Perbedaan Haji dan Umroh Secara Lengkap serta Persamaan

2 min read

perbedaan haji dan umroh

Memiliki urutan keempat penduduk terbesar di dunia yang mayoritas nya beragama Islam membuat negara kita menjadi negara penyumbang jamaah haji dan umroh terbesar di dunia. Tidak heran jika negara Arab banyak pedagang yang fasih menggunakan bahasa Indonesia. Mengingat banyak nya jamaah yang berasal dari negara Indonesia yang berbelanja dan membeli oleh-oleh sebelum kembali ke tanah air. Berbicara mengenai haji dan umroh pembahasan kali ini berfokus mengenai perbedaan antara haji dan umroh:

Perbedaan haji dan umroh

1. Waktu

Memang haji dan umroh sama-sama di laksanakan pada satu tempat yaitu Makkah. Namun perlu anda tahu perbedaan haji dan umroh yang kadang bagi orang yang masih asing dan awam kurang dapat membedakan. Contohnya perbedaan pada waktu pelaksanaan kedua ibadah tersebut untuk umroh anda dapat melaksanakannya sewaktu-waktu. Namun untuk ibadah haji anda hanya dapat melaksanakan pada tanggal 9 hingga 13 Zulhijah. Jadi ibadah haji tidak akan sah jika di lakukan diluar waktu tersebut dan berbeda dengan umroh yang dapat di lakukan kapan pun.

Sedangkan ibadah umroh bisa dilakukan sewaktu-waktu dan kapan saja tidak menjadi sebuah masalah dan tetap sah. Tentunya selain tanggal yang di makruh kan yaitu Arofah pada 9 Dzulhijah, hari nahar tanggal 10 Dzulhijah dan hari tasyrik yaitu tanggal 11, 12, 13 Dzulhijah.

persamaan haji dan umroh

2. Manasik (tata cara pelaksanaan)

Perbedaan haji dan umroh selanjutnya mengenai tata cara pelaksanaan masing-masing ibadah tersebut. Secara sederhananya dapat di katakan sebagai berikut, ibadah haji memiliki proses dan tata cara yang lebih banyak dari pada ibadah umroh. Sehingga pada garis besarnya seorang yang pernah melakukan haji tanpa melakukan umroh dalam hal ini praktik nya. Sudah dapat di katakan sudah melakukan tata cara melakukan ibadah umroh. Hal ini dikarenakan banyaknya prosesi yang harus di lakukan untuk melaksanakan ibadah haji tersebut.

Baca JugaSyarat dan Rukun Umroh dengan Penjelasannya Lengkap

3. Hukum

Perbedaan selanjutnya adalah masalah hukum pada kedua ibadah tersebut yaitu ibadah haji memiliki syarat hukum wajib bagi orang yang mampu melaksanakannya. Mengingat kata mampu ini memiliki tafsir yang cukup luas yaitu keluarga yang di tinggalkan saat melakukan prosesi ibadah ini sudah mampu menafkahi dirinya sendiri. Serta keluarga yang ditinggalkan sudah ikhlas sewaktu ditinggal oleh pelaku ibadah tersebut selang beberapa waktu. Sedangkan untuk ibadah umrah terdapat perbedaan dari beberapa ulama untuk menafsirkan hukum dari ibadah yang satu ini.

Beberapa ulama mengatakan ibadah umrah memiliki hukum yang wajib bagi mereka yang telah mampu. Sedangkan untuk yang lainnya mengatakan ibadah yang satu ini memiliki hukum sunnah muakad, yaitu sunnah yang di kokohkan. Sehingga hukumnya mendekati wajib namun masih tetap dalam rana sunnah. Namun sebagian masyarakat kita menggunakan ibadah umrah dengan tujuan ketika tidak sabar menuggu antrian haji. Karena kita ketahui bersama dalam proses pemberangkatan ibadah haji memiliki jangka waktu yang sangat lama.

Karena harus mengantri dan menunggu giliran untuk diberangkatkan ke tanah suci, hal ini karena terbatasnya kuota yang di berikan oleh pemerintah Arab. Jadi tidak semua calon jamaah haji dapat langsung berangkat ke tanah suci. Sehingga untuk mensiasati kondisi ini orang-orang menjadikan umroh sebagai pilihan untuk menunggu lamanya keberangkatan tersebut.

Persamaan Ibadah Haji dan Umroh

Banyak sekali umat Islam ilmu tentang haji dan umroh terutama pada perbedaan dan persamaannya. Perbedaannya sudah dibahas di atas. Persamaan ibadah haji dan umroh yaitu terletak pada beberapa hal:

  • Berada di Tanah Suci
  • Ihram, Thawaf, Sa’i, Thahalul

Baca Juga: Rukun, Syarat, dan Amalan Sunnah Sholat Jumat

Itulah beberapa perbedaan haji dan umroh dalam beberapa aspek yang bisa kita ketahui bersama. Perbedaan pendapat antara beberapa ulama mengenai hukum dari kedua ibadah ini hendaknya tidak menjadikan kita berselisih. Semoga beberapa informasi dan sumber yang telah di bahas dalam artikel di atas bermanfaat dan dapat menambah informasi anda.

%d bloggers like this: