ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Contoh Naskah Drama Komedi 6 Orang Persahabatan yang Singkat

2 min read

contoh naskah drama

Contoh naskah drama – Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan drama, atau bahkan kerap menyaksikan pertunjukan drama lewat pentas seni, teater atau sebagainya. Drama sendiri merupakan sebuah jenis sastra untuk menggambarkan realita kehidupan manusia dengan gerak yang dipentaskan melalui gerak dan dialog.

Drama juga merupakan salah satu jenis seni akting dimana untuk mementaskan memerlukan sebuah naskah drama yang juga sebagai bahan dasar pementasan drama. Jenis drama sendiri bermacam-macam, ada drama komedi, tragedi, dagelan, dan masih banyak lagi.

Nah, berikut contoh naskah drama yang simple dan singkat atau pendek:

Contoh  Naskah Drama Komedi 6 Orang Persahabatan

contoh naskah drama
www.youtube.com

Contoh naskah drama berikut ini dengan judul “Cerita Ronda” bisa juga sebut sebagai contoh naskah drama komedi atau contoh naskah drama persahabatan. Berikut contoh naskah drama untuk 6 orang dengan tema komedi persahabatan:

Tema : Komedi Persahabatan

Tempat : Pos Ronda, Beranda Rumah

Waktu : Malam Hari

Karakter : Haris, Judan, Tora, Pak Lukman, Tia, Setyo

Sinopsis Drama:

Haris, Jodan dan Tora adalah sahabat sejak kecil yang masih akrab hingga mereka dewasa. Namun, Tora kakaknya Tia telah menikah lebih dulu daripada Haris dan Judan dan kini istri Tora tengah hamil tua untuk anak pertama mereka.

Pak Lukman sendiri adalah ketua RT di lingkungan ketiga sahabat itu. Setyo adalah adik dari Haris yang seluruh biaya sekolah dan kebutuhannya dicukupi oleh Haris.

contoh naskah drama
www.youtube.com

Dialog Drama:

Pada malam hari di sebuah desa ketika saatnya ronda, di pos ronda yang berukuran 2mx2,5m itu ada Haris yang tengah memainkan gitar dan di sampingnya ada Judan yang sedang bercermin di bawah remang lampu pos ronda. Mereka berdua sedang jaga ronda menggantikan ayah mereka. Tiba-tiba ada Tora datang dengan wajah bingung.

Judan : Ada apa kau calon bapak muda? Muka sudah seperti bohlam pos ronda saja,     SURAM!

Tora : kamu ini suka jujur kalau ngomong Jud

Haris : Ada masalah apa kamu?

Tora  : Kok kamu tahu kalau aku ada masalah?

Judan : Jangankan kita yang kawan kamu dari dulu, pocong keramas lewat juga tahu Ra

Tora : (diam sejenak) aku bingung nyari biaya istriku melahirkan nanti Ris

Haris : aku juga lagi bingung buat sekolah Setyo, mau jual kambing belum sempat ke pasar. Kamu dong Jud tolonglah titip jualkan ke pasar, tiap hari kan kamu ke pasar.

Lanjutan…

Tiba-tiba Pak Lukman datang ke Pos Ronda setengah berlari dari sebelah kiri pos.

Pak Lukman: Maaf ya telat datang, biasa nunggu istri merem dulu, haha

Haris   : kenapa gak sekalian nunggu tuyul besar aja Pak, haha (semuanya tertawa)

Di tengah obrolan mereka, tiba-tiba saja datang Tia dan Haris dengan tergopoh-gopoh.

Tia : Bang Tora ayo cepat pulang ! (dengan nafas tersengal-sengal)

Judan : Ada apa? Kalian duduk dulu sini biar akur sama tenang dulu. Setyo Kamu bilang tadi pagi masih musuhan sama Tia. Sudah akur?

Setyo : Bukan musuhan bang, Cuma marahan saja.

Akhirnya mereka duduk bersama dan mengobrol cukup lama, namun tiba-tiba Tora menanyakan maksud adik kecilnya yang menyusulnya ke pos ronda.

Tora : oh, ya. Kamu ada apa dek nyusul abang kesini? Besok sekolah kan?

Tia : (ia terperanjat ingat sesuatu) oh iya bang, Tia lupa, tadi Tia disuruh sama mbak Sari suruh manggilin bang Tora secepatnya, katanya ada yang pecah gitu, apanya ya?

Setyo : ke-ke-ketam, kutub, ketuban ! iya ketubannya pecah gitu bang

Semua : kok tidak bilang dari tadi? Malah ikutan duduk?

Sontak semuanya langsung berdiri dan langsung bergegas menuju rumah Tora. Namun tiba-tiba saja Tora berhenti.

Tora : Aduuuuuhhh (sambil memegang keningnya)

Pak Lukman : kok aduh Ra? Syukur alhamdulilah dong

Tora : biaya persalinannya dari mana Pak RT?

Haris : sudah pakai kambingku dulu, jangan dipikirkan

Lalu semuanya melanjutkan larinya dan Pak Lukman selaku Pak RT segera mengambil motornya untuk memanggil Bidan setempat.

Selesai

Contoh Video Drama:

https://www.youtube.com/watch?v=befiA9I_4qA

Nah, contoh naskah drama singkat di atas bisa Anda gunakan untuk pementasan drama bagi 6 orang. Adapun contoh naskah drama untuk anak sekolah, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, atau sesuai dengan tema.

Sedangkan contoh naskah drama lainnya, Anda juga bisa menyesuaikan peran sesuai jumlah orang, misal contoh naskah drama untuk 4 orang, contoh naskah drama untuk 5 orang, atau contoh naskah drama untuk 9 orang.

 

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.
× Kirim Pesan