Yap, 11 Makanan Khas Nusantara Ini Dijamin Kelezatannya!

Makanan Khas Nusantara– Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang terdiri dari puluhan provinsi. Kekayaan alam serta keindahan pesona alam dari negeri Katulistiwa ini jangan diragukan lagi keindahannya. Keindahan alam nusantara yang sangat mendunia inilah yang menyebabkan banyak wisatawan asing untuk berwisata di Indonesia.

Banyaknya provinsi yang ada menciptakan beragam variasi budaya yang dimiliki oleh masing-masing daerah di Indonesia. Tak hanya terkenal dengan kearifan budaya lokalnya saja, tetapi Indonesia juga memiliki berbagai makanan khas yang sayang jika dilewatkan.

Bagi kamu yang memiliki hobi berwisata kuliner, cobain dulu nih berbagai makanan khas nusantara yang dijamin enak dan ketagihan! Apa saja sih makanan khas nusantara yang paling populer? Yuk simak artikel berikut ini, tentunya hanya di elrajab.com.

Daftar Makanan Khas Nusantara Terpopuler

1. Makanan Khas Nusantara, Ayam Betutu

makanan khas nusantara
KRATONPEDIA.com

Makanan khas nusantara yang pertama adalah makanan khas yang berasal dari daerah Bali. Yap, makanan ini bernama Ayam Betutu. Kuliner khas ini sangat banyak diproduksi oleh masyarakat Bali, tepatnya di daerah Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar.

Ayam betutu ini terbuat dari daging ayam utuh. Daging ayam ini kemudian diberi bumbu khas yang diletakkan di bagian tengah dari ayamnya. Setelah itu, daging ayam lalu dipanggang dengan api sekan selama beberapa jam barulah makanan khas Pulau Dewata ini siap untuk dihidangkan.

Banyak orang yang sangat terheran-heran dengan cara memanggang ayam Betutu ini karena menghasilkan daging yang begitu lembut seperti daging yang telah dikukus terlebih dahulu.

Bagi kalian yang penasaran dengan kelezatan makanan khas nusantara yang berasal dari Pulau Dewata ini, kamu wajib untuk mencicipi kuliner khas nusantara yang satu ini.

2. Ayam Taliwang Khas Lombok

makanan khas nusantara
bisniswisata.co.id

Makanan khas negeri katulistiwa yang satu ini berasal dari daerah Lombok. Makanan ini juga merupakan makanan yang paling populer di Lombok. Makanan khas ini adalah Ayam Taliwang.

Dari namanya saja sudah jelas ya kalau makanan khas yang satu ini berbahan dasar dari daging ayam. Eetss tapi bukan daging ayam biasa loh yaa yang digunakan untuk membuat Aayam Taliwang. Daging ayam yang digunakan untuk membuat makanan khas yang menjadi idola oleh masyarakat Lombok ini adalah daging ayam kampung.

Ayam Taliwang ini biasanya diolah dan dimasak dengan berbagai pilihan seperti dipanggang/ dibakar maupun digoreng. Bumbu yang digunakan untuk memasak Ayam Taliwang ini merupakan bumbu khusus yang sangat lezat dan tentunya memiliki cita rasa yang sangat pedas.

3. Makanan Khas Nusantara, Mie aceh

makanan khas nusantara
Notepam.com

Makanan khas nusantara yang satu ini sudah jelas sekali kalau berasal dari Aceh. Mie Aceh adalah salah satu makanan khas dari Aceh yang terkenal hingga ke luar negeri loh.

Bahan dasar untuk membuat Mie Aceh ini berasal dari mie kuning tebal dengan irisan daging sapi, daging kambing, ataupun makanan laut seperti udang dan cumi-cumi yang disajikan dalam bentuk sup dengan kuah kari yang memiliki cita rasa gurih dan pedas.

Mie Aceh ini sudah bisa kamu jumpai di berbagai daerah di Indonesia. Jadi bagi kamu yang ingin sekali mencicipi makanan khas yang satu ini tidak perlu jauh-jauh datang ke Aceh untuk sekedar hanya menikmati lezatnya Mie khas Aceh ini.

4. Makanan Nusantara, Rendang Padang

makanan khas nusantara
changchiahsiang.blogspot.com

Siapa sih yang nggak kenal makanan khas yang satu ini. Yap, Rendang atau dalam bahasa Minangnya dikenal dengan sebutan Randang merupakan makanan khas nusantara yang berasal dari daerah Padang, SUmatra Barat.

Makanan khas ini merupakan salah satu kuliner tradisional Minangkabau yang berbahan dasar daging sapi yang dimasak menggunakan santan kelapa sebagai bahan dasarnya yang kedua.

Tidak hanya santan kelapanya saja yang menjadikan Rendang ini menjadi makanan khas yang memiliki cita rasa yang isimewa, tetapi juga karena kandungan bumbu repah-rempahnya yang sangat banyak. Banyaknya rempah-rempah yang digunakan dalam bumbu pembuatan Rendang ini menjadikan rasa dari Rendang menjadi begitu lezatnya serta menciptakan aroma yang sangat menggugah selera.

5. Empek-empek Khas Palembang

makanan khas nusantara
http://www.resepborneo.com

Yap, kita beralih ke makanan khas nusantara selanjutnya yang datang dari Kota Palembang. Empek-empek atau sering orang menyebutnya dengan sebutan Pempek merupakan makanan khas Indonesia yang bersaal dari daerah Palembang Sumatra Selatan. Meskipun Empek-Empek juga ada di Lampung.

Makanan khas ini biasanya terbuat dari campuran tepung sagu dan ikan tenggiri yang dibentuk menjadi beberapa macam bentuk lalu digoreng. Setelah adonan Pempek matang lalu diiris kecil-kecil dan diberi kuah yang memiliki cita rasa asam dan manis sebagai sausnya. Tak lupa juga tambahan irisan timun sebagai pelengkap makanan khas yang satu ini.

Tenang saja, bagi kamu yang ingin menikmati lezatnya Pempek Palembang ini kamu tidak perlu bertolak ke Palembang kok. Karena sekarang ini banyak sekali penjual Pempek yang tersebar di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

6. Makanan Khas Nusantara, Gudeg Yogyakarta

makanan khas nusantara
http://yogyakarta.panduanwisata.id

Makanan khas yang satu ini tentu sudah banyak orang mengenalnya. Yap, namanya adalah Gudeg. Gudeg merupakan makanan khas yang tidak bisa dipisahkan dengan Kota Yogyakarta bahkan Kota yang terkenal dengan julukan sebagai kota pelajar ini juga terkenal dengan julukan sebagai kota Gudeg loh. Selain Gudeg, Yogyakarta juga mempunyai makanan khas Bakpia Jogja.

Gudeg asli Yogyakarta ini memiliki cita rasa yang sangat manis. Yap, tak heran jika makanan yang sangat populer ini memiliki rasa yang sangat manis karena memang ciri khas kota yang satu ini adalah cita rasa makanannya yang hampir semuanya serba manis.

Makanan asli Yogyakarta ini terbuat dari buah nangka yang masih muda yang dimasak menggunakan santan kelapa dengan tambahan bumbu dan rempah-rempah khas sehingga menciptakan cita rasa yang berbeda dan menggugah selera.

Kuliner khas Yogyakarta ini biasa dinikmati dengan nasi putih yang disandingkan dengan ayam kampung dan telur kecap.

7. Soto Rawon Khas Surabaya

makanan khas nusantara
http://riyumiri.blogspot.com

Makanan khas nusantara yang selanjutnya datang dari Kota Surabaya. Nah siapa sih sekarang yang nggak kenal dengan Nasi Rawon Surabaya. Soto Rawon atau banyak orang menyebutnya dengan nama Nasi Rawon merupakan sup dengan potongan daging sapi.

Soto Rawon Surabaya ini memiliki ciri khas yang terletak pada kuahnya. Keunikan pada kuah Soto Rawon ini adalah kuahnya yang dibuat dengan tambahan kluwek sehingga menciptakan kuah yang pekat pada Soto Rawon.

8. Makanan Khas Nusantara, Bubur Manado

makanan khas nusantara
https://freshbeautychef.wordpress.com

Kalau makanan khas yang sebelumnya banyak yang menggunkan kuah, nah kini kita beralih ke makanan khas yang berbentuk bubur. Yap, makanan khas yang dimaksud adalah Bubur Manado.

Bubur Manao atau biasa disebut dengan bubur Tinutuan merupakan makanan khas yang paling banyak diminati di Pulau Sulawesi. Tinutuan dalam bahasa Manadonya yang berarti campur aduk.

Di dalam Bubur Manado ini terdapat berbagai macam sayur-sayuran, lauk pauk seperti ikan, tahu, maupun tempe.

9. Bandeng Presto Khas Semarang

makanan khas nusantara
http://bandengdunak.blogspot.com

Bandeng Presto merupakan ikan bandeng yang dimasak dengan menggunakan panci yang bertekanan tinggi yang biasanya disebut dengan presto. Teknik memasak ini dimaksudkan untuk melunakan duri yang ada pada ikan tersebut sehingga memudahkan kita untuk memakannya dan lebih menjadi tahan lama jika disimpan di dalam lemari es.

Makanan khas yang satu ini biasanya dihidangkan dengan sambal terasi dan tak lupa pula dengan nasi hangat sebagai makanan utama pengganjal perut yang sedang lapar.

Jika kamu sedang berada di Kota Semarang dan ingin mencicipi Bandeng Presto khas Semarang ini, silahkan singgah di salah satu toko yang berjajar di sepanjang Jalan Pandanaran atau Mataram Semarang.

10. Makanan Khas Nusantara, Coto Makasar

makanan khas nusantara
http://jalansambiljajan.blogspot.com

Makanan khas nusantara yang selanjutnya adalah Coto Makasar. Arti sesungguhnya dari Coto ini sebenarnya sama halnya dengan soto. Namun khusus untuk hidangan Soto dari makasar ini masyarakat sekitar Kota Makasar biasa mengenalnya dengan nama Coto.

Eetss tapi Coto makasar ini memiliki keunikan tersendiri loh ya dibandingkan dengan Soto di daerah lainnya. Keunikan dari Coto ini terletak pada isi Coto serta bumbu yang digunakan untuk membuat hidangan super lezat ini.

Coto Makasar sendiri terbuat dari daging jeroan sapi. Ditambah dengan bumbu kacang halus yang hanya terdapat pada kuah Coto Makasar ini yang semakin menambah cita rasa unik pada makanan khas yang satu ini.

11. Gohu Ikan Khas Maluku

makanan khas nusantara
https://www.indonesiakaya.com

Siapa sih yang nggak kenal dengan Sushi, makanan populer dari negeri Matahari Terbit. Yap, kebanyakan orang pasti tak asing dengan makanan ini. Namun ternyata Indonesia juga punya Sushi loh. Namanya Gohu Ikan dari Maluku. GOhu Ikan Maluku ini juga merupakan makanan khas yang terbuat dari ikan tuna mentah.

Cara pembuatan Gohu Ikan ini adalah dengan memotong daging tuna segar dengan ukuran yang kecil-kecil. Setelah selesai dipotong, ikan tuna dilumuri dengan garam serta perasan lemon cui agar menghilangkan bau amis dari ikan. Tak lupa pula tambahkan irisan daun kemangi segar.

Untuk membuat sambelnya kita gunakan irisan bawang merah dan cabe rawit yang ditumis dengan minyak kelapa panas. Setelah baunya harum, kita angkat lalu tuangkan pada potongan ikan tuna mentah. Jangan lupa taburkan tumbukan kacang mentah sebagai pelengkapnya.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas dari bumi pertiwi yang belum kita jelajahi. Jangan lupa lestarika selalu kuliner khas nusantara ini yaa agar tetap menjadi salah satu adiwarna budaya Indonesia.

Daftar makanan khas daerah:

 

Tinggalkan komentar