ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Cara Bisnis Kuliner Modal Kecil Agar Sukses

3 min read

cara bisnis kuliner

Cara Bisnis Kuliner – Bisnis kuliner merupakan sebuah bisnis yang banyak digeluti oleh banyak orang belakangan ini. Makanan yang menjadi kebutuhan paling penting dalam kehidupan membuat maraknya bisnis kuliner ini. Selain itu, makanan juga akan terus dibutuhkan manusia selama manusia itu hidup di dunia ini. Oleh karena itulah banyak orang yang berlomba-lomba menjajakan berbagai olahan kuliner di berbagai tempat.

Menjalankan sebuah bisnis kuliner tak hanya dilakukan secara online saja, namun dengan berkembangnya teknologi yang ada saat ini kita bisa menjalankan bisnis kuliner secara online. Berbeda dengan menjual produk yang berupa barang fisik tahan lama, diperlukan cara khusus untuk mempromosikan kuliner yang kita jual agar cepat berkembang. Tak terkecuali makanan yang tak tahan lama. Jadi kita harus pintar dalam mengiklankan makanan kita.

Salah satu keuntungan dari bisnis kuliner online ini yaitu kita dapat menjangkau pasar yang cukup luas di berbagai daerah di seluruh Indonesia bahkan hingga ke luar negeri. Namun yang menjadi permasalahan banyak orang adalah bagaimana memulai bisnis kuliner secara online ini? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara rinci tetang cara bisnis kuliner online dengan modal yang minim. Yuk simak pemaparan lengkapnya berikut ini!

1. Memilih Jenis Makanan yang Sesuai

bisnis kuliner

Cara bisnis kuliner online yang pertama adalah memilih jenis makanan yang akan kita jual. Tips dari kami pilihlah makanan yang sifatnya kering sehingga tidak mudah basi dan dapat bertahan dalam jangka waktu tertentu. Jika kita memilih makanan yang cepat basi dala waktu satu hari, secara otomatis kita akan rugi jika makanan yang kita jual tidak laku atau masih banyak sisa yang belum terjual.

Selain itu, kita juga dapat mengantisipasi jika ada pembeli dari luar daerah maka kita harus dapat memastikan bahwa makanan yang kita kirim dapat sampai ke tangan pembeli dalam keadaan yang masih baik. Oleh karena itu lebih baik kita menjual makanan yang kering dan dapat bertahan lebih lama sehingga dapat meminimalisir kerugian kita.

2. Membuat Brand Produk

brand produk

Setelah kita menentukan jenis makanan apa yang akan kita jual, langkah selanjutnya adalah membuat merk produk makanan kita. Dengan adanya brand atau merk dagang maka makanan yang kita jual akan memiliki identitas sendiri. Gunakanlah brand yang tidak terlalu panjang dan unik sehingga akan lebih memudahkan orang lain untuk mengingat makanan yang kita tawarkan.

3. Menentukan Menu Andalan

tips bisnis kuliner

Ibaratkan sebuah restoran bintang lima yang memiliki banyak menu andalan, dalam menjual makanan secara online akan lebih baik jika kita memiliki menu andalan. Buatlah satu menu andalan yang khas dan beda dari yang lain. Cara ini akan menarik banyak pembeli untuk mencoba menu andalan yang kita tawarkan.

Baca Juga:

4. Membuat Video dan Foto Makanan

foto makanan

Poin penting yang tidak boleh ketinggalan jika kita hendak menjalankan bisnis kuliner secara online adalah membuat foto atau video. nah, foto dan video inilah yang nantinya akan menentukan laris tidaknya makanan yang kita jual. Buatlah foto dan video sebaik mungkin sehingga banyak calon pembeli yang tertarik dengan makanan yang kita tawarkan. Hal tersebut penting dikarenakan pembeli tidak bisa melihat secara langsung makanan yang kita tawarkan.

5. Belajar Menerjemahkan Rasa dan Bumbu yang Digunakan

Belajar penting agar pelanggan juga tau betul komposisi makanan yang kita tawarkan. Selain itu, pembeli juga dapat mendeskripsikan sendiri rasa dari makanan yang kita jual dari komposisi yang telah kita cantumkan dalam setiap makanan.

6. Menyiapkan Kemasan yang Baik

kemasan makanan

Langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mepersiapkan kemasan yang baik. Indikator kemasan baik dapat dilihat dari kuat atau tidaknya kemasan kita. Hal tersebut menjadi hal yang penting agar makanan yang kita jual dapat sampai ke tangan pebeli dengan keadaan yang tetap baik. Selain itu, kita juga bisa membuat kemasan yang unik untuk menarik pembeli.

7. Membuat Toko Online

cara bisnis properti

Yang tak boleh ketinggalan dalam bisnis kuliner online adalah membuat toko online. Yap, toko online inilah yang nantinya akan menjadi tempat kita mempromosikan makanan yang kita jual kepada para pembeli. Pilihlah platform toko online yang sudah terpercaya sehingga akan banyak pelanggan yang menelusuri toko online kita.

8. Membuat Iklan yang Menarik

cara promosi

Jika kita telah memiliki toko online, selanjutnya kita harus mempersiapkan iklan yang menarik, lengkap, dan jelas untuk mempromosikan makanan yang kita jual.

9. Optimis dan Bekerja Keras

kerja keras

Tidak ada orang yang sukses tanpa adanya kerja keras dan mempunyia optimisme yang tinggi. Orang sukses seperti Bill Gate pemilik Microsoft, Jack Ma Pemilik Alibab, atau Mark Pemilik Facebook pasti mempunyai optimisme yang tinggi untuk mencapai tujuan dalam berbisnisnya meski dalam bidang bisnis yang berbeda. Jangan hiraukan omongan orang yang menjatuhkan semangat dalam membangun usaha. Berteman dengan orang yang mempunyai tujuan yang sama dan mau saling membantu.

10. Kreatif dan Inovatif

kreatif

Kreatif sangat diperlukan dalam suatu usaha agar tidak ketinggalan zaman. Banyak perusahaan yang gulung tikar karena tidak mempunyai kreatifitas dan inovatif seperti halnya Brand terkenal Nokia. Karena tidak mau mengikuti zaman maka akan ketinggalan brand-brand yang mau berinovatif. Usahakan makanan yang dijual mempunyai keunikan yang berbeda dengan menu kuliner pada umumnya agar orang tertarik dengan kuliner kita.

11. Pasrah dan Berdoa

berdoa agar sukses

Jika semua usaha sudah dijalankan, maka langkah terakhir adalah dengan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar semua tercapai apa yang kita impikan.

Nah, itulah cara bisnis kuliner online yang patut anda coba. Semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi kalian yang memiliki rencana memulai bisnis kuliner secara online. Simak terus artikel menarik kita lainnya ya.. J

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.
× Kirim Pesan