ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Cara dan Contoh Bisnis Waralaba Populer Modal Kecil!

2 min read

contoh bisnis waralaba

Contoh Bisnis Waralaba – Bisnis sejatinya merupakan salah satu contoh investasi jangka panjang yang dapat dijalankan oleh semua orang dari berbagai latar belakang, mulai dari siswa SMA hingga orang dewasa yang sudah berstatus sebagai karyawan. Bisnis ini memiliki beberapa jenis. Ada yang namanya bisnis online yang tentu saja dikerjakan dengan bantuan smartphone dan internet saja. Ada pula bisnis properti, bahkan bisnis waralaba.

Bisnis waralaba ini merupakan salah satu usaha yang mengusung sebuah konsep bisnis yang saling menguntungkan antara beberapa orang. Bisnis ini biasanya dijalankan oleh sebuah perusahaan besar yang membuka beberapa outlet. Nah, outlet inilah yang nantinya akan dibeli oleh beberapa orang. Secara otomatis perusahaan tersebut akan mendapatkan keuntungan dari seperangkat usaha waralaba yang telah laku.

Lebih jelasnya lagi, bisnis waralaba ini merupakan bisnis yang cara kerjanya hampir sama dengan cara menjadi reseller. Yang membedakan bisnsi ini dengan menjadi reseller pada umumnya adalah dalam bisnis ini sudah disediakan seperangkat perlengkapan kebutuhan yang akan digunakan untuk membuka bisnis. Tugas utama pelaku waralaba hanyalah sekedar menyiapkan tempat dan mau bersungguh-sungguh untuk menjalankan usaha tersebut.

Urusan modal dalam bisnis yang satu ini sangat beraneka ragam. Ada yang memerlukan modal yang besar namun ada juga yang hanya memerlukan modal yang sedikit saja tergantung dengan usaha waralaba apa yang akan dijalankan. Soal keuntungan jangan ditanya lagi, usaha waralaba ini biasanya memiliki keuntungan yang besar karena dibentuk oleh perusahaan besar yang pada dasarnya sudah memiliki nama yang populer.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tuntas tentang cara dan contoh bisnis waralaba yang mungkin bisa menjadi alternatif usaha bagi kalian yang sedang merencanakan suatu bisnis. Mari simak lebih teliti lagi penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara Memulai Bisnis Waralaba

1. Menentukan Franchice

Poin pertama yang harus dipersiapkan untuk membuka usaha waralaba adalah dengan menentukan jenis franchise apa yang akan dibeli. Banyak beberapa perusahaan yang menyediakan franchise untuk dijual kepada pelaku usaha. Pilihlah franchise yang sudah memiliki nama yang terkenal sehingga akan memudahkan kita untuk mendapatkan pelanggan.

2. Mempersiapkan Modal

Modal adalah hal yang harus diperhitungkan matang-matang ketika kita akan membuka suatu usaha. Nah, setelah kita menentukan franchise apa yang akan kita beli maka kita harus mempersiapkan momdal untuk membeli franchise tersebut.

3. Memilih Tempat yang Strategis

Jika kita telah menyiapkan modal dan telah menentukan franchise, maka langkah selanjutnya adalah mencari tempat yang strategis untuk mengemangkan usaha yang akan kita jalankan. Pilihlah tempat yang ramai dengan aktivitas orang, misalnya di pusat perbelanjaan dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Contoh Bisnis Waralaba yang Populer

1. Es Bubble Tea

Es Bubble Tea
Es Bubble Tea

Es yang satu ini merupakan salah satu minuman yang fenomenal belakangan ini. Minuman ini memiliki banyak aneka varian rasa, misalnya kopi, coklat, teh buah yang dicampur dengan bola-bola yang terbuat dari bahan dasar tepung tapioka.

Banyak sekali bubble drink ini kita temukan di pusat-pusat perbelanjaan. Untuk memulai usaha yang satu ini kira-kira kita memerlukan modal awal sekitar Rp 3.500.000 yang terdiri dari paket lengkap beserta booth nya.

2. Fried Chicken

Fried Chicken
Fried Chicken

Usaha waralaba yang selanjutnya adalah fried chicken. Makanan yang satu ini sudah pasti dong banyak orang yang sudah mengenalnya. Yap, makanan yang satu ini merupakan franchise yang dapat kita temukan di mana-mana. Bahkan disepanjang jalan-jalan protokol pun kita sering menjumpainya.

Nah untuk memulai bisnis waralaba yang satu ini kita tentunya akan membutuhkan modal yang lumayan besar. Besarnya modal tersebut ditentukan oleh kepopuleran brand masing-masing. Semakin terkenal suatu brand maka akan semakin mahal pula harga franchise tersebut.

3. Kebab

Fried Chicken
Fried Chicken

Kebab merupakan makanan khas dari timur tengah. Makanan khas yang berasal dari bahan dasar roti yang di tengahnya diberi isian daging kambing atau sapi, sayuran, saos dan toping lainnya kini telah banyak di jual di seluruh Indonesia. Makanan ini rupanya telah memikat banyak pecinta kuliner di Indonesia.

Bisnis waralaba yang satu ini sangat mudah kita temui di berbagai pusat perbelanjaan bahkan baru-baru ini, kebab telah banyak pula ditemukan di pinggir-pinggir jalan. Untuk memulai usaha ini kita hanya perlu menyediakan modal kurang lebih Rp 3.000.000. Namun ada juga yang membutuhkan modal hingga ratusan juta rupiah.

4. Takoyaki

Fried Chicken
Fried Chicken

Selain kebab, ada juga nih makanan asli dari negeri Jepang yang saat ini juga baru menjamur di mana-mana. Makanan ini ternyata juga cukup menarik perhatian banyak masyarakat Indonesia. Makanan unik yang satu ini berbentuk bola-bola yang terbuat dari gurita. Satu porsi makanan unik ini biasa dihargai hanya dengan Rp 10.000 saja. Nah jika tertarik ingin membuka bisnis yang satu ini maka kita hanya cukup untuk mengeluarkan modal sebesar Rp 3.200.000 saja. Murah bukan?

Masih banyak lagi contoh bisnis franchise lainnya yang dapat menjadi referensi bagi kalian yang berniat akan membuka bisnis sendiri, bisa klik link ini untuk mendapatkan 30 Bisnis Waralaba. Jangan lupa pilih sesuai dengan minat kalian ya.. dan tentukan tempat yang paling strategis untuk menjalankan bisnis waralaba ini.

Sebuah usaha akan menjadi berkembang dan besar jika kita terus mengelolanya dengan baik. Ditambah lagi inovasi-inovasi menarik lainnya yang akan lebih banyak lagi menarik hati masyarakat sekitar kita. Semoga sukses teman.. dan jangan lupa simak terus artikel menarik kita lainnya hnya di elrajab.com.

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Tinggalkan Balasan

× Kirim Pesan