15 Makanan Khas Sukabumi yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Berkunjung

Makanan khas SukabumiSukabumi merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Sesuai dengan namanya, Sukabumi dalam bahasa Sanskerta memiliki arti Bumi yang disukai yang asalnya dari kata Suka dan Bhumi. Meskipun menjadi kota terkecil di Jawa Barat, kota ini memiliki daya tarik tersendiri dengan sejumlah wisata yang terkenal dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain destinasi wisata yang terkenal dan tidak boleh dilewatkan, ada juga makanan khas Sukabumi yang harus kamu coba. Berikut ini adalah 5 makanan khas Sukabumi yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung.

1. Makanan Khas Sukabumi Nasi Uduk Ungu

makanan khas sukabumi
www.youtube.com

Nasi Uduk Ungu ini adalah salah satu makanan khas Sukabumi yang tidak boleh dilewatkan. Kuliner satu ini cukup unik dan berbeda dengan nasi uduk yang biasa kita temui, di Sukabumi nasi uduk disajikan dalam warna ungu. Warna ungu dalam nasi uduk ini dihasilkan dari buah bit dan ubi, sehingga sangat sehat dan aman dikonsumsi karena menggunakan pewarna alami. Biasanya nasi uduk ungu ini disajikan berbagai macam lauk seperti ayam goreng kemiri, tempe, tahu, telur dadar tipis, lalap dan sambal.

2. Makanan Khas Sukabumi Surabi Sukabumi

makanan khas sukabumi
www.reresepan.com

Salah satu makanan khas dari Sukabumi adalah Surabi Sukabumi. Surabi memang sudah tidak asing bagi pecinta kuliner dan mungkin banyak ditemui pula di daerah-daerah lain seperti Solo atau Bandung. Tentunya setiap daerah tersebut memiliki kekhasan sendiri soal rasa.

Surabi Sukabumi ini yang paling terkenal adalah Surabi Durian. Bagi pecinta Durian, sepertinya kuliner satu ini wajib dicoba saat berkunjung ke Sukabumi. Salah satu tempat kuliner yang menyajikan menu Surabi Durian ini berada di Jalan Jenderal Soedirman, Sukabumi.

3. Makanan Khas Sukabumi Roti Priangan

makanan khas sukabumi
genpijabar.org

Roti Priangan merupakan salah satu makanan khas Sukabumi yang wajib kamu coba saat berkunjung. Roti Priangan ini memiliki beragam varian yang bisa kamu cicipi seperti roti manis, roti kepang, serta roti tandung yang memiliki isi mentega dan susu. Roti ini menjadi andalan karena dibuat tanpa bahan pengawet dan tentunya sehat.

Salah satu tempat produksi dari Roti Priangan ini terletak di Jalan Parigi Kel. Nyomplong Kec. Warudoyong, Sukabumi yang dikelola oleh generasi ketiga dari Oey Tjiang Lie. Roti Priangan termasuk makanan khas Sukabumi yang legendaris karena sudah ada sejak tahun 1943.

4. Makanan Khas Sukabumi Mochi Lampion

makanan khas sukabumi
www.bukalapak.com

Kuliner satu ini merupakan makanan yang konon dibawa oleh para tentara Jepang pada masa penjajahan, sehingga kini menjadi salah satu makanan khas Sukabumi. Mochi Lampion ini dibuat dari beras ketan yang ditumbuk halus yang selanjutnya dibentuk bulat.

Mochi Lampion ini mempunyai ciri khas dengan teksturnya yang lembut dan lengket, serta rasanya yang manis menjadi keunikan tersendiri. Di Sukabumi mochi Lampion juga biasa disebut dengan Mochi Kaswari. Pastinya kamu harus mencoba kuliner satu ini jika berkunjung ke Sukabumi.

5. Makanan Khas Sukabumi Sagon Bakar Ciaul

makanan khas sukabumi
www.bukalapak.com

Sagon Bakar Ciaul ini merupakan salah makanan khas Sukabumi yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung. Kuliner satu ini terbuat dari aci, kelapa dan bahan lainnya yang menghasilkan rasa yang gurih dan renyah. Sagon Bakar Ciaul ini memiliki beragam varian rasa seperti cokelat, original, kopi, keju dan lain sebagainya.
Bagi kamu yang sedang diet, Sagon Bakar Ciaul ini bisa menjadi pilihan camilan yang tepat karena rendah lemak, serta proses pembuatannya di oven sehingga lemak yang ada pada kelapa berkurang.

Tinggalkan komentar