ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Perawatan Burung Kacer Harian dan Untuk Persiapan Lomba Ala Duniakicau.net

1 min read

perawatan burung kacer

Perawatan Burung Kacer – Burung kacer memiliki banyak penggemar dari kalangan penghobi burung¸karena burung kacer memiliki keunggulan dari kualitas suara yang keras, bervareatif dan memiliki mental petarung. Dimana ketika burung ini berkicau, selain mengeluarkan banyak variasi suara kicauan. Burung ini terlihat indah ketika mengeluarkan tarian khasnya, terutama pada saat burung kacer buka sayap dan ekor yang sering disebut dengan istilah Ngobra.

Untuk mencapai kualitas burung kacer menjadi lebih baik, seperti yang telah disampaikan di atas, ada banyak faktor penting untuk dilakukan, terutama perawatan harian yang tepat dan mempersiapkan burung ketika akan di ikut lombakan.

Perawatan Burung Kacer Harian

Perawatan harian kacer dan ketika akan ikut lomba memang berbeda, butuh penyesuaian dan kebutuhannya.

Hal yang mendasar yang di inginkan dari kacermania adalah, dimana burung tersebut setiap harinya aktif bergerak dan berkicau.

Ada beberapa faktor yang harus dilakukan, seperti mengatur pemberian ekstrafooding, memandikan, menjemur dan lain sebagainya.

1. Mandi dan jemur

Mandi dan jeur merupakan aktifitas yang harus dilakukan pada kacer peliharaan, karena hal tersebut dapat menjaga kesehatan dan kebugaran burung.

Untuk memandikan kacer pada umumnya bisa dilakukan sehari sekali atau bisa 2 sampai 3 kali, itu tergantung kebiasaan burung itu sendiri. Namun yang pasti setiap harinya perlu untuk di mandikan agar selalu bugar.

Untuk penjemuran dilakukan setiap hari, bisa dilakukan selama 1 – 3 jam lamanya, namun jika burung sudah dewasa dan gacor, maksimal penjemurannya cukup dilakukan 1 sampai 2 jam saja.

2. Pakan harian burung kacer

Untuk mendukung kesehatan dan kebugaran burung diluar dari penjemuran dan memandikannya, burung kacer juga perlu untuk di atur pola pakannya, terutama pakan dari jangkrik, kroto dan ulat hongkong.

Setiap harinya, kacer di berikan jangkrik sebanayk 5 ekor, 1 sendok teh 2 kali dalam seminggu dan ulat hongkong cukup di berikan seminggu sekali.

Baca Juga:

Perawatan Burung Kacer untuk Lomba

Burung kacer yang ikut lomba membutuhkan perawatan khusus, seperti yang kutip dari Duniakicau.net , untuk membuat burung kacer tampil dengan maksimal. Ketika lomba, maka burung membutuhkan persiapan mental dan stamina, sehingga bisa tampil dengan maksimal.

Untuk memaksimalkan burung tampil dengan baik ketika di arena lomba, maka untuk perawatannya, antara lain :

  • Sebelum lomba, pada H – 6 burung di isolasi dan jauhkan dari burung lain dan burung sejenis, sehingga burung tidak mengeluarkan banyak energy, karena untuk di persiapkan untuk lomba energynya
  • Durasi penjemuran 2 hari sebelum lomba atau H- 2 burung cukup di jemur selama 30 menit saja, untuk menghemat energy burung yang terbuang
  • 1 hari sebelum lomba cukup di berikan jangkrik 2 ekor saja
  • Menjelang malam 1 hari sebelum lomba, kacer di berikan jangkrik sebanyak 10 – 20 ekor agar ketika pada saat di gantang, burung memiliki banyak energy
  • Agar burung tidak terlalu birahi pada malam hari karena di berikan jangkrik lebih banyak, maka burung bisa dimandikan dan krodong sangkarnya hingga pagi hari
  • 1 jam sebelum lomba, berikan kembali jankrik 1 ekor dan pisang
  • Cas burung kacer dengan betina 1 jam sebelum lomba, untuk mengeluarkan kepercayaan dirinya

Setelah burung lomba, tentunya akan membuat kacer menjadi lelah, karena aktif berkicau, untuk itu burung berikan multivitamin agar membuatnya tetap bugar pasca lomba. Dan untuk penjemuran H + 3 cukup dilakukan 30 menit saja, karena burung masih capek pasca lomba. Dan untuk perawatan lainnya, bisa dikembalikan keperawatan harian yang biasa dilakukan.

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Tinggalkan Balasan

× Kirim Pesan