13 Makanan Khas Semarang Terpopuler yang Recomended Banget untuk Kamu Coba!

Makanan Khas Semarang – Semarang merupakan sebuah ibu kota provinsi Jawa Tengah dan sekaligus merupakan kota terbesar kelima di Indonesia. Kota Semarang sendiri adalah salah satu kota yang paling berkembang tak hanya di provinsi Jawa Tengah namun hingga satu pulau Jawa. Tak cukup itu saja, kota Semarang juga memiliki banyak julukan khas seperti The Port of Java, Venetie van Java, dan Semarang Pesona Asia. Eeiitt.. ada yang ketinggalan, di Indonesia sendiri kota Semarang akrab dengan julukan sebagai kota lumpia. Yap, tak salah lagi alasan kenapa kota Semarang terkenal sebagai kota lumpia karna memang kota Semarang merupakan kota penghasil lumpia yang sangat terkenal. Kota Semarang tak hanya terkenal dengan lumpianya saja loh ya, banyak sekali berbagai makanan khas Semarang yang wajib untuk kamu coba.

Nah bagi kalian yang sedang bertandang atau berencana liburan ke kota lumpia ini jangan lupa untuk mencicipi nerbagai makanan khas Semarang. Soal cita rasa pastinya akan membuat kamu yang mencicipinya sulit move on. Tak hanya itu saja, berbagai macam makanan khas Semarang yang ditawarkan pun dibandrol dengan harga yang sangat murah. Harga kaki lima, rasa bintang lima.. mungkin kata-kata itu sangat cocok disematkan pada makanan khas Semarang ini.

Yap, pada kesempatan kali ini kami akan mengupas tuntas tentang berbagai makanan khas Semarang terpopuler dan tentunya memiliki banyak pengemar. Apa aja ya makanan khas kota Semarang itu? Penasaran kan.. yuk jangan tunggu lama-lama lagi, cek artikel lengkapnya hanya di elrajab.com.

Inilah 13 Makanan Khas Semarang yang Lezat dan Terpopuler!

Bandeng Presto

makanan khas semarang

Makanan khas Semarang yang pertama adalah bandeng presto. Bandeng presto sendiri merupakan salah satu makanan yang bahkan menjadi icon dari kota Semarang. Makanan ini terbuat dari ikan bandeng segar dengan tambahan campuran bumbu dari bawang putih, garam, dan kunyit. Setelah diberi bumbu, ikan ini kemudian dimasak dengan cara di presto. Presto sendiri merupakan salah satu teknik memasak dengan menggunakan uap air dengan tekanan yang sangat tinggi. Uap air tersebut yang nantinya akan mematangkan ikan bandeng yang terkenal memiliki banyak duri ini hingga duri ikan menjadi lunak. Karena kelezatan dan kelembutan dari si ikan bandeng ini lah yang membuat bandeng presto memiliki banyak penggemar di dari berbagai kalangan.

Baca Juga: Makanan Khas Bali yang Laris Manis

Lumpia Semarang

Lumpia adalah salah satu makanan terfavorit yang ada di kota Semarang. Makanan khas Semarang ini merupakan oleh-oleh yang wajib kamu bawa jika kamu sedang berkunjung di kota Semarang. Walaupun banyak daerah yang banyak menjajakan lumpia, namun lumpia asli Semarang ini memiliki rasa yang berbeda dengan lumpia yang biasa kita jumpai. Lumpia khas kota Semarang ini memiliki cita rasa tersendiri yang membuat anda yang mencobanya akan ketagihan untuk kembali menikmati santapan lezat asli kota Semarang ini.

Tahu Bakso

makanan khas semarang

Makanan khas Semarang yang selanjutnya adalah tahu bakso. Tahu bakso asli kota Semarang ini memiliki 2 jenis varian yaitu tahu bakso goreng dan tahu bakso rebus. Meski bereda jenis, namun kedua tahu bakso ini dijamin memiliki cita rasa yang sangat enak. Kuliner asli kota Semarang yang satu ini juga merupakan oleh-oleh yang wajib kamu bawa pulang ketika bertandang di kota Semarang.

Tahu Gimbal

makanan khas semarang

Jika tadi kita berbicara tentang tahu bakso khas Semarang, kali ini kita masih membahas makanan berbahan dasar tahu, namanya tahu gimbal. Tahu gimbal sendiri merupakan kuliner berbahan dasar tahu yang berisi bakwan udang, potongan lontong, dan irisan tauge serta kol yang disiram dengan saus kacang bumbu petis. Makanan khas Semarang yang satu ini sangat recomended untuk anda coba ketika berkunjung ke kota Semarang.

Sate Buntel

makanan khas semarang

Jika sate lilit merupakan makanan khas Bali, di kota Semarag juga memiliki olahan sate yang tak kalah enaknya dengan sate lilit. Sate tersebut bernama sate buntel. Hmmm.. unik juga ya nama makanan khas Semarang yang satu ini. Sate buntel sendiri merupakan salah satu olahan daging kambing yang telah dicacah dan dicampur dengan bumbu khas yang membuat cita rasa dari makanan ini tak ada tandingannya. Setelah dicampur dengan racikan bumbu khas Semarang, daging kambing tersebut kemudian dilapisi dengan gajih tipis dan kemudian dibakar seperti sate pada umumnya.

Baca Juga: Makanan Khas Jawa Tengah yang Terkenal di Indonesia

Wedang Tahu

makanan khas semarang

Satu lagi kuliner khas kota Semarang yang terbuat dari bahan dasar tahu yaitu wedang tahu. Makanan khas Semarang ini terbuat dari campuran jahe, gula jawa, dan kembang tahu yang berasal dari sari kedelai. Wedang tahu ini sangat dipercaya masyarakat Semarang dan sekitarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah dapat melancarkan ASI, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serta menurunkan tekanan darah tinggi. Wedang tahu sendiri memiliki cita rasa yang cenderung manis dan dapat menghangatkan tubuh karena di dalamnya terdapat campuran jahe.

Nasi Gandul

makanan khas semarang

Nasi gandul sendiri merupakan makanan khas Semarang yang berasal dari kota Pati. Meskipun bersal dari kota Pati, namun pesona nasi gandul kahs kota Semarang ini sangat berbeda dan dapat menghipnotis para penikmatnya.

Mangut Welut

makanan khas semarang

Makanan khas Semarang yang selanjutnya adalah mangut welut. Mangut welut merupakan kuliner khas kota lumpia yang bebahan dasar belut. Belut tersebut digoreng hingga garing terlebih dahulu. Setelah itu, belut yang telah digoreng garing dicampur dengan bumbu kuah santan pedas yang khas. Makanan ini memiliki cita rasa gurih pedas dan tentunya pasti membuat anda yang mencobanya menjadi ketagihan.

Sate Kalak

makanan khas semarang

Selain ada sate buntel, di kota Semarang juga terdapat olahan sate yang namanya sate kalak. Sate kalak merupakan kuliner yang terbuat dari bahan dasar daging ayam. Cita rasa yang dihasilkan dari sate kalak sendiri adalah dominan dengan rasa rempah-rempah yang kental. Rempah-rempah tersebut dapat dijadikan sebagai menu yang recomended banget untuk anda coba jika anda bertandang di kota Semarang.

Mie Kopyok

makanan khas semarang

Mie kopyok ini merupakan makanan khas Semarang yang hampir mirip dengan mie kocok khas dari daerah bandung. Perbedaan yang mendasar dari kedua jenis makanan khas ini yaitu tidak terdapat tambahan olahan daging pada mie kopyok. Mie kopyok ini berisi campuran tauge, irisan tahu pong, serta kerupuk yang berasal dari nasi.

Baca Juga: Makanan Khas Banten yang Harus Kamu Tahu

Garang Asam

makanan khas semarang

Garang asam merupakan makanan khas Semarang yang terbuat dari olahan daging ayam dengan kuah santan yang telah dicampur dengan belimbing wuluh dan cabai. Campuran belimbing wuluh dan cabai tersebut yang menghasilkan cita rasa masakan yang asam pedas. Garang asam ini biasanya disajikan dengan menggunakan dauun pisang sebagai pembungkusnya.

Nah itulah beberapa makanan khas Semarang dengan cita rasa tinggi dan pastinya wajib anda coba ketika anda sedang berada di kota lumpia ini. Yap, sekian dulu artikel kali ini, semoga beranfaan bagi pembacanya dan tetep stay tune terus di channel kami, yakni elrajab.com.

Leave a Reply