Kumpulan Makanan Khas Padang yang Terpopuler di Indonesia

2 min read

Cancang

Makanan Khas Padang – Padang merupakan salah satu kota di Sumatera Barat yang terkenal dengan masakan Padangnya. Bahkan di seluruh pelosok negeri pasti ada rumah makan Padang yang membuat semua orang tergiur. Makanan khas Padang yang nikmat dan bikin lidah bergoyang salah satunya adalah rendang. Masakan khas Padang identik dengan makanan yang sangat pedas karena memang disana orangnya suka makanan yang pedas. Berbeda dengan makanan di Jawa yang suka makanan yang manis dan gurih.

Jika sedang ke Padang jangan lupa untuk mampir di warung makan khas Padang yaa!. Tetapi jika jauh dengan Padang sekarang makanan khas Padang sudah banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Lantas apa sajakah makanan khas Padang selain rendang yang rasanya nikmat dan bikin lidah bergoyang? Berikut ini ulasan lengkap terkait hal tersebut.

1. Makanan Khas Padang Sate Padang

makanan khas padang

Selain rendang, sate Padang menjadi kandidat pertama makanan khas dari Padang yang nikmat dan bikin lidah bergoyang. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dipotong dadu, kemudian ditusuk dan dibakar diatas bara api. Lantas apa bedanya sate Padang dengan sate pada umumnya? Perbedaannya hanya terletak pada bumbu atau kuah sate itu sendiri. Sate Padang menggunakan kuah yang hampir mirip seperti kare.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Lampung Yang Rasanya Nikmat, Kamu Pasti Ketagihan!

2. Makanan dari Padang Dendeng Balado

makanan khas padang

Dendeng balado merupakan makanan khas dari Padang yang berbahan dasar daging yang telah dikeringkan. Hal ini juga sebagai cara pengawetan makanan yang sangat efektif. Apalagi dengan sentuhan rempah – rempah yang sangat kuat dan pekat, akan membuatnya semakin nikmat dan bikin lidah bergoyang.

3. Kuliner Khas Padang Soto Padang

Soto Padang

Tidak hanya sate Padang, ternyata Padang mempunyai makanan khas Padang lainnya yaitu Soto Padang. Soto Padang terbuat dari irisan daging sapi yang khas, serta teksturnya yang empuk dan lezat akan membuat lidahmu bergoyang loh. Rasa rempah – rempah yang ada dalam soto Padang akan menghasilkan sensasi yang berbeda dibandingkan dengan soto khas wilayah lainnya.

4. Makanan Khas Padang Ikan Balado

Ikan Balado

Masakan khas Padang selanjutnya adalah ikan balado. Jenis makanan ini memiliki rasa yang pedas dan manis jadi satu, dimana hal tersebut merupakan perpaduan yang khas. Namun tidak hanya wisatawan domestik saja yang menyukainya, ternyata kebanyakan wisatawan asal Malaysia dan Singapura sangat menikmatinya loh.

5. Makanan Khas Padang Gulai Itiak

Gulai Itiak

Apa itu gulai itiak? Makanan khas ini berbahan dasar bebek yang diolah menjadi sebuah gulai yang mirip seperti gulai pada umumnya. Untuk memasak gulai itiak, kamu hanya memerlukan beberapa bumbu seperti kunyit, jahe, laos, daun jeruk, daun salam dan sebagainya. Selain itu, tambahan cabai hijau juga akan menambah rasanya semakin nikmat dan bikin lidah bergoyang.

6. Makanan Khas Padang Karupuk Sanjai

kerupuk sanjai

Karupuak sanjai merupakan makanan khas Padang yang berbahan dasar singkong. Singkong yang biasanya dikukus, kemudian diolah menjadi sebuah keripik yang memiliki banyak varian rasa yang tentunya nikmat. Varian rasa tersebut adalah mulai dari tawar, asin dan juga pedas. Kebanyakan orang memilih rasa pedas, karena lebih menggoda dan bikin lidah bergoyang pula dengan kelezatannya.

Baca Juga: Inilah 10 Makanan Khas Palembang yang Ngangenin, Apa Saja?

7. Makanan Khas Padang Cancang

Cancang

Makanan khas dari Padang selanjutnya adalah cancang. Makanan ini terbuat dari daging kambing cincang yang dimasak dengan santan dan juga bumbu rempah – rempah hingga daging menjadi empuk. Dengan komposisi cabai yang lumayan banyak, membuat makanan ini menjadi cukup pedas dan sangat nikmat untuk dimakan bersama nasi hangat.

8. Makanan Khas Padang Teh Talua

Teh Talua

Tidak lengkap rasanya berkuliner makanan khas Padang, namun tidak memilih minuman yang khas pula. Teh talua adalah minuman yang sangat cocok untuk dinikmati saat sore hari di Padang. Teh talua tidak hanya berasal dari teh saja, namun terdapat campuran seperti kuning telur ayam atau bebek, perasan jeruk nipis dan gula. Tertarik untuk mencobanya?

9. Kuliner Khas Padang Gulai Tauco

Gulai Tauco

Makanan yang satu ini mungkin masih jarang didengar dengan masyarakat kita. Gulai Tauco merupakan makanan khas Padang yang sangat enak dan memiliki aroma yang sangat enak.

Gulai tauco terbuat dari buncis, udang , dan tahu dengan dipadu dengan rempah-rempah yang sangat pilihan. Silahkan mencoba masakan yang satu ini di kedai masakan khas Padang di berbagai wilayah Indonesia.

10. Masakan Khas Padang Gulai Banak

Gulai Banak

Makanan yang satu ini berbeda dengan yang lain. Kuliner khas Padang ini terbuat dari otak Sapi yang dipotong-potong menjadi kecil atau sesuai selera. Makanan Gulai Banak berasal dari Minangkabau. Sangat tidak dianjurkan untuk penderita kolesterol tinggi. Gulai Banak dimasak dengan santan dan bumbu gulai. Silahkan mencicipi masakan yang satu ini yaa di jamin bakal nambah lagi,,hehe

Baca Juga: 10 Resep Cara Membuat Seblak Sederhana dan Rasanya Dijamin Mantap

Demikian makanan khas Padang yang Terpopuler di Negara Indonesia. Jangan lupa untuk membaca makanan khas daerah Batak yang terpopuler juga. Lestarikan sajian kuliner Nusantara kita dari Sabang sampai Merauke agar anak cucu kita dapat menikmatinya.

× Kirim Pesan