ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Cara Bisnis Minyak Goreng Agar Untung Melimpah

3 min read

cara bisnis minyak goreng

Cara Bisnis Minyak Goreng – Banyaknya pengangguan di negeri ini terjadi bukan karena kebanyakan orang malas untuk bekerja. Faktor terbesarnya adalah banyaknya pencari kerja dengan masa produktif tidak sebanding dengan tersedianya lapangan kerja yang ada. Selain itu, kesadaran diri untuk menjadi seorang pengusaha yang dapat membuka lapangan kerja dan mengurangi pengangguran masih rendah.

Ada sebagian dari mereka yang memiliki keinginan untuk membuka usaha namun terkendala dengan modal yang ada. Padahal menjalankan suatu bisnis tak mesti menggunakan modal yang banyak. Jaman sekarang yang serba digital ini kita bisa memanfaatkan internet dan smartphone yang kita miliki untuk membagun sebuah usaha yang minim modal. Bahkan terdapat beberapa cara bisnis online tanpa modal yang bisa kita praktekkan dalam bisnis kita.

Memiliki suatu usaha merupakan satu langkah awal menuju kesuksesan. Tak hanya kesuksesan duniawi saja yang kita dapatkan, namun juga ada sisi kemanusiaan juga. Dengan kita membuka suatu bisnis secara otomatis kita akan mendapatkan keuntungan demi keuntungan yang dapat kita jadikan aset pribadi. Aset yang telah kita miliki berbentuk sebuah usaha ini juga dapat dikategorikan sebagai salah satu contoh investasi jangka panjang. Selain itu, dengan kita membuka sebuah usaha kita juga dapat membantu orang lain untuk mendapatkan pemasukan bulanan dengan menjadi karyawan kita.

Salah satu cara bisnis yang baik adalah dengan mempelajari lingkungan sekitar dan mencari peluang. Dalam masyarakat lekat sekali dengan yang namanya sembako. Sembako yang menjadi bahan kebutuhan pokok sehari-hari ini sangat cocok jika kita jadikan sebuah peluang usaha. Walaupun untung yang kita dapatkan dari setiap barang tidaklah besar, namun kebutuhan pokok yang banyak dibutuhkan oleh semua orang lama kelamaan akan menjadi sebuah untung yang besar.

Salah satu jenis kebutuhan manusia yang banyak kita gunakan setiap harinya adalah minyak goreng. Jika dilihat dari fungsinya, minyak goreng merupakan sembako yang digunakan hampir di seua jenis masakan. Oleh karena itu bisnis minyak goreng merupakan suatu bisnis yang sangat menjanjikan. Berikut ini beberapa tips cara bisnis minyak goreng agar untung dengan modal minim.

1. Mencari Agen Minyak Goreng

agen minyak goreng

Cara bisnis minyak goreng yang pertama adalah mencari agen minyak goreng dari berbagai daerah. Agen inilah yang nantinya akan membantu kita untuk mendistribusikan minyak goreng ini ke warung atau toko kita. Untuk mencari agen yang dapat dipercaya memanglah tak semudah yang kita bayangkan. Untuk menarik para agen kita bisa memberikan penawaran yang menarik, misalnya dengan memberikan bonus tertentu jika penjualan minyak goreng telah melebihi target penjualan.

Perlu cara khusus untuk mendapatkan agen yang baik. Cara yang mudah dengan mengiklan di sosial media yang berbayar atau yang gratisan. Untuk yang berbayar bisa menggunakan facebook ads atau Google ads. Setelah mendapatkan calon agen, buat grup agen untuk berinteraksi. Buat website untuk informasi tentang penjualan atau pendataan lain agar memudahkan agen untuk menjual minyak goreng.

2. Menyiapkan Tempat

tempat minyak goreng

Dalam menjalankan suatu bisnis tentunya kita membutuhkan tempat. Tempat ini dapat berupa warung dan gudang. Warung atau toko kita gunakan untuk menjajakan minyak goreng yang telah kita kemas dalam berbagai ukuran. Sedangkan gudang sendiri akan kita gunakan untuk menampung stok minyak goreng baik yang sudah dikemasi ataupun yang masih dalam bentuk jerigen-jerigen besar.

Khusus untuk gudang, usahakan ruangan yang akan kita jadikan sebagai gudang minyak goreng terbebas dari banjir ataupun ancaman-ancaman lainnya yang akan merusak kualitas minyak goreng. Selain itu, pastikan tidak ada aliran listrik yang besar dan kabel listrik yang terdapat di sekitar gudangpun tidak ada yang terkelupas. Jika ada satu kabel saja yang terkelupas, maka resiko terjadinya kebakaranpun akan semakin besar.

Baca Juga:

3. Menyiapkan Alat Takar

ngukur minyak goreng

Pembelian minyak goreng kepada agen biasanya masih dalam wadah jerigen-jerigen besar. Oleh karena itu kita harus mengemasinya sendiri dalam berbagai ukuran. Ada yang berukuran 200 ml, 500 ml, 1 liter, dan 2 liter. Dalam melakukan pengemasan ini kita pastinya akan memerlukan alat takar untuk menentukan takaran yang sesuai dengan kemasan yang ada.

Tidak harus membeli alat takar yang mahal, cukup membeli yang murah saja dengan kualitas bagus. Salah satu caranya dengan membeli alat ukur bekas. Bisa cari di media sosial atau OLX untuk membeli alat ukur bekas dengan harga murah.

4. Menentukan Harga Minyak Goreng

Menentukan harga dari minyak goreng tidak boleh sembarangan. Untuk menentukan harga yang baik kita harus pandai-pandai melihat persaingan di pasaran. Jangan sampai kita mematok harga minyak goreng lebih tinggi daripada harga dari distributor. Harga yang terlalu tinggi akan menyebabakan sedikitnya pembrli yang akan berlangganan pada produk kita.

Keuntungan yang kita dapatkan akan jauh lebih besar jika kita mendapatkan pelanggan tetap yang bayak. Jadi bukan harga yang tinggi yang membuat kita untung banyak. Justru dengan harga yang murahlah pembeli akan banyak berdatangan kepada kita.

5. Mendata Produk dan Keuangan

data minyak goreng

Pendataan pada produk minyak goreng ini dimaksudkan agar kita mengetahui secara rinci tentang stok minyak goreng yang berada di gudang penyimpanan dan permintaan pelanggan. Kesalahan seorang pengusaha yang sangat fatal karena kurangnya manajemen pendataan yang cukup baik sehingga tidak atau keuntungannya seberapa. Untuk itu perlu seorang yang handal dalam  mendata uang masuk dan keluar agar tahu omset dan untung berapa.

Nah, oke juga bukan bisnis rumahan yang satu ini? Bisnis yang satu ini sangat menjanjikan untuk dijalankan oleh semua kalangan. Yuk segera tentukan bisnis apa yang akan kalian jalani, dan pastikan kalian menekuni dengan sungguh-sungguh bisnis tersebut karena kesuksesan itu berbanding lurus dengan doa dan usaha yang kita jalankan. See you biye biye..

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Tinggalkan Balasan

× Kirim Pesan