ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Panduan Sukses Cara Bisnis di Instagram yang Wajib Anda Tau!

3 min read

cara bisnis di instagram

Cara Bisnis di Instagram – Saat ini banyak orang yang kecanduan sosial media. Beberapa sosial media ternama dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini sukses menghipnotis para pecandunya dengan berbagai fitur dan keunggulan yang ditawarkan. Salah satu contohya adalah Facebook, Instagram, Twitter, dan masih banyak lagi. Selain sebagai ajang berbagai informasi dan kegiatan sehari-hari dengan memposting sebuah cerita atau foto, beberapa sosial media juga dapat digunakan sebagai sarana membangun sebuah bisnis di internet. Salah satunya adalah Instagram.

Instagram sendiri merupakan sebuah aplikasi berbagi video dan foto yang paling bagus dan keren. Namun jangan salah, instagram juga merupakan media sosial yang memiliki peranan penting dalam dunia bisnis online. Dengan menggunakan instagram kita bisa membangun brand bisnis kita sendiri.

Nah, mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya tentang bagaimana cara bisnis di instagram. Jawabannya sangat mudah, kalian tentunya hanya membuat akun bisnis di instagram. Namun tak hanya itu saja, kalian juga harus mengikuti langkah-langkah berikut ini!

1. Memperdalam Pengetahuan tentang Instagram

Hal pertama yang harus kalian lakukan untuk menjalankan sebuah bisnis di instagram tentunya dengan memperbanyak ilmu-ilmu yang berkaitan dengan instagram. Banyak sekali sumber yang dapat kita jadikan bahan ajar untuk bisnis kita. Bisa dari buku cetak, elektronik, internet, bahkan dari pelaku bisnis yang telah sukses. Untuk membangun sebuah bisnis yang sukses jangan pernah lelah untuk terus belajar dalam hal apapun, terutama tentang dunia bisnis.

Banyak sekali buku-buku yang membahas tentang marketing produk dengan instagram. Kalian bisa mencari buku tersebut di marketplace atau mastah-mastah Imers yang terkenal untuk mendapatkan buku tersebut. Jika sudah membaca jangan lupa untuk mempraktekkan ilmu tersebut.

2. Mengoptimalkan Profil Bisnis Instagram

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengoptimalkan profil instagram bisnis yang telah kita buat. Usahakan di dalam profil harus disertai dengan deskripsi yang lengkap agar lebih menambah kepercayaan pembeli. Buat profil semenarik mungkin agar banyak yang follow akun kamu. Selalu posting konten yang bermanfaat atau lucu agar orang berdatangan menuju akun kamu.

3. Upload Foto dan Video Menarik

Karena instagram merupakan sosial media yang sangat cocok untuk menampilkan berbagai foto dan video, tak ada salahnya juga jika kita mengupload beberapa foto dan video. Buat foto dan video semenarik mungkin untuk menarik minat konsumen. Kita bisa memanfaatkan beberapa aplikasi editing foto maupun video untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Biasanya konten yang banyak di sukai di jaman sekarang tentang yang lucu-lucu karena memang instagram tempat untuk hiburan.

Baca Juga:

4. Menggunakan Filter yang Tepat

Beberapa penelitian yang telah dilakukan di berbagai negara di dunia menyatakan bahwa efek yang kita gunakan dalam editing gambar maupun video bukan hanya sebagai pemanis dalam estetika saja. Namun lebih dari itu, filter yang tepat dalam gambar maupun video bisa menggambarkan sebuah bisnis secara keseluruhan.

5. Memperbanyak Hashtag yang Populer

Ketika kita memposting sebuah gambar maupun video di instagram beserta beberapa caption yang melengkapinya, jangan lupa untuk menambahkan hashtag pada postinyan tersebut. Penambahan hashtag ini juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Tambahkan hashtag yang sesuai dengan produk yang kita tawarkan. Akan lebih baik lagi jika kita bisa menemukan hashtag yang populer namun relevan dengan produk kita.

6. Menampilkan Beberapa Gambar Karyawan

Cara bisnis di instagram selanjutnya adalah dengan menunjukkan foto karyawan ketika karyawan ketika karyawan sedang sibuk bekerja. Selain untuk menunjukkan proses produksi, tips ini akan memberikan keyakinan yang lebih terhadap konsumen bahwa bisnis yang kita jalankan memiliki kualitas yang baik.

7. Memperbaharui secara Berkala

Memang belum ada data statistik yang dapat menunjukkan bahwa dengan memperbarui informasi secara berkala mampu meningkatkan jumlah follower. Namun tak ada salahnya juga untuk melakukan hal tersebut karena orang akan lebih mempercayai suatu bisnis ketika kita aktif dan bagus dalam marketing. Dengan cara tersebut diharapkan jumlah follower akan meningkat seiring berjalannya waktu.

8. Memperhatikan Kualitas Postingan

Tak hanya asal upload-upload produk saja. Kita sebagai pebisnis pemula tentunya harus sangat memperhatikan beberapa informasi penting mengenai jumlah like dan komen. Selain itu, kita juga bisa mengetahui model postingan seperti apa yang paling banyak diminati. Untuk mendapatkan informasi tersebut kita bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Iconosquare atau bisa juga dengan SimplyMeasured.

9. Memfollow Follower kita

Mungkin masih banyak dari kita yang bangga jika memiliki banyak follower namun kita tidak memfollow balik mereka. Hal itu masih kerap menjadi kebanggaan tersendiri bagi banyak orang. Namun jika kita mulai menjalankan suatu bisnis di instagram alangkah lebih baiknya jika kita memfollow juga follower kita. Bukan tanpa alasan, dengan follow balik kita akan dapat mengetahui postingan mana yang disukai oleh mereka. Tak hanya itu saja, follow balik juga akan menjadi sebuah penghargaan bagi mereka karena mereka telah follow akun bisnis instagram kita.

10. Promosi Melalui Instagram dan Facebook

Cara agar kita memperoleh lebih banyak lagi pendengar maka kita harus menyambungkan akun instagram kita dengan facebook. Cara ini juga banyak dilakukan orang yang menekuni dunia bisnis online dan merupakan salah satu cara bisnis online di facebook yang paling ampuh.

11. Berbagi Postingan

Cara sukses berbisnis dengan menggunakan sosial media instagram adalah dengan berbagi postingan. Langkah yang dapat kita lakukan adalah dengan mempromosikan partner bisnis kita dengan cara repost dan tagging. Keuntungan yang akan kita dapatkan yaitu jumlah follower akan semakin bertambah. Kenapa bisa bertambah? Karena jika kita mempromosikan pertner bisnis kita secara otomatis partner bisnis kita pun akan melakukan hal yang sama terhadap bisnis instagram kita.

Baca Juga:

12. Mengatur Frekuensi Postingan

Membuat postingan dalam instagram bisnis merupakan hal utama yang harus dilakukan. Namun, ada beberapa hal yang harus kita pikirkan terlebih dahulu ketika kita hendak memposting produk di instagram. Hal vital yang harus diperhatikan adalah mengatur frekuensi postingan di instagram.

Sebagai seller yang baik, kita juga hendaknya memperhatikan kenyamanan follower kita. Jika kita memposting terlalu sering maka follower kita lama-kelamaan juga akan jenuh dan bosan. Jadi alangkah lebih baik lagi jika kita mengatur jadwal postingan kita di instagram agar follower juga merasa nyaman.

13. Belajar Algoritma Instagram

Langkah terkahir dan menurut saya paling penting adalah mengetahui algoritma Instagram. Memang jarang orang mengetahui algoritma ini, karena memang ini adalah rahasia dari perusahaan. Namun bagi seorang internet marketer yang bergelut di Instagram pasti mempelajari pola ini agar viewer/pengunjung menjadi banyak. Jika pengunjung yang ke akun kita banyak, maka peluang untuk membeli produk kita juga akan semakin besar.

Yap, itulah beberapa cara bisnis di instagram yang dapat kita aplikasikan dalam bisnis kita. Terus belajar memperdalam ilmu, semangat yang tinggi, dan pantang menyerah adalah kunci kesuksesan sebuah bisnis. Selain kiat-kiat di atas kalian juga bisa menambah wawasan tentang cara bisnis yang baik melalui berbagai sumber.

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Tinggalkan Balasan

× Kirim Pesan