ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Cara Bisnis Pakaian Agar Sukses Banjir Orderan Bagi Pemula

3 min read

cara bisnis pakaian

Cara Bisnis Pakaian – Di era digital seperti sekarang ini banyak orang yang suka bergaya dalam setiap kesempatan. Biasanya mereka sering berganti model atau gaya berpakaian mereka. Tak hanya untuk ke pesta atau jalan-jalan ke mall saja, namun banyak dari mereka yang mayoritas adalah anak kuliahan sering mencoba berbagai gaya pakaian yang mereka kenakan setiap harinya di kampus.

Hal tersebut membuat banyak orang yang terispirasi untuk memulai suatu bisnis sedernaha yakni berjualan pakaian. Mungkin sudah tak asing lagi bagi kita ya tentang bisnis pakaian ini. Dalam menjalani bisnis ini kita tak perlu memiliki modal yang banyak untuk mendirikan sebuah toko pakaian. Kita bisa memulainya dengan menjadi reseller atau dropshiper di toko Ardi Fashon yang menjual berbagai jenis baju batik, gamis, jilbab terlebih dahulu. Sangat mudah bukan?

Nah, kira-kira bagaimana cara bisnis pakaian agar kita mendapat orderan yang banyak dan pastinya mendapatkan untung yang berlipat-lipat? Yuk simak penjelasan lengkapnya hanya di elrajab.com.

Cara Bisnis Pakaian Agar Sukses

Berikut ini tips agar kamu bisa sukses dalam berbisnis pakaian.

1. Tentukan Jenis Pakaian yang Akan Kamu Jual

Hal pertama yang kita lakukan jika kita akan memulai bisnis pakaian yaitu kita harus menentukan jenis pakaian yang akan kita jual. Jika kalian masih bingun dalam menentukan jenis pakaian apa yang cocok kalian jadikan produk usaha kalian maka kalian harus mencoba mencermati lingkungan sekitar kalian. Atau dari teman-teman terdekat kalian. Bisa juga mencari ide mengikuti institusi dan coba juga melihat model yang sedang booming di dunia maya.

2. Belajar tantang Model Pakaian dan Bahan

Jika kita sudah matep ingin membuka usaha bisnis pakaian maka kita harus paham betul tentang jenis-jenis kain pada pakaian. Karna beda jenis kain akan beda juga harganya. Kepahaman kita tentang jenis kain merupakan hal yang sangat penting karena jika kita salah mendeskripsikan pakaian yang dipesan maka pembeli akan kecewa karena pakaian yang dipesan tidak sesuai dengan keinginan.

Baca Juga:

3. Mencari Suplayer yang Sesuai

Agar bisnis yang kita jalankan berjalan dengan baik, maka kita harus pandai-pandai mencari suplayer yang terpercaya. Sebaiknya cari suplayer yang mudah dihubungi, cepat dalam respon, dan yang mau menjelaskan secara detail tentang pakaian dan jenis bahan yang digunakan.

4. Mulailah Berjualan dengan Menjadi Dropship

Memulai bisnis menjadi dropshiper adalah langkah tepat untuk membangun sebuah bisnis pakaian. Dropshiper sendiri yaitu menjualkan produk milik orang lain. Tugas kita hanyalah mencari pembeli, jika kita sudah dapat orderan maka yang akan mengirimkan produk adalah suplayernya langsung. Nah keuntungan menjadi seorang dropshiper sendiri tak lain dan tak bukan adalah kita banyak belajar tentang ilmu pemasaran sehingga kita akan banyak mendapatkan orderan.

5. Menginvestasikan Ilmu

Berinvestasi tidak hanya dengan materi saja. Investasi juga dapat berupa ilmu. Jika kita mendapati sebuah kursur bagus, tak ada salahnya kalau kita mencoba meluangkan waktu untuk terus belajar tentang dunia bisnis. Teknik ini dapat kita gunakan sebagai cara bisnis pakaian yang baik.

6. Merekrut Karyawan untuk Meluaskan Usaha

Beberapa bulan setelah kita memulai usaha dan usaha kita berhasil maka kita akan kebanjiran orderan. Pada saat itu kita perlu merekrut karyawan untuk membantu kita melayani banyaknya orderan yang masuk.

7. Membuat Toko Offline

Langkah selanjutnya sebagai cara bisnis pakaian adalah dengan membuka toko offline. Nah pada tahap ini kita sudah memerlukan modal yang cukup besar untuk membuka sebuah toko pakaian. Yang perlu diperhatikan ketika kita akan membuka toko fosok atau offline yaitu tempat yang strategis. Lokasi yang ramai kemungkinan besar akan mendatangkan pengunjung toko yang banyak pula.

8. Mencoba Meproduksi Pakaian Sendiri atau Menjadi Distributor

Seiring berjalannya waktu kalian bisa memproduksi barang sendiri atau dengan menjadi distributor. Jika kita memilih memproduksi sendiri artinya kita siap untuk mengeluarkan modal yang lebih banyak lagi. Selain itu, kita juga banyak menghabiskan banyak waktu untuk memproduksi dan packing barang dengan rapi. Namun jika kita memilih menjadi seorang distributor kita akan menghemat waktu namun bisnis kita akan tetap berjalan lancar.

9. Introspeksi Bisnis Sendiri

Dalam dunia usaha tak jarang kita banyak mendengar tentang suka dukanya mendirikan sebuah usaha. Oleh karena itu, jangan sampai kita mudah menyerah. Teus introspeksi diri dan berusahalah untuk memperbaiki kesalahan yang tak perlu diulang kembali hingga bisnis yang kita jalankan dapat sukses.

Langkah-Langkah Jualan Baju Secara Online

bisnis baju online
dreamstime.com

1. Riset Pasar

Untuk kamu seorang pemula yang baru akan membuka bisnis secara online hal pertama yang harus kamu lakukan adalah riset pasar terlebih dahulu. Riset ini bertujuan untuk mengetahui produk baju yang sedang ramai dan laris dipasar. Jangan sampai kamu jualan online yang dijual barang yang jarang peminatnya.

Riset pasar dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Cara yang pertama dengan bertanya langsung dengan konsumen atau pedagang pasar. Cara kedua dengan menggunakan iklan di FB, google, atau marketplace. Jika banyak yang menonton atau klik kemungkinan barang tersebut banyak yang mencari.

2. Mencari Produk

Tahap selanjutnya yaitu dengan mencari jenis baju di suplier. Untuk mencari jenis baju juga perlu suatu riset yang baik agar nanti barang yang akan kita jual mempunyai kualitas yang baik juga dengan harga yang miring. Jika sudah mempunyai barang sendiri lebih bagus lagi tunggal cara pengemasan dibuat sebaik mungkin.

Jika ingin menjadi seorang dropship mungkin bisa mencari suplier di Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shoppe, atau Lazada. Gunakan fitur filter dengan memilih suplier dengan reputasi yang bagus dan mempunyai statistik pengiriman yang cepat.

Jika ingin menjadi dropship dengan mudah dan cepat bisa menggunakan jasa : Jasa Scrape Produk dan Upload Massal Marketplace Tokopedia, Bukalapak.

3. Membuat Toko

Karena ini jualan online pastinya toko yang akan kita buat juga harus online. Pertama tentukan platorm apa yang akan anda jadikan toko online Anda. Bisa menggunakan website gratis atau perbayar. Misal dengan WordPress, Blogger, atau bahkan menggunakan website dinamis buatan sendiri. Untuk lebih gampang dan menghemat biaya bisa membuat toko di Marketplace. Gunakan nama website yang identik nama baju.

4. Membuat Iklan

Langkah terkahir dalam jualan online agar produk kita dilihat oleh banyak dan banjir orderan yaitu dengan memasang iklan. Iklan ada yang berbayar dan gratisan. Untuk yang gratisan dengan memanfaatkan akun sosial media pribadi atau dengan menggunakan SEO. Dan untuk yang berbayar dengan FB ADS, Google ads, Endors dengan selebgram.

Nah itulah sedikit rangkuman tentang cara bisnis pakaian secara online agar banjir orderan tiap hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan terus simak artikel-artikel menarik kami lainnya!

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.
× Kirim Pesan