ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Cara Bisnis yang Baik dan Benar Untuk Pemula Agar Menguntungkan

3 min read

cara bisnis yang benar

Cara Bisnis yang Baik – Berbisnis merupakan suatu pekerjaan yang dikepalai oleh diri kita sendiri. Jenis bisnis pun sangat beragam, tergantung dengan budget yang kita miliki. Namun sebenarnya kita bisa dengan sangat mudah menentukan bisnis apa yang hendak kita jalani. Soal modal urusan belakangan, karna banyak bisnis yang bisa kita jalankan tanpa modal atau dengan modal yang sangat sedikit.

Cara memulai bisnis sendiri ada berbagai macam. Namun yang perlu kalian ketahui adalah tentang bagaimana cara bisnis yang baik agar kita dapat sukses dikemudian hari. Yang paling penting dalam berbisnis adalah bagaimana produk atau jasa yang kita tawarkan dapat laris terual di pasaran. Selain itu, dengan berbisnis kita juga dapat belajar banyak hal mulai dari semangat pantang menyerah, mencoba melakukan berbagai inovasi dalam bisnis dan lain-lain. Yang pasti, seorang yang memiliki bisnis sendiri akan mendapatkan kebebasan bekerja sendiri tanpa diatur oleh orang lain.

Oke pada kesempatan kali ini kita akan mengupas tuntas tentang cara bisnis yang baik agar bisnis yang kita jalani dapat sukses. Yuk simak ulasan tips atau cara bisnis yang baik bagi seorang yang akan menjalankan bisnis agar tidak jatuh rugi berikut ini!

1. Membangun Mindset yang Positif

cara bisnis yang baik

Dalam berbisnis, mindset sangatlah berpengaruh terhadap bisnis yang akan kita jalani. Tak hanya itu saja, namun mindset yang kuat akan menentukan kesuksesan bisnis kita di masa depan. Kesuksesan bisnis yang kita raih sejatinya ditentukan dari mental pelaku bisnisnya. Banyak orang yang mengatakan bahwa mindset seseorang dapat berpengaruh besar dengan presentase kurang lebih 95% dan sisanya hanyalah faktor teknis dan non teknis. Jadi, jangan cepat menyerah dalam menghadapi tantangan yang menghadang ya..

2. Menentukan Ide Usaha

bisnis yang baik

Cara bisnis yang baik tak lepas dari ide usaha yang akan kita buat. Misanya kita melakukan riset pasar untuk menentukan usaha apa yang akan kita bangun. Atau kita juga bisa mencermati keadaan masyarakat sekitar maupun orang-orang terdekat kita. Tak menutup kemungkinan juga dengan hobi yang sering kita jalani bisa kita jadikan sebagai usaha kita. Cukup banyak bukan?

Baca Juga:

3. Menghitung Modal Usaha dengan Tepat

cara bisnis yang baik

Banyak orang yang berpikir bahwa tak punya modal merupakan sebuah alasan besar ia berhenti untuk memulai suatu bisnis. Padahal banyak juga kok cara membangun sebuah usaha dengan modal yang sangat minim atau bahkan tanpa modal sekalipun. Sebagian contohnya adalah menjalankan bisnis sebagai agen properti yang bertugas sebagai perantara jual beli properti. Ada juga mengembangkan usaha dengan menawarkan jasa penulis, desain grafis dan masih banyak lagi. Jadi jangan langsung tergesah-gesah dalam mengambil keputusan dan berhenti sebelum start ya!

4. Belajar dari Masternya

cara bisnis yang benar

Poin keempat ini merupakan hal yang harus dilakukan apabila kita ingin menjadi pembisnis yang sukses. Seperti layaknya sebuah eksperimen ilmiah, bahwa kita harus belajar dan memahami teori dulu yang diberikan oleh guru sebelum kita mempraktekkannya secara langsung di lapangan. Saat praktek pun kita akan senantiasa didampingi oleh guru agar eksperimen yang kita lakukan dapat sukses. Nah, sama halnya dengan kita menjalani sebuah bisnis. Jadi kita harus tetap dan terus belajar agar sukses dapat kita raih bukan hanya angan semata.

5. Berfokus pada Peluang Usaha

bisnis yang benar

Cara bisnis yang baik yaitu kita dapat terus fokus pada peluang usaha yang telah kita cermati sebelumnya. Disaat peluang usaha sudah kita dapat, maka maksimalkan peluang tersebut sebaik mungkin. Bisa jadi ketekunan kita dalam menjalankan sebuah usaha tersebut kemudian menjadi naik daun.

6. Menentukan Langkah Promosi dengan Tepat

cara promosi

Dalam menjalankan usaha bukan hanya meliputi produk atau jasa saja yang akan kita tawarkan kepada konsumen. Namun, strategi marketing yang tepat sangat diperlukan agar semakin banyak orang yang mengenal produk atau jasa tawarkan. Dalam penyusunan strategi promosi ini kita juga harus memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan untuk mempromosikan produk atau jasa kita. Biasanya orang yang baru merintis sebuah usaha sering memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan usaha mereka.

7. Mulai Bisnis dengan Berjualan

cara bisnis yang benar

Langkah awal memulai suatu usaha dapat kita lakukan dengan berjualan. Kita bisa mulai berjualan dengan barang-barang yang sedang dicari banyak orang. Nah, untuk lebih  mudahnya kalian bisa menawarkan produk kalian ini melalui media sosial atau E-Commerce yang free. Modal yang kita perlukan juga hanya sedikit, hanya produk yang akan kalian tawarkan.

8. Membuat Sebuah Website

bisnis properti tanah

Jika banyak orang yang memulai usaha dengan membuka toko pakaian, toko obat dan lain-lain secara offline tak ada salahnya jika kita mencoba membuka toko dalam bentuk online. Di era digital seperti sekarang ini mayoritas masyarakat lebih cenderung menyukai hal-hal yang serba instan. Tentu saja mungkin karena kesibukan sehari-hari mereka yang membuat mereka tak punya banyak waktu untuk berbelanja ke toko secara langsung. Hal ini bisa kita manfaatkan dengan membuka toko online sendiri.

Selain dengan E-Commerce yang sudah ada kita juga bisa membuat sebuah website yang akan kita jadikan sebagai toko. Kelebihannya dibandingkan dengan E-Commerce adalah orang akan lebih percaya dengan produk yang kita tawarkan dengan adanya website ini. Jika mengalami kesulitas dalam membuat website, bisa dengan CMS WordPress atau Blogger.

9. Bergabung dengan Komunitas Bisnis

cara bisnis properti

Menjalankan sesuatu akan terasa lebih ringan jika kita jalankan bersama-sama. Dalam membangun usaha jangan sungkan-sungkan untuk bergabung dengan komunitas bisnis. Di dalam sebuah komunitas bisnis kita akan banyak berbagi pengalaman usaha baik suka duka dan solusinya dari orang-oang yang telah memulai bisnis terlebih dahulu. Dan secara otomatis kita akan banyak mendapatkan ilmu baru yang nantinya akan kita gunakan dalam membangun usaha yang telah kita jalani.

Baca Juga: Jasa Scrape Produk dan Upload Massal Marketplace Tokopedia, Bukalapak, Shoppe

10 Jaga Kesehatan

jaga kesehatan

Hal penting jika ingi memulai suatu usaha adalah menjaga kesehatan Anda. Percuma nantiknya kalau bisnis kita berkembang tapi badan sakit karena terlalu sibuk mengurus bisnis. Jadi jagalah kesehatan agar bisa menikmati hasil dari perjuangan bisnis kita dan uang yang kita dapat bisa untuk membantu orang lain.

11. Berdoa

berdoa agar sukses

Berdoa merupakan langkah yang sangat diwajibkan bagi kita seorang hamba untuk meminta kesuksesan, kelancaran, dan dapat mengatasi segala masalah yang ada. Dengan berdoa kepada Yang Maha Kuasa kita bisa menyerahkan segala urusan tentang hasil akhir nanti. Tentunya harapan kita agar bisnis yang kita jalankan dapat berjalan lancar dan sesuai cita-cita. Berdoalah sebanyak-banyaknya dan disertai dengan usaha tentunya.

Nah itu beberapa cara bisnis yang baik dan benar untuk pemula yang dapat kalian coba ketikan kalian akan memulai suatu usaha. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-teman kalian yaa!

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.
× Kirim Pesan