ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Panduan Lengkap Cara Bisnis Dropship Mudah dan Menguntungkan!

2 min read

cara bisnis dropship

Cara Bisnis Dropship – Banyak orang yang bermimpi menjadi sukses di kemudian hari. Namun mimpi mereka itu hanya mereka gantung saja. Atau jika tidak mereka masih berharap kerja di sebuah perusahaan. Padahal jika kita bekerja di sebuah instansi atau perusahaan secara otomatis waktu kita akan habis dalam seharian bekerja di kantor. Alhasil bagi seorang wanita yang sudah menikah tentunya sangat kerepotan sekali harus mengurus rumah tangga sekaligus bekerja seharian.

Banyak dari wanita karir yang mengeluhkan susahnya membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan. Padahal banyak cara yang bisa kita lakukan apalagi untuk ibu-ibu yang tak ingin meninggalkan buah hati dan tetap bisa mengurus suami dan rumah tangga namun tetap memiliki penghasilan.

Salah satu caranya adalah dengan menjadi dropshiper. Pekerjaan ini tergolong sangat mudah karena dapat dikerjakan oleh siapa saja termasuk ibu rumah tangga dan yang pasti tak terbatas ruang dan waktu. Banyak keuntungan ketika kita menjalankan bisnis dropship ini. Salah satunya adalah kita tak perlu menyetok barang, kita hanya cukup meneruskan pesanan dari pelanggan ke supliyer.

Barang yang dipesan nantinya akan dikirimkan langsung oleh supliyer kepada pembeli tentunya dengan menggunakan nama brand kita sendiri. Jadi secara otomatis presentase kerugian yang akan kita dapatkan juga semakin kecil. Sebaliknya, jika kita sunggguh-sungguh dalam menjalankan bisnis yang satu ini kita akan mendapat keuntungan yang besar tiap harinya. Tak perlu capek keluar rumah untuk mencari uang, cukup dengan smartphone atau laptop dan tentunya koneksi internet yang stabil kita sudah bisa menghasilkan uang melebihi gaji pegawai kantor. Asyik bukan?

Mungkin dari kalian banyak yang sudah penasaran tentang bagaimana cara bisnis dropship ini agar mendapat keuntungan yang besar. Tanpa basa basi lagi yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini langkah-langkahnya!

1. Melakukan Beberapa Survei ke Supliyer

survei suplier

Langkah awal yang harus kita lakukan jika kita hendak membuka bisnis dropship adalah dengan melakukan survei ke beberapa supliyer. Memilih supliyer dalam bisnis dropship merupakan hal yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Hal ini karena kita harus benar-benar selektif dalam memilih supliyer yang dapat dipercaya. Selain itu, supliyer yang terpercaya juga akan mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap produk yang kita tawarkan dan menjadi poin penting dalam kelangsungan bisnis kita.

Lihat Juga:

2. Menentukan Marketplace

cara bisnis dropship

Setelah melakukan survei ke supliyer, langkah selanjutnya adalah menentukan marketplace apa yang akan kita gunakan untuk mempromosikan produk yang akan kita tawarkan ke konsumen. Banyak marketplace yang bisa kita gunakan seperti Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia. Kita bisa memilih salah satu dulu dari toko online tersebut, atau jika mau menggunakan beberapa toko online juga tidak masalah. Yang perlu diperhatikan di sini adalah setiap toko online tersebut menampilkan informasi yang jelas mengenai sistem dropshiping.

3. Membuat Brand Produk

cara bisnis dropship

Setelah kita sudah menentukan marketplace apa yang akan kita gunakan untuk mempromosikan produk kita maka selanutnya kita hendaknya membuat brand atau nama dagang kita sendiri. Tujuannya adalah untuk memberikan identitas produk yang kita jual.

4. Melakukan Promosi

cara promosi

Hal penting yang tidak boleh dilupakan jika kita menjalankan bisnis dropship adalah melakukan promosi sesering mungkin. Dengan melakukan promosi ini maka produk kita akan semakin dikenal oleh banyak orang. Selain itu lakukanlah promosi-promosi menarik terhadap produk yang kita jual agar banyak pembeli yang tertarik dengan produk kita, tak ada salahnya juga jika kita memberikan suatu promo tertentu agar lebih banyak menarik pembeli.

5. Menggunakan Aplikasi Pendukung

aplikasi dropship

Dalam menjalankan sebuah bisnis online sudah pasti kita membutuhkan banyak hal teknis. Hal tersebut berkaitan dengan input data produk ke dalam marketplace kita. Akan sangat menjadi sebuah pekerjaan yang melelahkan jika kita harus memasukkan produk beserta penjelasannya satu per satu ke dalam marketplace. Oleh karena itu kita membutuhkan software tambahan untuk membantu pekerjaan kita hanya dengan beberapa klik. Aplikasi tersebut antara lain Dropship Kit, Dropship Engine, dan Dutscaper.

Jika belum punya uang untuk membeli aplikasi scrape yang mahal bisa menggunakan jasa scrape murah. Bisa cari di google jasa ini pasti banyak banget dengan harga yang murah tanpa perlu upload satu-satu.

Nah, itulah beberapa cara menjalankan bisnis dropship yang harus kalian ketahui. Bagaimana kalian tertarik dengan bisnis online dropship? Semua pilihan ada di tangan kalian. Semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan dan jangan pernah bosan untuk menyimak artikel-artikel kami yang pastinya menarik untuk di bahas.

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Tinggalkan Balasan

× Kirim Pesan