Jenis Burung Kenari yang Bagus dan Populer di Indonesia

Jenis Burung Kenari – Burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang memiliki paling banyak penggemar di Indonesia. Saking banyaknya pecinta burung yang menjadikan jenis burung kenari ini sebagai hewan peliharaan, hingga berbagai jenis burung kenari pun banyak didatangkan dari luar negeri hanya untuk memenuhi banyaknya permintaan akan burung jenis ini.

Selain mendatangkan jenis burung kenari dari luar negeri, tak sedikit juga para pencinta burung kenari yang mulai membudidayakan jenis burung ini. Tujuan membudidayakan jenis burung kenari ini tak hanya untuk melestarikan jenisnya saja, tetapi juga untuk menghasilkan berbagai macam burung kenari baru dari hasil persilangan antar burung kenari lokal maupun dengan burung kenari yang didatangkan dari luar negeri.

Daya tarik yang menjadikan jenis burung yang satu ini menjadi primadona dikalangan masyarakat Indonesia adalah suaranya yang sangat merdu. Tak jarang banyak sekali komunitas bahkan dilingkup pemerintahan daerah maupun nasional yang mengadakan berbagai macam kontes burung kenari di seluruh Indonesia. Hadiah yang ditawarkan pun nominalnya tak main-main. Selain mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan tropi, khusus untuk burung kenarinya sendiri juga mendapat sertifikat ataupun piagam penghargaan. Banyaknya sertifikat dan penghargaan yang didapatkan si kecil kenari ini menjadi salah satu faktor semakin tingginya harga burung kenari tersebut bila diperjual-belikan. Harga yang ditawarkannya pun bisa mencapai jutaan rupiah.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tuntas tentang berbagai macam burung kenari yang menjadi primadona di Indonesia. Yuk simak artikel lengkapnya berikut ini!

Inilah Jenis Burung Kenari yang Populer di Indonesia!

Jenis Burung Kenari Melayu atau Kenari Gunung

jenis burung kenari melayu

Burung kenari melayu atau banyak yang menyebutnya dengan kenari gunung ini merupakan burung kenari asli Indonesia. Jenis burung ini memiliki nama latin Javan greenfich. Sesuai dengan namanya, burung kenari jenis ini sangat mudah kita jumpai di daerah pegunungan seperti di daerah gunung gede, gunung pangrango, papandayan, gunung lawu, dan sebagian ada juga yang ditemukan di daerah gunung tengger. Penyebaran jenis burung ini banyak terdapat di pulau Jawa.

Berbeda dengan jenis burung lainnya yang hidup secara berkelompok, burung kenari yang satu ini merupakan burung yang lebih suka hidup sendiri. Meskipun begitu tetapi ada juga yang hidup secara berkelompok walaupun hanya dengan jumlah yang kecil.

Jenis Burung Kenari Yorkshire

jenis burung kenari Yorkshire

Tipe burung kenari yang satu ini merupakan burung kenari yang berasal dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Meskipun bukan jenis burung asli Indonesia, namun burung kenari yorkshire ini sudah memikat hati para pecinta burung kenari sejak kedatangannya pertama kali di Indonesia.

Ciri khas dari burung kenari yorkshire ini adalah postur tubuhnya yang lebih besar dan terlihat gagah dari burung kenari lainnya. Harga yang dibandrol untuk jenis burung ini berkisar antara 5 juta – 10 juta rupiah perekornya. Hmmm… cukup fantastis bukan?

Jenis Burung Kenari Waterslanger

jenis burung kenari Waterslanger

Tipe burung kenari yang selanjutnya adalah burung kenari yang di datangkan dari negara Belgia. Burung kenari yang satu ini diberi nama kenari waterslanger karena keunikan dari kicauannya yang mirip dengan suara gemercik air. Kenari waterslanger ini memiliki panjang hanya sekitar 16,5 cm saja. Meskipun berukuran cukup kecil namun sudah banyak masyarakat yang menyukai burung kenari jenis ini karena keunikan suaranya.

Jenis Burung Kenari Spanish Timbrado

jenis burung kenari Spanish Timbrado

Kenari spanish timbrado ini merupakan salah satu jenis burung kenari yang didatangkan dari negara Spanyol. Burung kenari spanish timbrado ini memiliki suara yang nyaring dan jernih. Keindahan suara burung kenari jenis ini banyak memikat hati penggemarnya tak terkecuali di Indonesia.

Tipe Burung Burung Kenari Roller

jenis burung kenari Roller

Jenis burung kenari yang selanjutnya adalah burung kenari roller. Jenis burung kenari roller ini memiliki nama ilmiah Canaria domestikus dan merupakan burung kenari asli dari negara Jepang. Bentuk tubuh dari kenari ini bisa dikatakan standar, hanya saja dagu bagian bawah burung ini akan menggelembung pada saat berkicau.

Jenis Burung Kenari Border

jenis burung kenari border

Berbeda dengan jenis burung kenari lainnya, burung kenari border ini memiliki bentuk fisik yang khas dan bisa dikatakan unik dari burung kenari lainnya. Keunikannya ini terletak pada bulu si burung kenari ini yang terlihat mengembung layaknya sebuah balon. Warna bulu burung kenari ini kebanyakan berwarna kucing, namun juga ada yang berwarna kuning, putih, hijau, cinamon, dan masih banyak lagi.

Jenis Burung Kenari Gloster

jenis burung kenari gloster

Burung kenari yang satu ini merupakan salah satu burung kenari yang kerap kali kita temui di pasar burung. Keunikan dari burung jenis ini terletak pada bulu yang ada di kepalanya yang terkesan mirip dengan rambut manusia yang berponi hingga menutupi matanya. Burung kenari jenis ini memiliki ukuran yang cukup kecil berkisar pada angka 11,5 cm. Wahh,, cukup imut ya burung kenari yang satu ini!

Jenis Burung Kenari Norwich

jenis burung kenari Norwich

Burung kenari norwich merupakan salah satu jenis burung kenari import dari Inggris tepatnya dari kota Norwich. Ukuran tubuh dari burung kenari norwich bisa dikatakan cukup besar dibandingkan dengan jenis burung kenari lainnya. Burung kenari ini panjangnya bisa mencapai 16 cm. Tak hanya dari ukurannya saja yang menarik, warna bulu dari burung ini pun cukup beragam mulai dari warna putih hingga cinamon pun ada.

Jenis Burung Kenari Frill

jenis burung kenari frill

Macam burung ini merupakan burung kenari yang kerap kita kenal dengan sebutan kenari dari belanda. Sebutan tersebut selaras dengan asal muasalnya yang memang jenis burung asli dari negeri kincir Angin Belanda. Ciri khas yang unik dari burung yang satu ini terletak pada pola pertumbuhan bulunya yang indah. Selain pola pertumbuhan bulunya yang unik, ternyata jenis burung ini juga merupakan kenari yang memiliki ukuran tubuh terbesar dari jenis kenari lainnya yang mencapai panjang hingga 21 cm dan memiliki lebar 29 cm.

Jenis Burung Kenari Scotch Fancy

jenis burung kenari Scotch Fancy

Burung kenari scotch fancy merupakan salah satu jenis burung kenari yang populer dan merupakan burung asli dari negara Skotlandia. Ciri khas dari burung kenari ini terletak pada postur tubuhnya yang terkesan sedikit membungkuk. Burung ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang sekitar 18 cm dengan kaki kecilnya yang panjang.

jenis Burung Kenari Lancashire

jenis burung kenari Lancashire

Jenis kenari lancashire merupakan jenis burung asli dari negara Inggris. Jenis burung kenari yang satu ini panjang tubuhnya bisa mencapai sekitar 20 cm dengan postur tubuhnya yang terkesan gagah. Dari posturnya tersebut menjadikan burung ini tergolong sebagai burung yang mewah.

Jenis Burung Kenari Crested

jenis burung kenari Crested

Burung kenari crested merupakan jenis burung yang memiliki kebangsaan Skotlandia. Ciri khas dari burung kenari crested ini yaitu jambul lebat di atas kepalanya yang terlihat mirip seperti mahkota dengan bentuk bulat. Karena keunikannya tersebut banyak para pecinta kenari yang memanggilnya dengan sebutan kenari jambul. Mahkotanya yang tak lain dan tak bukan adalah bulu yang tumbuh di atas kepalanya tersebut menjadikan burung ini terlihat sangat cantik hingga banyak yang terpikat pada si kecil crested ini.

Jenis Burung Kenari Lizard

jenis burung kenari Lizard

Mengapa burung kenari ini diberi nama kenari lizard? Yap, nama tersebut diberikan untuk jenis burung ini karena corak warna bulunya yang terlihat seperti warna sisik yang terdapat pada kadal. Burung kenari lizard merupakan jenis burung kenari tertua yakni dikembangkan sejak tahun 1700-an. Burung ini merupakan jenis kenari asli dari negara Perancis.

Yap, itulah ulasan kami mengenai seluk beluk berbagai jenis burung kenari yang ada di dunia. Setiap jenis kenari tersebut memiliki keunikannya masing-masing yang menjadi keunggulan dari jenis kenari lainnya. Nah sobat el-rajab, jenis burung kenari yang mana hayoo yang menjadi favoritmu? Stay tune terus ya hanya di el-rajab.com.

Tinggalkan komentar

More in Hiburan
jenis pohon cemara pua pua
Jenis Pohon Cemara dan Gambarnya yang Cantik untuk Halaman Rumah

jenis ikan mas koki
Kumpulan Jenis Ikan Mas Koki Hias Termahal dan Ciri-Cirinya

Close