9 Makanan Unik Khas Kota Trenggalek, Dijamin Buat Kamu Ketagihan!!

 Makanan Khas Trenggalek Enak – Trenggalek merupakan sebuah kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur. Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo dan sebelah timur dengan Kapupaten tulungagung (wikipedia). Daerah ini merupakan sebuah pegunungan yang mempunyai potensi wisata alam yang bagus. Namun, tidak hanya potensi wisata yang bagus, di sini juga ada makanan khas Trenggalek yang enak dan cocok untuk di coba jika berkunjung ke sini. Baca juga : Ini Dia, Daftar Makanan Khas Jawa Tengah yang Wajib Kamu Coba, Awas Ketagihan!!

Inilah Beberapa makanan khas Trenggalek:

1. Nasi Goreng Anglo Khas Trenggalek

Ini dia makanan khas Kota Trenggalek yang pertama yaitu nasi goreng anglo, tetapi banyak juga orang di daerah trenggalek yang menyebutnya nasi goreng mawut. Jika dilihat dari segi tampilannya dan dibandingkan dengan nasi goreng pada umumnya mungkin sekilas nasi goreng anglo ini mirip dengan nasi goreng jawa pada umumnya.

Tapi jangan salah sangka dulu kawan, karena nasi goreng anglo ini memiliki keunikan tersendiri dari nasi goreng pada umumnya. Kira-kira apa sih keunikannya ? Jadi keunikan yang ada pada nasi goreng anglo ini adalah dari alat memasaknya. Emang alat masaknya apa min ?

Nasi goreng anglo ini dimasak tidak menggunakan kompor tetapi menggunakan arang. Dari sinilah nasi goreng anglo khas Kota Trenggalek memiliki cita rasa yang khas dan jangan ditanya lagi… Lezatnya pasti nagih !
Jika ingin mampir silahkan datang di dekat stadion Kota Trenggalek.

2. Makanan Khas Trenggalek Enak “Nasi Gegog”

Jika anda adalah seorang penikmat kuliner dengan citarasa pedas,  jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khas Trenggalek yang satu ini “sego gegog” atau “nasi gegog”.

Daerah yang menawarkan kekhasan makanan tersebut terletak di daerah Kecamatan Bendungan. Nasi gegog ini sama halnya dengan nasi putih biasa. Namun yang membuat istimewa adalah nasi ini di taburi dengan sambel teri, parutan kelapa, dan dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dikukus.

Nasi gegog ini adalah salah satu makanan khas yang sangat populer di masyarakat trenggalek. Oleh karena itu nasi gegog ini sangat recomended banget buat kalian yang ingin berwisata kuliner  atau pun ketika mampir di Kota Trenggalek.

3. Sego Tiwul

Dari berbagai macam makanan khas Trenggalek sego tiwul merupakan makanan khas Trenggalek yang paling banyak peminatnya. Nasi tiwul ini merupakan makanan tradisional turun-temurun khas trenggalek berbahan dasar singkong yang telah dikeringkan kemudian dimasak dengan cara tradisional sehingga nasi ini memilik rasa yang khas. Karena keunikanya tersebut nasi ini sangat cocok dipadukan dengan beberapa masakan.

Emang rasanya gimana min ? Walau nasi tiwul ini berasal dari singkong yang dikeringkan, tapi jangan ragukan lagi soal rasa. Nasi tiwul ini tidak kalah lezat dengan makanan modern zaman now. Terbukti masih banyak yang suka makan nasi tiwul ini.

Karena rasa khasnya yang gurih dan mengenyangkan, nasi ini sangat cocok disandingkan dengan lauk ikan asin, tempe, dan sambel yang dijual dikebanyakan pasar tradisional trenggalek. Jadi buat kalian yang datang ke kota ini jangan lupa mencicipi makanan yang sangat enak ini.

 

4. Rujak Cingur Sumber Gedong

Nah ini, makanan khas Trenggalek selanjutnya yang paling recomended. Rujak cingur khas Trenggalek. Sebenarnya rujak ini tak jauh beda dengan rujak cingur pada umumnya.

Ets, jangan salah sangka dulu! Jika dilihat dari luar memang seperti rujak pada umumnya tapi yang membedakan rujak cingur ini adalah bumbu dari rujak itu sendiri. Karena dekat dengan pesisir petis yang digunakan sangatlah enak dan lezat.

Jadi buat kalian yang mencicipi Rujak Cingur Sumbergedong ini kalian bisa mampir ke lokasi yang ada di sekitar SMPN 5 Trenggalek.

 

5. Tahu Lontong Khas Trenggalek yang Enak Banget

makanan khas trenggalek enak dan nikmat
azzamaviero.com

Makanan khas yang selanjutnya yaitu tahu lontong. Pasti sudah banyak yang tau dong makanan yang satu ini. Yap, karena cita rasanya yang khas makanan ini tentunya sangat menggoda lidah.

Soal rasa jangan tanya lagi deh! Tahu lontong ini sudah pasti membuat kalian ketagihan. Disajikan dalam bentuk balutan telur dadar ditambah bumbu sambal kecap petis dengan sedikit sentuhan rasa pedas, membuat penikmatnya jatuh cinta dengan makanan yang satu ini.

Kamu bisa menjumpai makanan khas tahu lontong ini di sebelah Barat Alun-alun Kota Trenggalek. Karena rasanya yang enak, warung ini sangat ramai dipadati pengunjung. Jadi buat kalian berniat mencicipi makanan ini, harus sabar mengantri yaa kawan.

6. Kuliner Khas Trenggalek Soto Ayam Jarakan

Nah, satu lagi nih menu makanan khas yang wajib kalian coba ketika singgah di trenggalek, namanya soto ayam jarakan. Soto ayam ini sudah terkenal di seluruh penjuru Kota Trenggalek loh yaa.

Soto ayam jarakan rasanya gimana sih min ? Cobain aja lah ya, yang pasti gak akan mengecewakan kok. Umumnya soto ayam jarakan ini disandingkan dengan nasi putih dan ditambah dengan sedikit perkedel yang menambah lezat rasanya. Kalian bisa menemukan makanan khas ini di  di desa kedung lurah, trenggalek.

Rasanya yang maknyus sudah bisa dipastikan, makanan khas Kota Trenggalek ini tidak akan rugi kamu coba saat singgah di trenggalek.

 

7. Alen-alen Cemilan Khas Kota Trenggalek

Alen-alen merupakan makanan ringan khas Kota Trenggalek. Cita rasanya yang rasa gurih sangat menggugah selera. Karena terkenal dengan kelezatannya, nama makanan ini sampai menjadi julukan untuk Kota Trenggalek yakni Kota Alen-alen.

Berbahan dasar tepung tapioka, bawang putih, telur, dan masih banyak lagi. Menunjukan bahwa makanan khas Trenggalek yang satu ini merupakan makanan yang memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi.

Tak jarang makanan ini sering dijadikan sebagai buah tangan keluarga dan juga teman ngemil ketika bersantai. Alen-alen ini juga banyak varian rasa bukan hanya original, tapi juga ada balado, rasa bawang, dan juga rasa jagung bakar.

Untuk mendaptankan jajanan tak perlu susah-susah kalian untuk mencarinya. Karena cemilan ini hampir tersedia di semua toko oleh-oleh di Kota Trenggalek. Jadi bagi kalian yang ingin berburu oleh-oleh untuk orang terkasih gausah khawatir yaa…

8. Kripik Tempe Buah Tangan Asli Kota Trenggalek

Holla! Ini dia makanan ringan khas Trenggalek favorit banyak orang yakni kripik tempe. Tak asing lagi tentunya bagi orang Indonesia dengan makanan  tempe. Kandungan gizi yang terkandung dalam tempe membuat makanan ini menjadi makanan rakyat yang dapat di olah menjadi berbagai olahan salah satunya kripik tempe ini.

Cemilan ini sangat banyak digandrungi oleh banyak orang yang singgah ke Kota Trenggalek. Sebab konon katanya makanan ringan ini memiliki rasa yang unik dan jarang ditemui di tempat lain.

Alasan itulah yang membuat banyak orang berburu makanan ringan khas Trenggalek ini untuk dijadikan buah tangan untuk keluarga, sahabat, dan orang-orang tercinta tentunya.

 

9. Ikan Asap Prigi Makanan Khas Trenggalek

Ikan asap Parigi sebenarnya adalah nama makanan yang di ambil dari asal daerahnya, yaitu Parigi. daerah ini berada di pinggiran pantai. Jalannya berkelok-kelok dengan pemandangan yang bagus. Perjalanan menuju ke sana sangat menyenangkan. Anda bisa melihat indahnya bukit di kanan kiri jalan.

Setibanya anda sampai ke pantai Parigi, banyak penjual makanan hasil laut. Ada ikan yang di asapi di pasar dekat pantai Parigi. Karena iklanya di asapi dan di Daerah Parigi, maka nama makanan ini menjadi Ikan Asap Parigi. Harganya lumayan relatif murah. cocok untuk untuk oleh-oleh makanan saudara di rumah anda.

 

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini:
More in Hiburan, Kuliner
Rekomendasi Bakpia Khas Jogja yang Cocok Untuk Oleh-Oleh
Macam-Macam Makanan Khas Gombong yang Sangat Enak
Close