af 17 Rukun Sholat dan Penjelasannya Sesuai Pendapat Ulama
rukun sholat

17 Rukun Sholat dan Penjelasannya Sesuai Pendapat Ulama

Rukun Sholat – Sebagai umat muslim sudah seharusnya dan wajib untuk menunaikan ibadah sholat. Bahkan sholat adalah tiang agama sehingga ketika kita lalai dalam menjalankannya maka amat merugilah kita. Sholat lima waktu adalah suatu kewajiban dan harus dikerjakan dengan benar dan merupakan rukun islam yang ke dua.

Ada rukun sholat yang akan menuntun kita untuk melaksanakannya dengan baik. Saat menunaikan sholat, terlebih dahulu ketahuilah apa saja yang bisa membuat sholat tersebut sah dan harus dipenuhi bagi seorang muslim ketika akan menunaikan ibadah sholat.

Pernahkah anda mendengar bahwa sholat adalah jalan terbaik memperbaiki hidup? Jika tak tahu dimulai darimana untuk memperbaiki jalan hidup kita yang berantakan, maka mulailah dengan mendirikan sholat. Tidak hanya sekadar sholat tetapi juga memperhatikan apakah sholat kita selama ini sudah benar dan bisa dipertanggung jawabkan nanti ketika di akhirat. Berikut ini ulasan mengenai apa saja yang menjadi bagian dari rukun shalat.

Rukun Sholat yang Harus Diketahui

1. Melakukan niat sesuai dengan waktu sholat. Apakah sholat sunnah ataukah sholat wajib lima waktu. Niat sholat haruslah dilafalkan dengan jelas dan diyakini dalam hati. Tak lain agar tercipta rasa khusyuk dalam beribadah kepada Allah SWT.

2. Takbiratul ihram. Melakukan takbir dengan membaca niat sholat dalam hati.

3. Rukun sholat berikutnya adalah berdiri bagi yang mampu. Mereka yang tidak bisa berdiri karena sakit dan hal-hal yang tidak meungkinkan maka bisa melakukan sholat dengan duduk. Jika tidak mampu untuk duduk maka diperbolehkan untuk melaksanakan sholat dengan berbaring. Namun harus diketahui pula apa saja yang memperbolehkan sholat dilakukan dengan keadaan demikian.

4. Membaca surat al-fatihah yang mana bacaan bismillahhirrahmanirrahim adalah bagian dari ayatnya.

5. Melakukan ruku’.

6. Thuma’ninah dengan bacaan yang telah ada.

7. I’tidal (berdiri dari rukuk)

8. Thuma’ninah.

9. Melakukan sujud.

10. Thuma’ninah.

11. Duduk diantara dua sujud.

12. Thuma’ninah.

13. Duduk untuk tasyahud akhir.

14. Membaca kalimat tasyahud akhir.

15. Membaca shalawat pada Nabi SAW ketika ada di posisi tasyahud akhir.

16. Salam pertama

17. Tertib. Arti dari tertib disini adalah mengurutkan rukun yang telah disebutkan tadi sesuai dengan urutan.
Karena sholat adalah tiang agama bagi umat muslim. Dengan memelihara sholat maka kita juga memelihara hidup agar tak tersesat jauh dari Allah SWT.

Penutup

Dengan sholat, seseorang bisa memperbaiki hidupnya asalkan dilakukan dengan benar. Berdoa kepada Allah memohon petunjuknya, meminta pertolongannya dan selalu berhusnudzon kepadaNya. Apa yang telah dipertintahkan sesungguhnya adalah untuk kebaikan umat muslim.

Pun juga sebaliknya, apa yang dilarang adalah hal buruk yang hanya akan merugikan manusia.
Tidak hanya memperhatikan rukun dari sholat ini, tetapi kita juga bisa membiasakan diri untuk sholat di awal waktu agar hati tetap tenang. Selain juga terhindar dari rasa lupa dan tertidur misalnya. Mereka yang sholat di awal waktu adalah mereka yang menghargai kesempatan untuk bisa bersujud kepada Allah SWT.

Mengenalkan bagaimana rukun dari sholat wajib ataupun sunnah sejak dini kepada anak-anak tentu amatlah penting. Rukun yang dijalankan dengan baik akan membuat ibadah kita khusyuk dan semakin dekat dengan Allah SWT. Maka dari itu, kenali dan pahami bagaimana runtutan rukun dari sholat agar bisa menyempurnakan ibadah kita selama ini.

Rukun sholat yang wajib diketahui oleh umat muslim. Tak lain karena rukun ini termasuk bagian dari ibadah yang kita lakukan. Jika rukun-rukun yang ada telah kita lakukan dengan baik maka ibadah kita insha Allah bisa mendekatkan kita kepada Allah SWT.

Tinggalkan komentar

×