Contoh Teknik Bioteknologi Modern dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Bioteknologi Modern – Pada zaman sekarang kemajuan teknologi sangat pesat. Teknik rekayasa bioteknologi modern salah satu tanda kemajuan teknologi. Sebelum ada bioteknologi modern sudah ada yang teknik bioteknologi tradisional. Apa pengertian bioteknologi itu sendiri? Bioteknologi adalah pemanfaatan makhluk hidup mikroorganisme untuk kebutuhan manusia, bisa berupa bakteri, jamur, atau virus yang menguntungkan.

Jadi Bioteknologi tradisional adalah pemanfaatan mikroorganisme untuk dapat menghasilkan gula, alkohol, atau asam asetat. Sedangkan Bioteknologi modern adalah pemanfaatan bioteknologi dalam segala aspek kehidupan manusia, misal dalam bidang pengobatan, kebersihan lingkungan, rekayasa genetika, dan energi.

Dalam blog elrajab ini akan membahas contoh-contoh pemanfaatan bioteknologi modern dalam kehidupan manusia yang pernah dilakukan.

Inilah Contoh Bioteknologi Modern dalam Kehidupan Manusia yang Pernah Dibuat

1. Tanaman dengan Bibit yang Seragam

contoh bioteknologi modern dalam bidang pangan

Tanaman ini dihasilkan dari teknik kultur jaringan. Dengan teknik ini semua tanaman bisa dibudidaya dengan banyak dalam waktu singkat. Tanaman yang dihasilkan juga mempunyai sifat mirip atau seragam. Contoh tanaman yang pernah di buat adalah Papaver Somniferum yang dapat menghasilkan kodein untuk obat rasa nyeri dan tanaman Jasminum sp. untuk bahan parfum aroam melati.

2. Teknik Bayi Tabung

contoh bioteknologi modern bidang kedokteran

Proses bayu tabung adalah teknik untuk mengatasi pasutri yang sulit memilki anak atau kemandulan. Metode ini dilakukan dengan mengambil sel sperma suami dan sel telur istri kemudian dimasukkan ke dalam tabung untuk proses pembuahan. Sebenarnya tingkat keberhasilan proses bayi tabung hanya sebesar 30 % dan itu tergantung dari bibit dari kedua sel juga apakah baik atau buruk (tribunnews).

3. Pembuatan Hormon Insulin

contoh bioteknologi modern bidang kesehatan

Penerapan Bioteknologi Modern dalam bidang kesehatan adalah Pembuatan hormon insulin. Hormon insulin dalam tubuh hanya dihasilkan oleh sekresi oleh kalenjer pankreas melakui darah. Hormon ini berfungsi untuk menstabilkan kadar gula dalam pembulu darah. Dalam bioteknologi dapat dibuat dengan rekayasa genetika.

4.  Antibodi Monoklonal

Antibodi Monoklonal ini dihasilkan dari dua jenis sel yang sama atau berbeda yang digabungkan atau  fusi. Teknik bioteknologi ini disebut dengan hibridoma.

5. Domba Dolly

contoh bioteknologi modern bidang peternakan

Hasil rekayasa yang satu ini sangat mengagumkan. Yaps domba dolly adalah hewan yang dihasilkan dengan teknik kloning yaitu transfer inti sel diploid ke dalam ovum yang sudah di ambil inti telurya sehingga menghasilkan anak domba tanpa proses pembuahan.

6. Tanaman Kebal terhadap Hama

Semakin majunya ilmu dibidang teknologi sampai-sampai muncul rekayasa tanaman kebal terhadap serangan hama. tanaman tersebut diberi gen penghasil senyawa endotoksi dari Bacillus Thuringiensis sehingga tanaman kebal terhadap hama.

7. Hewan Transgenik

contoh bioteknologi modern dan tradisional

Makhluk atau hewan transgenik adalah rekayasa genetika yang menyebabkan suatu makhluk hidup berbeda dengan jenis makhluk pada umumnya dalam satu jenis. Hewan ini memang diciptakan dalam penelitian untuk kebutuhan khusus atau dapat menguntungkan pada manusia. Misalnya sapi dapat menghasilan susu banyak atau daging lebih banyak.

8. Terapi Genetik

Penemuan Teknik Bioteknologi Modern dalam bidang kesehatan juga untuk terapi genetik yang berguna untuk mencegah tumbuhnya suatu penyakit. Caranya yaitu dengan merekayasa genetika.

9. Inseminasi Buatan

 contoh bioteknologi modern bidang peternakan

Teknik Bioteknologi ini adalah untuk proses perkawinan kewan dengan menggunakan senapan inseminasi. Caranya sel sperman jantan di masukkan senapan lalu di masukkan atau disuntikkan ke dalam rahim induk untuk proses pembuahan. Hewan yang biasa dilakukan teknik ini adalah sapi, kerbau, Kuda, dan kambing. Dengan cara ini perkembangbiakan hewan semakin cepat dan sangat menguntungkan peternak.

10. Munculnya Antibiotik Baru

Antibiotik ini diperoleh dengan cara rekayasa genetik dari mikroorganisme galur.

11. Vaksin

contoh bioteknologi modern bidang kesehatan

Vaksin adalah contoh hasil bioteknologi modern untuk mencegah berbagai penyakit seperti polio, campak, hepatitis, dl. Vaksin membuat tubuh menjadi kebal terhadap serangan berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus berbahaya.

12. Hormon BST (Bovine Somatotrophin)

Hormon ini merupakan hormon pertumbuhan untuk hewan dengan hasil rekayasa.

13. Inferon

Inferon adalah jenis protein yang dihasilkan dari Teknik DNA rekombinan untu tujuan menghambat pertumbuhan virus.

14. Vaksin Malaria

Vaksin Malaria adalah vaksin yang dihasilkan dengan memafaatkan DNA dari virus cacar air yang sudah tidak aktif lagi.

15. Pelestarian Spesies Langka

Bioteknologi modern juga dapat melestarikan hewan atau tumbuhan langka yang hampir punah dengan rekayasa genetika.

Demikian contoh bioteknologi modern dan penjelasannya yang dapat bermanfaat bagi umat manusia. Dengan perkembangan teknologi modern maka akan tercipta penemuan-penemuan yang sangat bermanfaat dalam segala bidang.

Tinggalkan komentar

More in Teknologi
macam macam lighting fotografi
Mengenal Macam-Macam Lighting Fotografi dan Fungsinya

jenis jenis lighting studio
Jenis-jenis Lighting Studio yang Berkualitas Beserta Fungsinya!

Close