ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Tips Presentasi Bisnis Agar Investor Tertarik

1 min read

Presentasi Bisnis – Mempunyai suatu proyek dalam bisnis yang menarik menjadi tugas bagi para pengusaha. Bagi perusahaan yang sedang membutuhkan investor, tentu harus melakukan presentasi. Investor tidak akan memberinya uang secara cuma-cuma apalagi untuk bisnis yang belum jelas tujuannya.

Mendapatkan uang kaget atau dana segar dalam jumlah banyak merupakan makanan yang lezat bagi pengusaha. Tentunya hal ini dapat diperoleh jika dalam mempresentasikan bisnis dilakukan dengan baik sehingga investor akan tertarik.

Nah, berikut beberapa tips agar presentasi yang Anda lakukan dapat berjalan baik dan menarik agar Investor tertarik.

Tips Agar Presentasi Bisnis Menarik

10 menit presentasi

Gunakanlah waktu presentasi sebaik mungkin. Cukup 10 menit saja dan jangan terlalu lama. Waktu yang terlalu lama akan membuat investor malas mendengarkan dan memberi uangnya.

Jika presentasi dilakukan dengan menggunakan slide power point, maka usahakan jangan terpaku dalam satu slide saja. Pindahlah ke slide lain dengan durasi sekitar 2-3 menit pada setiap slidenya.

Pakaian yang meyakinkan

Pepatah jawa mengatakan “ajining raga saka busana”. Isi dari dalam diri seorang dapat digambarkan dari busana yang dipakainya. Kenakanlah pakaian yang rapi dan meyakinkan akan kemampuan Anda.

Gambarkan profesionalitas melalui pakaian yang dikenakan. Kerapian dalam berbusana akan sangat mendukung presentasi menjadi lebih menarik.

Baca Juga: Cara Bisnis Online Tanpa Modal

Profil perusahaan

Jelaskan profil perusahaan secara jelas seperti bergerak di bidang apa perusahaannya ataupun capaian yang pernah didapatkan oleh perusahaan. Jelaskan profit dari perusahaan sebaik mungkin. Penjelasan profil perusahaan membuat hati investor lebih yakin untuk menginvestasikan uangnya.

Penjelasan yang fokus

Berikan penjelasan pada presentasi bisnis tentang  bisnis yang akan dijalankan. Melalui prosesnya bagaimana, kedepannya seperti apa, dimana marketplacenya hingga seberapa besar profitnya.

Investor juga menginginkan keuntungan, baik dalam bentuk bagi hasil maupun pembagian kepemilikan perusahaan. Penjelasan yang jelas akan membuat investor semakin yakin.

Bangunlah hubungan emosional

Dalam mempresentasikan bisnis juga perlu adanya hubungan emosional. Bangunlah hubungan emosional yang baik. sehingga investor akan merasa terinspirasi dengan bisnis yang ditawarkan.

Uraikan strategi pemasaran

Jantung dari bisnis adalah pemasaran. Suatu bisnis akan berhasil jika strategi pemasarannya tepat dan tidak salah langkah. Dengan menguraikan strategi pemasaran yang jelas akan membuat investor semakin tertarik karena kedepannya bisnis tersebut mempunyai keuntungan yang cerah.

Jelaskan mekanisme pengembalian modal

Jelaskan mekanisme pengembalian modal dalam presentasi bisnis. Bagi dunia bisnis, modal menjadi point terpenting yang tidak dapat digantikan. Suatu usaha dikatakan berhasil apabila dapat mengembalikan modal dan mendapatkan laba dari usahanya tersebut.

Tentunya investor perlu mengetahui bagaimana bisnis tersebut dapat mengembalikan modal yang artinya sudah pasti mendapatkan keuntungan.

Jangan terlalu kaku

Gunakanlah bahasa yang lebih fleksibel dan jangan terlalu kaku. Ceritakan saja apa yang akan dilakukan dengan santai. Namun tetap menjaga kesopanan dan etika berbicara sehingga calon investor tetap merasa dihargai.

Baca Juga: Contoh Cara Membuat Bisnis Plan

Siapkan antisipasi jawaban

Sebelum melakukan presentasi bisnis, lakukanlah persiapan apa saja yang kemungkinan akan terjadi. Siapkan jawaban-jawaban pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh calon investor dengan baik. sehingga pada saat presentasi, tidak perlu memikirkan jawaban apa untuk pertanyaan tersebut.

Demikian beberapa tips agar presentasi Anda dapat membuat investor tertarik. Jika pada awal presentasi investor sudah malas memperhatikan, maka ubahlah gaya presentasi menjadi semakin menarik. Namun jika investor mempunyai segudang pertanyaan, itu berarti investor sudah mulai tertarik dengan tawaran bisnis Anda. Selamat mencoba!

Penulis, Fajrin

Pendiri: AnakDagang.com

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.
× Kirim Pesan