ussama Seorang wanita yang sedang berhijrah ke arah yang di ridhoi-Nya

Yap, Inilah 15 Makanan Khas Pemalang yang Terkenal Akan Kelezatannya!

5 min read

Makanan Khas Pemalang- Kota Pemalang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini berbatasan langsung dengan laut jawa, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pekalongan.

Jika kamu sedang berkunjung ke Kota Pemalang, kamu bisa menjumpai banyak sekali makanan khas Kota Pemalang yang pastinya memiliki cita rasa yang tiada tandingannya. Kota Pemalang ini memiliki ciri khas yang unik di bidang kuliner yang banyak disukai para penikmat kuliner dan dijamin kelezatannya.

Berbicara tentang dunia kuliner, pasti tak jauh-jauh dari menu makanannya yang menjadi primadona dan memiliki rasa yang enak. Nah kali ini elrajab.com akan membahas tentang makanan khas dari Kota Pemalang. Bagi kamu yang penasaran apa saja makanan khas Kota Pemalang yang menjadi idola para pecinta kuliner, yuk simak artikel lengkapnya hanya di elrajab.com.

Menu Makanan Khas Pemalang Dan Cara Pembuatannya

1. Makanan Khas Pemalang Grombyang

makanan khas pemalang
cookpad.com

Makanan khas Kota Pemlang yang pertama adalah Grombyang. Grombyang ini merupakan salah satu makanan khas Kota Pemalang yang terbuat dari campuran nasi, irisan daging kerbau serta kuahnya. Makanan khas yang satu ini biasanya dihidangkan dengan mangkuk berukuran kecil lengkap dengan sate kerbau.

Nama grombyang sendiri berasal dari cara menghidangkan makanan khas Kota Pemalang yang satu ini yakni dengan komposisi kuahnya yang jauh lebih banyak daripada isiannya sehingga terlihat grombyang-grombyang atau goyang-goyang.

2. Makanan Khas Pemalang Kamir

makanan khas pemalang
www.gulalives.co

Makanan khas kota Pemalang yang selanjutnya adalah Kamir. Makanan khas daerah Pemalang yang satu ini merupakan makanan berjenis kue yang terbuat dari campuran tepung terigu, pisang ambon, mentega, telur, dan tape.

Kue ini merupakan kuliner khas dari daerah arab yang dimodivikasi sehingga menjadi makanan khas di Kota Pemalang. Kue yan satu ini memiliki bentuk yang bulat, pipih, serta memiliki warna kecoklatan. Makanan khas Kota Pemalang yang satu ini hampir mirip dengan makanan khas lombok timur.

3. Makanan Khas Pemalang Sate Loso

makanan khas pemalang
takaitu.com

Sate Loso merupakan salah satu makanan khas dari Kota Pemalang yang terbuat dari bahan dasar daging kerbau. Daging kerbau ini dipilih karena kandungan lemak dan kolesterolnya yang rendah sehingga aman bagi penderita penyakit, darah tinggi, jantung, serta kolesterol tinggi.

Makanan khas yang satu ini memiliki ciri khas yang membedakan dengan makanan khas di daerah lainnya. Selain pengguanaan daging kerbau sebgaai bahan utamanya, Sate Loso juga memiliki berbagai macam varian rasa seperti rasa pedas, asam, manis, dan gurih.

4. Makanan Khas Pemalang Lontong Dekem

makanan khas pemalang
www.foody.id

Makanan khas Kota Pemalang yang selanjutnya adalah Lontong Dekem. Makanan khas yang satu ini terbuat dari bahan dasar daging bebek. Dinamakan Lontong Dekem karena cara penyajian yang bisa dibilang cukup unik. Makanan khas yang satu ini disajikan dengan menggunakan mangkok yang sudah diisi dengan potongan lontong dan daging bebek yang kemudian disiran dengan menggunakan kuah kemudian ditumpahkan lagi berulang-ulang.

Lontong Dekem biasanya dihidangkan saat masih panas yang pastinya akan memberi kehangatan karena terdapatnya cita rasa pedas yang berasal dari daun sereh. Jangan lupa pula tambahkan lagi dengan kerupuk untuk menambah kelezatan dari Lontong Dekem ini.

5. Makanan Khas Pemalang Kraca

makanan khas pemalang
nurfaizianshori.blogspot.com

Kraca merupakan salah satu makanan yang terbuat dari bahan utama keong sawah. Eeettss jangan meremehkan makanan yang satu ini sobat. Keong sawah ini merupakan salah satu hewan air yang memiliki protein yang sangat tinggi sehingga sangat cocok bagi kamu yang sedang berada dalam masa pertumbuhan.

Makanan khas yang satu ini sangatlah khas karena dimasak dengan menggunkan tambahan berbagai bumbu seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, kemiri dan beberapa tambahan bumbu lainnya yang tentunya akan menambah cita rasa masakan khas ini menjadi semakin lezat.

6. Bongko Mento Khas Pemalang

makanan khas pemalang
cookpad.com

Makanan khas Kota Pemalang yang selanjutnya adalah Bongoko Mento. Makanan khas ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang telah didadar terlebih dahulu, kemudian dalamnya diisi dengan tumis  buah pepaya yang telah ditambahkan dengan bumbu khas dan tak lupa pula tambahan suwiran daging ayam di dalamnya.

7. Makanan Khas Pemalang Apem Comal

makanan khas pemalang
cookpad.com

Apem Comal merupakan salah satu makanan khas Kota Pemalang yang berupa roti dengan perpaduan cita rasa yang gurih serta manis. Makanan khas yang satu ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan gula merah.

Cara pembuatan makanan khas yang satu ini masih sangat tradisional loh sobat. Tak heran jika cita rasa dari kue tradisional khas Pemlaang ini memiliki cita rasa yang tak berubah sama sekali sejak jaman dahulu kala.

8. Kepiting Lemburi Khas Pemalang

makanan khas pemalang
gamacandiresto.blogspot.com

Kepiting Kemburi merupakan salah satu makanan khas Kota Pemalang yang banyak diminati oleh para pecinta kuliner. Makanan khas yang satu ini terbuat dari bahan dasar kepiting yang memiliki cangkang lunak atau biasa disebut dengan istilah Kepiting Lemburi.

Cara pengolahan dari Kepiting Lemburi ini tak beda jauh dengan cara mengolah kepiting biasa pada umumnya. Yang membedakan masakan ini dengan masakan yang lainnya hanya terletak pada bahan utama yakni kepinya saja yang lembut sehingga waktu memakannya kamu tidak perlu takut tertusuk cangkang kepiting.

9. Makanan Khas Pemalang Tahu Pletok

makanan khas pemalang
ajadiblog.blogspot.com

Tahu Pletok merupakan salah satu jajanan khas Kota Pemalang yang sangat populer. Makanan yang satu ini bisa dibilang merupakan makanan yang cukup unik. Keunikan ini terletak pada cara penyajiannya yaitu dengan cara dipecah langsung dengan menggunkan tangan.

Jajanan khas Pemalang ini diolah dengan cara digoreng kering terlebih dahulu hingga warnanya kecoklatan dan tercium aroma pandan yang sangat harum dari Tahu Pletok tersebut.

10. Bakso Balungan Khas Pemalang

makanan khas pemalang
eventsclick.id

Makanan khas dari Kota Pemalang yang selanjutnya adalah Bakso Balungan. Makanan khas dari Kota Pemalang yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat pedas, sehingga sangat cocok buat kamu yang suka dengan segala jenis masakan pedas. Sesuai dengan namanya, Bakso Balungan ini ditmbahkan dengan potongan tulang sapi yang biasa disebut dengan Balung.

11. Makanan Khas Pemalang Pecak Belut

makanan khas pemalang
cookpad.com

Pecak Belut merupakan slah satu makanan khas Pemalang yang terbuat dari bahan dasar belut. Makanan khas ini biasanya dihidangkan langsung dengan menggunakan cobek yang telah dilapisi dengan daun pisang terlebih dahulu.

12. Kerupuk Usek Khas Pemalang

makanan khas pemalang
cookpad.com

Kalau kerupuk upil merupakan makanan khas nganjuk, Pemalang juga punya lho tapi namanya Kerupuk Usek. Camilan khas Kota Pemalang ini pasti sudah tak asing lagi bagi kamu. Yap Keurup Usek memang sudah banyak kita jumpai di berbagai daerah tentunya di Pulau Jawa.

Kerupuk Usek ini sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai teman makan. Selain dapat dijadikan sebagai teman makan, Kerupuk Usek ini juga bisa kamu jadikan sebagai camilan untuk mengisi waktu luangmu loh sobat.

13. Makanan Khas Pemalang Ogel-ogel

makanan khas pemalang
www.tokopedia.com

Makanan khas Kota Pemalang yang selanjutnya adalah Ogel-ogel. Ogel-ogel sendiri merupakan salah satu makanan ringan khas Pemalang yang terbuat dari campuran tepung ketan dengan gula, garam, keju, dan masih banyak lagi bahan lainnya. Makanan yang satu ini menawarkan cita rasa yang gurih serta renyah dan yang pasti akan membuat kamu ketagihan untuk mencobanya.

14. Sirlo Steak Khas Pemalang

makanan khas pemalang
buffalonews.com

Makanan yang satu ini memang bukan makanan asli Pemalang. Namun makanan ini telah dimodivikasi sehingga menjadi salah satu menu makanan yang cukup terkenal di Pemalang. Jika kamu ingin mencicipi lezatnya Sirlo Steak ini kamu bisa datang langsung ke Jalan Urip Sumoharjo 133 Pemalang. Di sana kamu bisa menemukan beberapa sajian menu steak yang pastinya memiliki rasa yang enak.

15. Makanan Khas Pemalang Gulai Kepala Kakap

makanan khas pemalang
www.vebma.com

Makanan khas Kota Pemalang yang selanjutnya adalah Gulai Kepala Kakap. Menu makanan yang satu ini banyak diminati para pecinta kuliner loh sobat. Yap, banyak yang menyukai makanan khas Kota Pemalang ini karena cita rasa yang sangat khas dari makanan ini dan pastinya berbeda dengan makanan serupa dari daerah lain. Cita rasa dari makanan ini sangatlah khas dari rempah-rempah yang tentunya juga membuat aroma dari masakan ini menjadi lebih menggugah selera.

Yap, itulah beberapa penjelasan tentang menu makanan Khas Pemalang yang pastinya sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Sebagian makanan tersebut juga bisa kamu jadikan sebagai buah tangan jika kamu sedang singgah di Kota Pelamang sobat. Semoga artikel ini bermanfaat, dan simak terus berbagai artikel kami selanjutnya hanya di elrajab.com.

ussama Seorang wanita yang sedang berhijrah ke arah yang di ridhoi-Nya
× Kirim Pesan