Kumpulan Puisi Guru Terbaru yang Sangat Menyentuh Hati

Puisi Guru – Guru adalah sosok yang banyak memiliki jasa dalam dunia pendidikan. Bahkan dalam istilah jawa guru juga diartikan sebagai orang yang di gugu lalu ditiru yang dalam bahasa Indonesia artinya ialah dipercaya dan di contoh. Guru jika dalam bahasa Sansekerta memiliki arti secara harfiah ialah “berat” seorang pengajar suatu ilmu. Guru juga menjadi salah satu faktor terciptanya generasi penerus bangsa yang berkualitas. Kualitas suatu generasi tentunya tidak hanya dari sisi intelektualitas saja melainkan juga berdasar tata cara berperilaku di dalam masyarakat. Karena sebab itulah tugas yang diemban oleh seorang guru bukanlah hal yang mudah. Seorang guru tentunya merupakan profesional yang memiliki tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi para peserta didiknya.

Guru berperan pada pendidikan anak di jalur pendidikan formal. Profesi guru berhubungan erat dengan kualitas sumber daya manusia yang dibentuknya. Karena hal itulah, kepiawaian seorang guru menjadi hal yang paling utama dalam menentukan kualitasnya dalam mengajar. Guru yang tidak profesional maka akan menghasilkan peserta didik yang kurang berkompeten pula. Hal itu karena guru lah yang dijadikan siswa sebagai panutan nya. Jika seorang guru profesional dan mencontohkan perilaku yang baik pada siswa maka siswa juga akan berperilaku baik, begitupun sebaliknya. Meski bagaimanapun, kita sudah sepatutnya jika menghargai jasa guru yang teelah mendidik kita. Sebagai bentuk apresiasi terhadap guru anda bisa menghadiahkan sebuah puisi guruku tersayang.

Beberapa contoh puisi guru berikut bisa anda jadikan referensi dalam membuat puisi untuk guru anda tersayang.

Puisi Guruku Pahlawanku

puisi guru

Tidak asing kita mendengar bahwa guru sering disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Hal itu karena guru lah yang berjasa dalam mencerdaskan putra-putri bangsa ini tanpa mengharap imbalan apapun dari peserta didiknya. Tentunya tanpa guru seorang murid juga tidak akan bisa mendapatkan ilmu yang seharusnya. Memang ilmu dan pelajaran bisa kita dapatkan dimana saja namun guru lah yang berperan untuk memahamkan kita pada suatu hal tersebut. Hal itu pula yang menjadikan guru sebagai pendidik harus bisa menjadi tokoh panutan bagi para peserta didik maupun lingkungannya.

Guru tentunya harus memiliki standar bukan hanya pada bidang yang mereka ajarkan saja. Namun seorang guru tentunya juga harus bisa bersikap, berperilaku dan bertindak selayaknya tokoh yang memang layak di tiru oleh peserta didiknya. Hal itu tentunya dilakukan agar murid yang diajar pun juga sesuai dengan yang diharapkan. Bagaimanapun guru adalah sosok yang menjadi panutan para peserta didiknya. Berikut merupakan contoh puisi guruku pahlawanku yang bisa diberikan pada guru anda.

Guruku Pahlawan ku

Andai kata matahari tiada

Dunia akan beku dan bisu

pelangi tiada akan pernah terpancar

kehidupan tiada akan pernah terlaksana

Di saat titik kegalauan menghampiri

Terlihat setitik cahaya yang kami cari

Yang nampak dari sudut-sudut bibirmu

Dan gerak-gerik tubuhmu

Engkau sinari jalan-jalan kami yang buntu

Yang hampir menjerumuskan masa sepan kami

Engkau terangi kami dengan lentera ilmu mu

Yang tiada akan pernah sirna di terpa angin usia

 

Guru……..

Engkau pahlawan yang tak pernah mengharapkan balasan

di saat kami tak mendengarkan mu

Engkau tak pernah mengeluh dan menyerah

Untuk mendidik kami

Darimu kami mengenal banyak hal

Tentang mana warna yang indah

Tentang garis yang harus di lukis

Juga tentang kata yang harus dibaca

Engkau membuat hidup kami berarti

 

Guru……

Tiada kata yang pantas kami ucapkan

Selain terima kasih atas semua jasa-jasa mu

Maafkan kami bila telah membuatmu kecewa

Jasa-jasa mu akan kami semat abadi sepanjang hidup kami

Terima kasih guruku, engkau pahlawan

Puisi Guru Singkat

puisi guru

Pendidik atau guru merupakan pelita yang terpancar di segala zaman, tanpa pendidik niscaya manusia tidak akan bisa menjadi se modern ini. Tidak bisa di pungkiri lagi bahwa kedudukan guru sangatlah penting dalam dunia pendidikan. Tanpa adanya seorang guru, maka tidak akan mungkin ada pendidikan yang semakin berkembang seperti saat ini. Bahkan tanpa ada guru ilmu yang ada juga tidak akan bisa tersampaikan dengan baik meskipun telah banyak buku pembelajaran yang beredar di tengah masyarakat. Anda bisa berikan puisi guru singkat sebagai bentuk apresiasi jasa guru yang telah memberikan ilmu pada anda.

Guruku

 

Bagaikan cahaya di gelap malam

Bagaikan tetes embun di padang gersang

Kehadiranmu..

Leburkan ilmu dalam benakku

Guruku..

Kasih sayang,

ketulusan Kelembutanmu..

tanpa pamrih

Kau memimbingku

Dari tak tahu apa-apa

Kini aku hampir tahu segalanya

Guruku

Padamu aku berguru

Padamu aku meniru

Puisi Guruku Tersayang

puisi guru

Peranan guru sebagai seorang pengajar secara tidak langsung menuntut bahwa setiap guru harus memberikan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman lain diluar fungsi sekolah. Hal diluar pelajaran sekolah yang bisa diberikan guru seperti perkawinan dan kehidupan keluarga, tingkah laku pribadi dalam bersikap dengan sesama, spiritual, dan memilih pekerjaan di masyarakat.  Guru tidak hanya bertugas untuk memberikan ilmu pengetahuan saja namun juga bisa memberikan pendidikan tentang tingkah laku sosial anak.

Guru berperan aktif dalam membantu peserta didik yang sedang berkembang, peran seorang guru adalah membantu peserta didik dalam mempelajari sesuatu yang belum diketahuinya, membentuk kompetensi, dan memahami materi standar yang harus dipelajari. Besarnya jasa seorang guru bisa kita apresiasi melalui sebuah puisi guruku tersayang. Meski tidak bisa membalas seluruh jasanya namun setidaknya bisa membuat guru tersayang merasa lebih dihargai.

Penolong Dalam Kegelapan (Guru)

 

Sosok yang tanpa mengenal lelah .

Sosok yang menindas perlakuan kasar yang dilontarkan siswa-siswi kepadanya .

Sosok yang berlangkah tegap dan tegas walaupun kening dan pipi mereka sudah mulai memancarkan kekusutan dari raut wajahnya .

 

Wahai guruku ..

Kau telah memberi warna pelangi didalam kehidupan kami.

7 warna yang telah berkumpul menjadi satu paduan .

7 kesempurnaan yang telah kau berikan untuk bekal kami kelak dimasa yang akan datang

 

Kau mengajarkan yang Awal mulanya kami tidak mengenal huruf abjad sampai kami bisa menjadi orang-orang yang kalian harapkan , orang-orang yang sukses dan orang-orang yang telah menyandang gelar terhormat seperti kalian bahkan akan lebih dari pada itu .

 

Guru ..

Maafkan kami yang telah berbuat kesalahan kepada kalian .

Dari hal yang sekecil debu yang tak terlihat bahkan sampai kesalahan yang besar yang bisa terlihat dengan mata kasar .

 

Tak banyak serumpun do¡¯a yang kami panjatkan .

Semoga kalian guru-guru kami tetap sabar dalam membina dan mendidik kami dan menjadi lah PAHLAWAN tanpa tanda jasa dan mengajar tanpa mengenal kata LELAH .

Kami sayang kalian bapak dan ibu guru kami yang tercinta .

Puisi Guru 3 Bait

puisi guru

Sebagai seorang pendidik, tugas seorang guru tentunya bertanggung jawab dalam mendidik para murid nya hingga mereka mengerti. Tanggung jawab guru tidak hanya agar murid mengerti mengenai mata pelajaran semata namun, juga membuat murid bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Hal itu sangat penting karena pendidikan karakter nantinya akan dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat. Penyampaian materi seorang guru akan berbeda satu dengan yang lainnya. Bagaimanapun penyampaiannya namun maksud guru tersebut adalah ingin peserta didiknya menjadi manusia yang lebih baik lagi. Karena guru yang sukses adalah seorang guru yang mampu membuat muridnya menjadi orang hebat. Anda bisa memberikan puisi guru 3 bait sebagai bentuk rasa terima kasih pada guru anda.

Setetes Embun di Padang Pasir

Terima kasih tak terukur untukmu

Terima kasih tak terkira untukmu

Terima kasih sebesar-besarnya untukmu

Termia kasih sekali lagi untukmu

 

Kau telah memberikan jalan menuju kehidupan yang lebih baik buatku

Kau memberikan pertolongan sebelum aku membutuhkannya

Kau seperti cahaya dalam ruangan hampa nan gelap

Kau seperti setetes embun di padang pasir

 

Terima kasih guruku

Terima kasih

Kau tak akan kulupakan

Jasamu akan abadi sepanjang hayat hidupku

Puisi Guru 4 Bait

puisi guru

Seorang guru juga berperan sebagai model atau contoh bagi setiap peserta didiknya. Setiap anak tentunya mengharapkan guru yang dapat dijadikan contoh atau model baginya. Sebagai contoh yang akan ditiru oleh peserta didik maka tingkah laku pendidik juga harus sesuai dengan norma-norma yang berkembang dan dianut oleh masyarakat, bangsa, dan negara. Sebagai guru dituntut untuk tidak hanya bicara saja, namun juga harus bisa melakukan apa yang dikatakannya. Jika hanya berkata namun tidak bisa melakukan maka orang yang di beri tahu pun juga tidak akan mau melakukannya. Sebagai bentuk rasa terima kasih pada guru anda bisa berikan puisi guru 4 bait pada beliau.

Pelangi Untuk Guru

 

Dia yang mengajariku selama ini

Dia yang menjadikanku seperti ini

Dia yang rela dititipkan seorang aku..

Benda kosong melompong yang saat itu hanya penuh nafsu

 

Lalu..

Ia anggap diriku layaknya selembar kertas putih

Dilukisnya warna-warna damai nan berarti

Putih, agar diriku berpikiran jernih

Emas, agar diriku bersinar cerah

Dan merah, agar hatiku penuh dengan semangat yang membara

 

Dan kini aku pun mengerti..

Dirinya yang telah membuat diriku penuh isi

Yang membuatku mengerti, bahwa hidup itu untuk dijalani

Dan yang membuatku bahagia memiliki warna-warna pelangi

 

Suatu saat nanti, aku akan kembali padanya..

Membalas budinya..

Melukiskan beribu pelangi yang pantas ia banggakan

Jasaya untukku takkan pernah tergantikan

Ku ucapkan terimakasih untukmu, pelita hatiku

Ku ucapkan terimakasih untukmu..

Puisi Guru pahlawan Tanpa Tanda Jasa

puisi guru

Bukan hal yang asing lagi bahwa setiap tanggal 2 mei akan diperingati sebagai hari pendidikan nasional. Hari yang digunakan untuk mengenang dan mengapresiasi jasa bapak pendidikan nasional yang telah berjuang demi kemajuan pendidikan negara ini. Dalam dunia pendidikan, peran seorang guru tindak akan pernah terlepas dari perannya dalam mendidik para muridnya sehingga menjadi manusia yang lebih baik. Karena itu guru dijuluki sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, yang memberi tanpa meminta pamrih. Anda bisa memberikan puisi guru pahlawan tanpa tanda jasa sebagai bentuk terima kasih untuk guru yang berperan dalam pendidikan anda.

Pahlawan Pendidikan

 

Jika dunia kami yang dulu kosong

tak pernah kau isi

mungkin hanya ada warna hampa, gelap

tak bisa apa-apa, tak bisa kemana-mana

tetapi kini dunia kami penuh warna

 

Dengan goresan garis-garis, juga kata

yang dulu hanya jadi mimpi

kini mulai terlihat bukan lagi mimpi

itu karena kau yang mengajarkan

tentang mana warna yang indah

tentang garis yang harus dilukis

juga tentang kata yang harus dibaca

 

Terima kasih guruku dari hatiku

untuk semua pejuang pendidikan

dengan pendidikan lah kita bisa memperbaiki bangsa

dengan pendidikan lah nasib kita bisa dirubah

 

Apa yang tak mungkin kau jadikan mungkin

hanya ucapan terakhir dari mulutku

di hari pendidikan nasional ini

gempitakanlah selalu jiwamu wahai pejuang pendidikan Indonesia

Puisi Guru Singkat Menyentuh Hati

puisi guru

Guru tentunya menjadi orang yang berjasa dalam menjadikan putra-putri bangsa lebih cerdas dan tentunya membuat mereka bisa mengetahui banyak hal yang sebelumnya belum diketahui. Karena tanpa bantuan seorang guru, murid juga akan merasa kesusahan dalam mempelajari sebuah hal baru. Guru lah yang bertanggung jawab dalam mengajarkan berbagai hal baru pada peserta didiknya. Bahkan guru secara tidak langsung juga menjadi panutan bagi para peserta didiknya. Jika guru berkelakuan baik maka hal baik tersebut juga yang akan ditiru oleh murid-muridnya. Sebagai seorang murid tentunya menghormati seorang guru adalah sebuah kewajiban. Berikut merupakan contoh puisi guru singkat menyentuh hati yang bisa anda jadikan hadiah bagi bapak-ibu guru yang telah berjasa membagikan ilmunya.

Salam Rindu untuk Guru

 

Guru,

Kau bimbing kami tulus

Kau didik dengan sabar

Setiap letih lelah

Tak kau hiraukan

 

Guru,

Tak bisa ku membalas semua jasa

Kau berikan

Setiap keluh kesah

Setiap tetesan keringat

Kami tetap acuhkanmu

 

Guru,

Di sini tempat ilmu

Kami berharap ridho dan ampunanmu

Berbakti tuk negara dan agama

Menjadi generasi yang Rabbani

 

Terima kasih, Guru

Bekal ilmu yang telah kau berikan

Terima kasih atas kesabaranmu

Hanya beribu maaf yang dapat terucap dari kami

Agar keikhlasan bersama langkah kami

Salam rindu kami untukmu, Guru…

Puisi Guru Singkat 2 Bait

puisi guru

Guru tentunya berperan dalam mendidik putra-putri bangsa agar bisa menjadi generasi yang berwawasan luas. Diluar hal tersebut, seorang guru juga harus bisa berkedudukan sebagai teman bagi peserta didiknya. Hal itu dilakukan agar peserta didik merasa lebih nyaman saat harus bercerita dengan gurunya, tetapi juga tetap bisa menempatkan dirinya sebagai murid yang hormat pada gurunya. Karena dengan keterbukaan murid terhadap guru maka masalah siswa pun juga akan bisa terselesaikan dengan lebih baik. Puisi guru singkat 2 bait bisa menjadi pilihan untuk berterima kasih pada guru anda.

GURUKU

 

Suci dan ikhlas pemberian mu

Dari kami buta menjadi tau

Suci dan ikhlas pengorbanan mu

tiada ternilai jasa baik mu

Engkau laksana lampu dalam kegelapan

Yang menerangi alam kalbuku

Engkau bagaikan angin

Yang selalu berbisik tentang kebaikan

 

Namamu selalu bergelora

Dalam hatiku

Jasa dan benih yang engkau tanam

Kini telah tumbuh bersemi

Terpujilah engkau wahai guruku pahlawan hidupku

Puisi guru tersebut bisa anda gunakan sebagai hadiah kecil kepada bapak-ibu guru anda. meski hal tersebut tidak akan bisa membalas jasa yang telah diberikan namun setidaknya bisa menghibur beliau. Bagaimanapun guru adalah sosok orang tua ketika sedang berada di sekolah, karena itu kita harus menghormati selayaknya menghormati orang tua sendiri. Peran guru dalam dunia pendidikan juga bukanlah hal yang mudah karena guru bertanggungjawab kepada para peserta didiknya. Bukan hanya bertanggung jawab dalam mendidik secara pelajaran namun juga perilaku para peserta didiknya. Selain dengan puisi bisa juga dengan karya lainnya seperti pantun untuk guru tercinta.

Leave a Reply