sudah matang, makanan ini dihidangkan dengan dicampuri parutan kelapa dan di kasih garam sedikit. Bledus juga bisa dijadikan makanan pokok peganti nasi. Nama lain Bledus kalau di Jawa Tengah adalah Grontol. Silahkan di coba yaa!

Keripik Pisang Khas Lumajang

makanan khas lumajang
www.bukalapak.com

Sudah tidak jadi rahasia lagi kalau Lumajang adalah daerah penghasil pisang. Karena saking banyaknya pisang sehingga masyarakat Lumajang memanfaatkn pisang sebagai keripik pisang. Banyak sekali variasi keripik pisang khas Lumajang. harga nya sangat terjangkau dan rasanya sangat gurih.

Kue Lathok Khas Lumajang

makanan khas lumajang
www.youtube.com

Kue Lathok Banyak sekali ditemukan di daerah lainnya. Makanan ini sudah menjadi makanan favorit orang Lumajang. Silahkan coba makanan ini ke Lumajang yaa

Demikian makanan khas Lumajang yang harus kamu tahu. Lestarikan warisan kuliner nusantara dengan membaca agar tahu dan membuatnya yaa. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar