Komponen Kebugaran Jasmani dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

2 min read

komponen kebugaran jasmani

ELRAJAB.COM – Pentingnya menjaga kebugaran jasmani untuk menjaga tubuh agar menjadi lebih sehat dan memiliki ketahanan terhadap penyakit. Meningkatnya kesadaran pentingnya berolahraga tidak sejalan dengan pemahaman tentang kebugaran jasmani. Masih banyak yang belum mengerti secara detail apa itu yang dimaksud dengan kebugaran jasmani. Kali ini kita bisa belajar bersama mengenai komponen kebugaran jasmani.

Komponen Kebugaran Jasmani

1. Kekuatan

Kekuatan menitik fokuskan pada pergerakan otot kaki ataupun otot lengan. Disini kita akan melihat seberapa kuat otot kita untuk menerima beban dalam berolahraga. Beberapa latihan yang bisa dilakukan adalah squat jump, sit up, push up, back up dan angkat beban

2. Daya Tahan

Daya tahan adalah komponen kebugaran jasmani yang mementingkan frekuensi yang lama namun dengan beban yang ringan. Tujuannya adalah untuk melihat ketahanan jantung, pernafasan dan peredaran darah. Latihan yang bisa dilakukan yaitu lari 2 km, lari naik tanjakan dan turunan.

3. Daya Otot

Untuk konsesn daya otot, seseorang akan dilihat ketahanannya dalam melakukan gerakan secara maksimal namun dalam waktu singkat. Latihan ini juga berhubungan langsung dengan sistem anaerobik dalam otot. Latihan yang cocok diantaranya vertical jump, front jump dan side jump.

4. Kecepatan

Lawan dari daya tahan, kecepatan dilakukan dalam waktu yang singkat namun dengan pengulanga secara kontinyu. Hal ini untuk menentukan seberapa cepat seseorang mengulangi gerakan secara berkala. Latihan olahraga yang bisa dilakukan adalah lari pendek jarak 100 atau 200 meter.

5. Daya Lentur

Komponen kebugaran jasmani juga menguji daya lentur badan seseorang. Tujuannya adalah melihat seberapa lentur proses penguluran tubuh orang tesebut. Dengan daya kelenturan yang baik maka orang tersebut kemungkinan kecil mengalami cidera selama olahraga. Senam, yoga dan renang adalah jenis olahraga yang melatih daya lentur.

6. Kelincahan

Kelincahan adalah komponen kebugaran jasmani yang tidak boleh terlewatkan. Dengan kelincahan orang tersebut dengan mudah menggerakan tubuhnya dengan respon yang sangat baik. Olahraga yang bisa mengasah kelincahan adalah tenis dan bulutangkis.

7. Koordinasi

Koordinasi seluruh bagian tubuh sangat penting dalam kebugaran jasmani. Dengannya, seseorang bisa menggunakan secara spontan seluruh bagian tubuh. Olahraga yang bisa melatih koordinasi agar lebih baik adalah olahraga tenis dan badminton. Anda bisa melatih memukul bola dengan tangan kanan dan menangkapnya dengan tangan kiri.

8. Keseimbangan

Tubuh yang seimbang membuat seseorang bisa menggerakan tubuh dengan baik dan benar. Keseimbangan juga bisa memperkecil resiko cidera selama berolahraga. Beberapa jenis latihan keseimbangan adalah senam atau juga senam lantai.

9. Ketepatan

Beberapa olahraga seperti memanah, sepak bola, basket atau juga bowling perlu melatih ketepatan. Untuk melatih ketepatan anda bisa melakukan beberapa latihan seperti melemparkan bola ke target yang sudah ditentukan. Atau juga menendang bola ke gawang.

10. Reaksi

Seorang yang memiliki kebugaran jasmani yang baik pastinya memiliki reaksi yang baik. Reaksi disini seperti ketika ada bola yang tiba-tiba mengarah ke arah kamu dan kamu bisa menangkapnya. Anda bisa melatih reaksi dengan melakukan latihan seperti tangkap bola, badminton dan juga tenis.

Baca Juga: Teknik Dasar Olahraga Voli

Sebagai contoh latihan kebugaran jasmani bisa ikuti gerakan dalam video ini:

Manfaat Kebugaran Jasmani

Beberapa manfaat dari kebugaran jasmani yang perlu Anda ketahui antara lain:

1. Terhindar dari Obesitas

Dengan sering-sering berolahraga menjadikan lemak yang ada dalam tubuh terbakar sehingga terhindar dari kegemukan atau obesitas. Terhindar dari obesitas akan mudah terhindar dari serangan penyakit.

2. Terhindar dari penyakit jantung

Penyakit jantung muncul karena pola makan seseorang yang kurang teratur. Jika sering melakukan kegiatan kebugaran jasmani seperti olahraga dan gerakan fisik lainnya maka akan dipastikan akan jauh dari serangan penyakit jantung. Dengan gerakan fisik akan menjadikan otot dan aliran darah berjalan dengan baik.

3. Kolesterol menurun

Sekarang banyak orang pola makannya tidak terkontrol dengan makan gorengan atau sayuran yang berlemak. Jika hal itu dilakukan terus menerus tanpa ada kontrol akan mengakibatkan kolesterol naik dan menjadikan stroke bahkan kanker. untuk itu, dengan melakukan kegiatan kebugaran jasmani lemak dalam tubuh akan terbakar dan aliran darah menjadi lancar. Karena lemak dalam tubuh hilang dan darah berjalan lancar menjadikan tubuh menjadi sehat dan bugar.

4. Mencegah insomnia

Sulit tidur merupakan hal yang sangat ditakuti oleh banyak orang. Hal itu dikarenakan akan menjadikan tubuh untuk sulit beristirahat yang akan mengakibatkan munculnya berbagai macam penyakit. Dengan melakukan komponen-komponen kebugaran di atas akan menjadikan tubuh menjadi bugar, otot-otot menjadi lemas sehingga mudah untuk tidur.

Baca Juga: Fungsi Organ Pencernaan Makanan Lengkap

5. Meningkatkan suasana hati

Jika suasana hati sedang tidak bagus, segeralah melakukan salah satu komponen kebugaran jasmani sehinga badan menjadi tenang. Jika suasana hati tenang untuk melakukan kegiatan apapun menjadi enak dan berjalan lancar.

6. Mencegah penuaan dini

Dengan melakukan kegiatan fisik akan menjadikan kulit menjadi semakin kencang karena sel-sel akan regenerasi lebih cepat. Ayoo lakukan aktivitas fisik seperti olahraga secara teratur agar kulit  menjadi awet muda.

Demikian informasi mengenai komponen kebugaran jasmani yang bisa anda pe;ajari dengan baik. Dengan melatih komponen-komponen kebugaran tersebut diharapkan anda akan jauh lebih sehat dan jauh dari resiko penyakit. Karena dengan latihan kebugaran badan kita akan memiliki sirkulasi udara yang baik serta detak jantung lebih teratur. Latihan kebugaran jasmani juga mencegah diri kita mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

× Kirim Pesan