Ini Wisata Alam Jawa Tengah yang Harus Kamu Tahu!

Wisata Alam Jawa Tengah – Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di tengah-tengah pulau jawa. Di daerah ini tidak hanya makanan khas Jawa tengah yang sangat terkenal.  Jawa tengah juga kaya akan kekayaan wisatanya. Salah satunya yaitu wisata alam. Wisata alam di jawa tengah tidak boleh kamu lewatkan ketika kamu berkunjung. Apa saja sih wisata alam yang berada di Jawa Tengah ? yuk simak ulasannya

1. Wisata Alam Jawa Tengah Karimun Jawa

Wisata bawah laut merupakan salah satu wisata alam di Jawa Tengah. Wisata bawah laut, merupakan wisata alam yang sangat unik. Karena dengan wisata bawah laut, kamu dapat melihat keindahan bawah laut yang menakjubkan. Oleh karena itu, wisata bawah laut paling banyak diminati.

wisata alam jawa tengah

Di Jawa Tengah sendiri terdapat banyak wisata bawah laut. salah satunya wisata bawah laut di jawa tengah yaitu karimunjawa.

Karimunjawa merupakan salah satu wisata alam bawah laut di Jawa Tengah. Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan yang terletak di sebelah utara Jawa Tengah. Pulau karimunjawa adalah tempat berkumpulnya berbagai macam terumbu karang.

Selain itu, di karimunjawa juga terdapat berbagai macam hutan mangrove yang sangat indah dan menakjubkan. Sehingga, selain menikmati keindahan bawah laut kamu juga bisa menikmati keindahan hutan mangrove di karimunjawa ini.

Baca Juga: Beberapa Wisata Alam Di Malang Yang Wajib Kamu Kunjungi

2. Wisata Alam Jawa Tengah Dataran Tinggi Dieng

Selain makanan khas Dieng yang terkenal, Dieng juga mempunyai wisata alam bawah laut, salah satu wisata alam di jawa tengah yang dapat kamu kunjungi yaitu dataran tinggi. Hawa yang sejuk, pemandangan pepohonan yang indah dapat kamu nikmati ketika berada di dataran tinggi. Di jawa tengah sendiri, salah satu wisata alam dataran tinggi yang banyak dikunjungi yaitu Dataran Tinggi Dieng.

wisata alam di jawa tengah

Dataran Tinggi Dieng merupakan wisata alam dataran tinggi yang terletak di kabupaten banjanegara dan kabupaten wonosobo, Jawa Tengah. Tepatnya , dataran tinggi dieng berada di sebelah barat gunung Sindoro dan gunung Sumbing.

Ketika berada di dataran tinggi dieng, kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah. Di dataran tinggi ini, terdapat kawah atau danau vulkanik yang sering memunculkan berbagai warna seperti hijau, biru dan lembayung.

Selain panorama yang indah, di Dataran Tinggi dieng juga terdapat bangunan bersejarah seperti kompleks candi dan museum bersejarah.

3. Wisata Alam Jawa Tengah Gunung Merbabu

Salah satu wisata alam di Jawa Tengah yaitu Gunung. Gunung merupakan tujuan wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Di Jawa Tengah, terdapat berbagai macam wisata alam gunung yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi. Salah satu wisata alam gunung di Jawa Tengah yaitu Gunung Merbabu.

wisata alam jawa tengah

Jika kamu hobby mendaki, gunung merbabu merupakan salah satu wisata alam di jawa tengah yang tidak boleh kamu lewatkan saat berunjung. Gunung merbabu terletak di tiga daerah diantaranya yaitu kabupaten magelang, boyolali, semarang dan kota salatiga.

Saat kamu melakukan pendakian di Gunung merbabu, kamu akan disuguhkan berbagai macam pemandangan yang sangat indah. Kamu pun bisa mengambil banyak foto ketika berada di gunung merbabau ini.

4. Wisata Alam Jawa Tengah Pantai Nampu

Ombak yang tenang, pemandangan pasir yang indah, serta keindahan hutan mangrove, membuat pantai merupakan wisata alam yang paling banyak dikunjungi. Pantai merupakan salah satu wisata alam di jawa tengah. Pantai yang ada di jawa tengah tidak kalah menarik dengan pantai yang terdapat di daerah lain, salah satu wisata pantai di jawa tengah yaitu Pantai Nampu.

wisata alam jawa tengah

Jika berada di Jawa tengah, tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke pantai nampu. Pantai ini terletak di Wonogiri, Jawa Tengah. Jika ke pantai nampu kamu akan disuguhkan pemandangan pasir putih yang luas serta keindahan pantai yang sangat eksotis. Sambil menikmati alam jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Wonogiri yang dijamin enak.

5. Pemandian Air Panas Baturaden Banyumas

Wisata alam ini sangat populer dikalangan masyarakat. Daerah yang terkenal dengan bahasa ngapaknya ini menjadi primadona wisatawan dari luar kota. Wisata Baturaden ini snagat indah sekali dan dapat menjadi objek wisata keluarga atau bareng teman waktu libur.

wisata alam jawa tengah

Wisata alam Baturaden ini berada di selatan kaku gunung Slamet. Ketika berada di objek wisata Baturaden juga bisa melihat pemandangan kota Purwokerto. Salah satu tempat yang sangat menarik di Baturaden adanya tempat pemandian air panasnya. Jika ingin kesana silahkan pakai google maps bagi yang belum pernah kesana yaitu  berada di kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia.

Baca Juga: Tempat Wisata Alam Magelang Terbaru dan Menakjubkan

6. Air Terjuan Grojogan Sewu

wisata alam jawa tengah

Tempat wisata alam Grojogan Sewu berada di Karangayar tepatnya di Tawangmangu. Disana terdapat air terjun yang sangat indah yang dikelilingi oleh pemdangan yang sangat indah dan sejuk. Tempat wisata ini juga terdapat banyak sekali kera yang berkeliaran. Jika kesana jangan lupa untuk hati-hati dengan barang bawaan karena ditakutkan akan dicuri oleh kera.

7. Tempat Selam Umbul Ponggok

Nah ini yang sekarang sedang tranding di medisa sosial. Tempat menyelam yang sangat jernih airnya yang dapat digunakan untuk selfi di dalamnya. Tempat wisata ini berada di Klaten Jawa Tengah. Silahkan jika ingin berkunjung untuk siapkan kamera terbaik untuk menyelam sambil selfi.

wisata alam jawa tengah

Demikian beberapa wisata alam Jawa Tengah yang sangat populer tahun ini. Jangan lupa untuk selalu membawa perlengkapan pribadi jika akan berlibur yaa!. Manfaatkan waktu libur untuk berkumpul dengan keluarga dan hilangkan pikiran yang membuat stress. Terima kasih sudah berkunjung kesini semoga bermanfaat.

Leave a Reply