Ciri-Ciri Kerupuk Kulit Sapi Asli dan Baik, Jangan Sampai Tertipu

Kerupuk merupakan salah satu makanan ringan atau camilan yang biasa kita jadikan teman santai kita sehari-hari. Tentu saja istilah kerupuk sendiri sudah tidak asing lagi kita dengar di telinga. Namun kerupuk ini banyak sekali macamnya, salah satunya adalah kerupuk kulit sapi atau biasa orang mengebutnya dengan rambak krecek.

Apa Itu Kerupuk Kulit /Rambak Krecek?

Rambak krecek ini merupakan salah satu camilan ringan yang berbahan dasar kulit sapi asli. Rambak krecek ini diolah dengan berbagai tahapan dan diberi bumbu rempah khas sehingga menjadikan kerupuk rambak ini memiliki rasa yang gurih, renyah, dan tentunya tanpa bahan pengawet.

kerupuk rambak

Kerupuk kulit yang telah diolah menjadi panganan lezat ini menjadi salah satu cemilan yang banyak diburu pelancong untuk dijadikan oleh-oleh. Tak hanya pendatang dari luar kota saja yang sangat tertarik dengan kerupuk renyah nan lezat ini, namun banyak dari masyarakat sekitar yang sangat menyukai camilan yang satu ini.

Oleh masyarakat sekitar, kerupuk rambak kulit sapi atau biasa mereka menyebutnya dengan sebutan Rambak Asin atau Rambak krecek ini dijadikan makanan wajib saat lebaran tiba. Hal tersebut sudah berjalan selama  beberapa tahun terakhir. Tak heran jika menjelang ramadhan dan lebaran tiba, banyak sekali orderan yang masuk bahkan hingga setelah lebaran pun masih banyak pembeli yang memburu camilan khas ini untuk dijadikan oleh-oleh ketika mereka kembali ke perantauan. Tidak hanya kerupuk rambak, keripik pisang juga ketika menjelang bulan Ramadhan atau lebaran meningkat drastis.

Baca Juga: Langkah Awal Cara Bisnis Online yang Mudah Bagi Pemula

Harga Kerupuk Kulit Sapi

Popularitas dari kerupuk kulit atau rambak krecek ini menyebabkan banyak produsen nakal yang sengaja membuat krupuk kulit sapi dari bahan baku limbah kulit yang tak layak konsumsi. Dari tampilannya sudah sangat berbeda. Perbedaan yang paling medasar adalah pada ukurannya.

harga kerupuk kulit

Kerupuk rambak kulit sapi yang berasal dari bahan dasar limbah kulit atau sisa-sisa kulit dari pembuatan krecek ini berukuran lebih kecil. Selain dari ukurannya kerupuk rambak palsu juga dapat dikenali dari rasanya yang asin, tipis, dan ketika dimakan tengahnya bolong. Bisa diibaratkan kita seperti makan angin.

Dari harganya juga sangat jauh berbeda. Jika kerupuk kulit asli biasa dibandrol dengan harga kisaran Rp 150 rb-190 rb/kg jauh berbeda dengan kerupuk rambak sapi palsu yang banyak dijual banting harga hampir separuh lebih dari harga aslinya. Bagi kalian penggemar kerupuk krecek kulit sapi, tentunya harus tau beberapa ciri-ciri rambak krecek asli agar tidak mudah tertipu dengan yang palsu. Yuk kenali ciri-ciri kerupuk rambak kulit sapi asli berikut ini!

Ciri-ciri Kerupuk Kulit Sapi Asli yang Harus Anda Tau!

Agar ketika membeli kerupuk kulit atau rambak tidak tertipu, sebaiknya kenali ciri-ciri kerupuk kulit yang asli sebagau berikut:

Permukaan Kulit Berpori-pori

Ciri-ciri rambak krecek asli yang pertama dapa kita lihat dari pori-pori yang terdapat pada permukaannya. Sehingga bagian permukaan kerupuk krecek ini jika diraba akan terasa kasar.

Kerupuk Kulit Asli, Warnanya Kecoklatan

Ciri-ciri rambak kulit yang asli selanjunta adalah warnya yang terlihat kecoklatan. Pada umumnya warna kulit sapi asli yang masih mentah dan kering adalah berwarna kecoklatan jadi tak heran jika warna kerupuk kulit matang juga akan berwarna kecoklatan. Jika kalian menemukan rambak krecek yang berwarna puith bersih itu biasanya sudah diberi pemutih pada pemrosesannya. Nah, jadi hati-hati dalam memilih ya!

Baca Juga: Tips Presentasi Bisnis Agar Investor Tertarik

Tidak Berbau Aneh Ketika Dikonsumsi

Karakteristik rambak krecek asli adalah tidak berbau menyengat ketika dikonsumsi. Jika kalian menemukan kerupuk kulit yang memiliki bau cukup menyengat berhati-hatilah, bisa jadi rambak krecek yang kalian makan adalah rambak krecek yang berbahan dasar dari limbah kulit sapi.

Saat digoreng Akan Mengembang Besar dan Padat

Nah ciri rambak krecek asli yang terakhir adalah ketika digoreng akan mengembang besar namun tetap padat ditengah.

Nah, itulah beberapa pengertian dan penjelasan tentang Kerupuk rambak Kulit Sapi Asli. Semoga artikel di atas dapat menambah wawasan kita tentang Kerupuk Kulit atau kerupuk krecek Sapi. Jangan lupa simak terus artikel kami selanjutnya!

Jika ingin order Kerupuk Kulit Sapi Khas Jogja bisa menghubungi:

TLP/WA: 082133159933

Tinggalkan Balasan