Daftar Makanan Khas Malaysia yang Bikin Ketagihan, Apa Saja?

Makanan Khas Malaysia – Malaysia merupakan negara tetangga terdekat yang bisa dijangkau dari Indonesia. Karena serumpun, bahkan bahasa yang digunakan juga hampir sama. Banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi disana, seperti Menara Petronas ataupun wisata kuliner yang sangat beragam.

Berkunjung ke Malaysia memang tidak lengkap jika tidak berwisata kuliner mencoba makanan khas Malaysia yang terlihat menggiurkan. Berikut ini merupakan daftar makanan khas Malaysia yang akan bikin kamu ketagihan, apa saja ?

1. Makanan Khas Malaysia Nasi Lemak

makanan khas malaysia
www.khasiat.co.id

Nasi lemak merupakan salah satu makanan khas Malaysia yang paling populer dan bisa bikin ketagihan loh! Makanan ini sangatlah familiar, karena bisa ditemukan pula di beberapa restoran di Indonesia. Namun pastinya beda jika kita merasakannya di tempat asalnya bukan?

Nasi lemak terbuat dari nasi yang telah direndam dalam santan kelapa, kemudian dikukus hingga dirasa cukup matang. Tidak hanya berakhir sampai disitu, nasi lemak ini diberi tambahan beberapa rempah seperti pandan, jahe dan sereh untuk memberikan aroma yang khas. Nasi lemak biasanya disediakan dengan irisan telur rebus, ayam goreng, tumis kangkung dan sambal sotong. Dengan rasanya yang gurih nan lezat pastinya akan membuatmu ketagihan.

2. Makanan Khas Malaysia Nasi daun pisang

makanan khas malaysia
www.butterkicap.com

Nasi daun pisang dulunya memang berasal dari India, namun seiring berjalannya waktu sudah menjadi makanan khas Malaysia yang pastinya bikin kamu ketagihan. Dinamakan nasi daun pisang karena memang penyajiannya yang dibungkus dengan daun pisang. Makanan ini terdiri dari nasi putih dengan bumbu kari yang disajikan bersama beragam lauk, seperti rendang kambing, rendang ayam dan sayuran.

3. Makanan Khas Malaysia Asam Laksa Penang

makanan khas malaysia
www.123rf.com

Tidak hanya Singapura yang memiliki makanan khas bernama laksa, Malaysia pun punya. Kuliner khas Malaysia yang satu ini dinamakan asam laksa penang, yaitu terdiri dari bihun yang disiram dengan kuah kental asam pedas, serta ditaburi dengan topping ikan makarel, selada dan mentimun yang membuatnya semakin menggiurkan.

4. Makanan Khas Malaysia Murtabah

makanan khas malaysia
justbejillian.wordpress.com/

Pernahkah mendengar makanan bernama murtabah? Makanan khas Malaysia ini hampir sama dengan martabak telur yang ada di Indonesia. Rasanya pun tidak jauh berbeda dan tidak kalah enak dengan martabak telor abang – abang kaki lima di Jakarta loh! Makanan ini biasanya dijajakan pada malam hari di daerah Penang. Jika kamu orang Indonesia yang tinggal di Malaysia, maka tidak ada salahnya untuk mencoba murtabah ini untuk mengobati rasa kangen akan martabak telor khas Indonesia. Murtabah ini dijamin akan bikin kamu ketagihan!

5. Makanan Khas Malaysia Nasi kandar

makanan khas malaysia
restoranrosmutiara.blogspot.com/

Nasi kandar merupakan makanan khas yang berasal dari Malaysia selain nasi lemak yang rasanya sangat lezat. Makanan ini terdiri dari nasi putih yang disiram dengan kuah kari kental, serta dilengkapi dengan lauk pauk seperti cumi – cumi, ayam goreng, telur, jeroan dan juga udang goreng.
Selain itu, nasi kandar juga dilengkapi dengan sayuran seperti tumis kangkung, terong ataupun pare. Biasanya nasi kandar di jual di kedai makanan oleh pedagang keturunan India yang menetap di Malaysia.

6. Makanan Khas Malaysia Mee Siam

makanan khas malaysia
www.asianfoodchannel.com

Mee siam merupakan makanan khas Malaysia yang berbahan dasar bihun, dimana bihun tersebut akan disajikan dengan kuah asam pedas yang hampir mirip dengan kuah laksa. Pastinya mee siam akan sangat lezat apabila disajikan selagi hangat, serta diberi tambahan irisan telur dan ayam. Jika ingin menambahkan kesan segar dan sedap, kamu bisa menambahkan sedikit perasan jeruk nipis dan potongan daun bawang segar diatasnya.

Tinggalkan komentar