ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Cara Bisnis Beras Mudah Minim Modal Yang Menguntungkan

3 min read

cara bisnis beras

Cara Bisnis Beras – Berbisnis meupakan suatu pekerjaan yang sangat menyenangkan namun penuh dengan tantangan. Seorang yang telah berkecipung dalam dunia bisnis pasti telah merasakan asam garam di dalam dunia bisnis. Namun banyak orang yang melepaskan pekerjaan tetapnya di kantor hanya untuk membangun sebuah bisnis. Mereka tentunya membuka sebuah bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu sebelum menjadi sebuah bisnis yang besar. Dibutuhkan banyak kesabaran dan ketelatenan untuk membangun sebuah bisnis yang besar. Jiwa semangat dan pantang menyerah juga wajib dimiliki oleh seorang pebisnis.

Sebelum mulai menjalankan sebuah bisnis tentunya kita harus banyak belajar tentang cara bisnis yang baik agar dapat tetap bertahan di tengah persaingan yang sangat ketat. Dengan menjalankan sebuah usaha kita dapat mengatur sendiri waktu yang kita miliki. Bahkan bisa dibilang tak terikat dengan waktu. Jika usaha kita sudah mulai berkembang dengan pesat kita bisa menjalankan usaha kita sambil liburan dan sebagainya. Namun diperlukan usaha yang keras pula di awal membangun bisnis.

Langkah awal untuk membuka usaha adalah dengan cara menentukan jenis usaha apa yang ingin kita geluti. Setelah kita menentukan jenis usaha maka langkah selanjutnya adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang cara yang tebaik menjalankan usaha tersebut. Misalnya kita ingin berbisnis pulsa, maka kita harus mencari informasi tentang cara bisnis pulsa yang baik dan menguntungkan.

Namun kita tidak boleh sembarangan menentukan jenis usaha yang akan kita jalani. Kita harus pandai mengamati lingkungan sekitar dan kebutuhan apa yang banyak dicari oleh masyarakat. Carilah produk yang sekiranya akan dibutuhkan terus oleh semua orang dan menjadi sebuah kebutuhan pokok.

Bisnis beras merupakan suatu usaha yang sangat menjanjikan. Mengapa? Karena beras merupakan bahan makanan pokok yang akan terus dibutuhkan oleh semua orang. Dan ini juga sekaligus dapat menjadi sebuah contoh investasi jangka panjang dengan versi kita sendiri. Berikut ini cara bisnis beras agar menguntungkan meski dengan modal minim.

1. Mengelola Persediaan Beras

persediaan beras

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan membuat pengelolaan stok beras. Hal penting yang harus menjadi perhatian yakni berapa lama persediaan beras bisa bertahan. Jangan sampai kekurangan stok beras karena itu nantinya akan membuat konsumen kecewa dan lari ke tempat lain. Jangan terlalu banyak juga menyetok beras di dalam gudang, karena jika tidak laku maka beras yang kita simpan itu lama-kelamaan akan rusak dan menyebabakan kerugian.

2. Mencari Supplier Amanah

supplier beras

Mencari supplier yang baik dan terpercaya merupakan hal yang gampang-gampang susah. Namun kita harus tetap berusaha mencari informasi dari merbagai sumber untuk menemukan supplier yang benar-benar dapat kita percaya. Pilihlah supplier yang mematok harga lebih rendah namun tetap memberikan kualitas yang baik. Untuk mendapatkan supplier yang bagus bisa belajar dengan pada artikel cara belajar dropship.

Jika sudah belajar dengan baik di artikel tersebut bisa riset lapangan atau mencari tempat di google maps dulu. Setelah menemukan titik supplier beras bisa kunjungi dan tanyakan dengan detail.

3. Menentukan Kualitas Beras

kualitas beras

Terdapatnya beragam jenis beras yang beredar di pasaran, kita sebagai pebisnis pemula harus lebih selektif untuk menentukan jenis beras apa saja yang akan kita jual. Tak sembarangan menentukan jenis beras, namun kita pilih dari yang menjadi favorit konsumen. Jual beras yang sedang laku d pasaran tentunya hasil riset pasar dahulu.

4. Menentukan Target Pasar

target pasar beras

Menentukan target pasar merupakan hal yang penting bagi keajuan suatu bisnis. Fokus dalam memberikan pelayaan kepada konsumen tetap harus menjadi yang nomer satu. Namun kita juga harus punya sasaran yang tepat dan tak jauh-jauh dari lingkungan sekitar.

5. Menyiapkan Alat Takar

alat takar beras

Menjalankan usaha beras ini tentunya kita harus memiliki alat takar untuk megukur berat beras yang akan dijual kepada konsumen tentunya sesuai dengan permintaan konsumen.  Gunakanlah takaran beras yang akurat sehingga tak ada pelanggan yang merasa dirugikan dengan jumlah beras yang mereka beli.

6. Memberikan Inovasi

kreatif

Sebagai seorang yang baru menjalankan bisnis beras tentunya kita diharapkan mampu memberikan banyak inovasi baru untuk menarik banyak konsumen datang ke tempat kita. Misalnya pada saat hari besar tertentu kita memberikan potongan pembelian beras atau tawaran menarik lainnya.

Baca Juga:

7. Menambah Kualitas Pelayanan

kualitas pelayanan baik

Dalam hal pelayanan ini pasti semua pelanggan menginginkan pelayanan yang terbaik. Seperti dalam melayani konsumen kita harus ramah dan murah senyum kepada pelanggan sehingga pelanggan akan merasa dihargai dan yang pasti akan kembali membeli beras ke tempat kita lagi.

8. Membuka Kerjasama

cara bisnis properti

Agar suatu bisnis menjadi besar maka pelaku bisnis harus melebarkan sayapnya. Maksudnya adalah dengan menambah relasi bisnis yang sedang kita jalankan. Semakin banyaknya relasi maka akan semakin cepat informasi yang tersebar dan secara otomatis keuntungan kita juga akan semakin berlipat.

9. Pengelolaan Harga

Bisnis beras merupakan suatu kegiatan jual beli yang dilakukan antara penjual beras dengan konsumen. Harga merupakan indikasi terbesar kesuksesan bisnis seseorang. Orang lebih senang dengan harga yang murah namun dengan kualitas yang baik. Nah oleh karena itu, jangan mematok harga yang terlalu tinggi. Berilah harga sewajarnya saja agar banyak konsumen yang tertarik membeli beras kepada kita.

10. Banyak Belajar Tentang Persaingan

persaingan

Dalam hal ini kita harus memiliki sikap yang bijak untuk menghadapi para pesaing yang ,ungkin memiliki keterampilan yang lebih baik dari pada kita. Kita tak perlu menjatuhkan pesain kita, kita hanya perlu untuk mempelajari teknik penjualan yang mereka pakai dan bisa kita sempurnakan lagi menjadi lebih baik.

11. Strategi Keuntungan

strategi keuntungan

Tujuan utama dari bisnis tentunya untuk memperoleh keuntungan yang besar. Namun dalam bisnis beras ini lebih baik jika kita tak mengambil keuntungan yang telalu banyak. Selain itu, kita jangan langsung membelanjakan keuntungan yang kita miliki seluruhnya.

Cukup sekian dulu penjelasan cara bisnis beras dari kami. Apapun bisnis yang kita jalani saat ini semoga bisa memberikan nilai yang barokah pada semua pihak yang bersangkutan. Jangan lupa pantau terus website kami karena kami akan terus memberikan banyak informasi seputar bisnis masa kini an masih banyak lagi.

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Tinggalkan Balasan

× Kirim Pesan