Inilah 7 Makanan Khas Enrekang yang Banyak Diminati Wisatawan

Makanan Khas Enrekang – Masih banyak orang yang belum tahu daerah Enrekang. Di mana sih daerah Enrekang ini? yaps, Enrekang ini adalah sebuah Kabupaten yang berada di daerah Makassar, Sulawesi Selatan. Daerah ini sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Tanah Toraja, Sebelah selatan dengan Kabupaten Sidenreng Rappang, Barat Kabupaten Pinrang, dan sebelah Timur berbatasan langsung dengan Kabupaten Lawu.

Jika teman berkunjung ke sini, jangan lupa untuk mencoba makanan khas Enrekang yang mempunyai rasa tersendiri dalam lidah teman tentunya. Inilah 7 makanan khas Enrekang yang sobat wajib coba jika berada di sana.

Makanan Khas Enrekang ” Kerupuk Dangke”

makanan khas enrekang
www.merdeka.com

Makanan Khas Enrekang ini sering orang menyebutnya sebagai keju Eropa yang paling familiar di kalangan masyarakat tersebut. Makanan ini terbuat dari susu sapi, garam pepaya, dan nanas yang di masak menjadi satu. Makanan Khas Dangke ini juga bisa dijadikan Krupuk dangke yang mempunyai rasa yang gurih dan renyah.

Sekarang pemerintah setempat telah memberikan dukungan untuk masyarakat dalam memproduksi makanan ini sehingga tidak hanya masyarakat setempat saja yang menikmati makanan khas ini, tapi juga wisatawan yang berkunjung di daerah ini. Harga Kerupuk Dangke ini sekitar 20.000 sampai 50.000 sesuai ukuran.

Makanan Khas Enrekang ” Pa’piong”

makanan khas enrekang
www.merdeka.com

Pa’piong merupakan makanan yang sedikit unik. Kenapa saya bilang unik? yups, karena Makana ini terbuat dari berbagai jenis bahan. Ada tiga jenis makanan Pa’piong yang biasa di santap oleh masyarakat Enrekang ini, ada ayam pa’piong , babi pa’piong, dan kerbau pa’piong. Untuk yang Muslim jangan makan yang berasal dari babi yaa tentunya,,hehe.

Cara memasak makanan ini yaitu dengan mencampurka daging ayam, bumbu-bumbu sayur, jahe, garam, bawang putih menjadi satu dibungkus dengan dan pisang. Setelah itu dimasukkan ke dalam bambu terus di bakar sampai matang. Alat untuk memasaknya terbuat dari kayu penyangga yang dapat dibongkar pasang setelah memasak selesai.

Agar lebih enak dan santai. Silahkan makan dengan teman atau keluarga anda agar semakin nikmat. silahkan mencoba.

Makanan Khas Enrekang “Coto Makassar”

makanan khas enrekang
www.merdeka.com/

Coto sebenarnya adalah sebutan soto untuk makanan di Makassar ini. Tidak hanya dari tulisanya saja yang beda, Coto juga berbeda dari segi rasa. Tentunya mempunyai rasa yang lebih sedap, kalau tidak percaya silahkan sobat datang langsung aja ke sana,,hehe.

Bahan yang dijadikan Coto ini juga terdiri dari berbagai macam bumbu-bumbu dapur yang baik tentunya. bahan utama nya adalah Daging sapi. Makanan ini biasanya disajikan dengan lontong atau ketupat. Selamat mencoba!

Makanan Khas Enrekang ” Es Pisang Ijo”

makanan khas enrekang
www.merdeka.com/

Jika cuaca sedang panas sangat cocok pesan makanan yang satu ini. Yaps, Es Pisang Ijo, Es ini sangat manis dan mempunyai porsi yang sangat besar dalam penyajiannya. Es Pisang Ijo ini terbuat dari pisang ijo yang dibalut dengan adona tepung sagu kemudian dicampur dengan es, bubur sum-sum, dan sirop merah. Tambah nikmat jika saat suasana panas dan disantap dengan teman atau keluarga.

Makanan Khas Enrekang “Pisang Epe”

makanan khas enrekang
www.merdeka.com/

Makanan yang satu ini begitu unik. Kenapa pisang ini unik? karena cara penyajiannya dengan dijepit dengan sebuah papan kemudian diberi keju yang disiram dengan kuah yang beranekaragam, seperti coklat, durian, keju, dan berbagai rasa lainnya. Makanan ini sering ditemukan disekitar Pantai Losari. Dengan keindahan Pantai losari, pengunjung dapat menikmati makanan khas Enrekang ini dengan begitu nikmat, apalagi ditemani oleh pacar anda,,hehe.

Makanan Khas Enrekang “Deppa Tetekang”

makanan khas enrekang
www.ruangbaca.online

Makann ini berasa dari bahan baku tepung beras ketan dengan dicampuri biji wijen. Rasanya enak dan nikmat buat teman santai sobat.

Makanan Khas Enrekang “Dodol Malino”

makanan khas enrekang
www.ruangbaca.online

sesuai dengan namanya, dodol Malino adalah sebuah dodol yang berasal dari daerah Malino. Bahan dasarny adalah beras ketan dicampur dengan gula merah. Jika sobat pebasaran, Silahkan datang saja ke daerah Malino Kecamatan Maiwa, Enrakang.

Itulah tadi Makanan Khas Enrekang yang bisa saya paparkan, Silahkan baca artikel Makanan Khas Jawa agar sobat mengerti makanan khas Nusantara ini.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: