ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Manfaat Madu Asli untuk menjaga Kesehatan Tubuh

3 min read

madu asli murni

Manfaat Madu Asli – Madu merupakan salah satu makanan yang biasanya digunakan oleh sebagian besar orang menjadi pemanis alami yang dihasilkan oleh hewan mungil yakni lebah. Madu asli sendiri sejak jaman dahulu kala telah digunakan sebagai ramuan obat alami yang sangat dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Madu mengandung senyawa anti bakteri yang berfungsi untuk membantu mempercepat penyembuhan luka dan bersifat anti peradangan. Selain itu, madu juga dipercaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Madu juga ternyata sudah terbukti ampuh dalam mengatasi batuk pilek baik pada anak-anak maupun pada orang dewasa.

Wah lumayan banyak ya manfaat dari si manis yang satu ini. Namun masih ada banyak lagi manfaat dari madu  asli untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan yang pastinya wajib kalian tau. Nah, kira-kira apa saja sih manfaat madu asli lainnya? Pada kesempatan kali ini, kami akan mengupas tuntas mengenai beberapa manfaat madu asli bagi kesehatan tubuh.  Jangan sampai ketinggalan, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Manfaat Madu Asli Bagi Kesehatan

1. Madu Asli Berfungsi Meredakan Stres

Manfaat madu asli yang pertama yaitu dapat meredakan stress atau tekanan yang sering dialami oleh banyak orang.  Dengan mengkonsumsi madu asli secara rutin akan menurunkan kadar Manoldialdehide yang merupakan pemicu utama atau parameter oksidatif stress. Selain itu, mengkonsumsi madu asli juga dapat meningkatkan aktivitas superoxide dismutase yang dapat disebut juga dengan antioksidan endogen di dalam tubuh manusia.

2. Penambah Antibodi

Madu asli sendiri kaya akan kandungan antioksidan yang sangat optimal untuk menetralkan radikal bebas serta dapat mencegah berbagai penyakit yang menyerang sistem imun pada manusia. Selain itu, madu asli juga banyak mengandung polifenol yang dapat mencegManah banyak penyakit khususnya penyakit-penyakit yang berhubungan dengan jantung dan kanker.

Baca Juga: 

3. Membantu dlaam Regenerasi Kulit

Manfaat madu asli yang selanjutnya adalah untuk membantu dalam regenerasi kulit. Senyawa antioksidan yang terdapat di dalam madu, sifat anti bakteri dan anti jamur inilah yang akan menjaga kulit agar tetap halus, lembut, lentur, dan tentunya sangat berpengaruh dalam regenerasi kulit baru.

4. Madu Asli sebagai Penurun Berat Badan

Jika kita rutin mengkonsumsi madu asli sebelum tidur secara otomatis tubuh akan membakar lebih banyak lemak dalam tubuh. Hal tersebut dapat terjadi karena madu asli hanya mengandung sekitar 64 kalori dalam setiap cangkirnya. Selain itu, madu asli juga berfungsi sebagai bahan bakar alami untuk hati serta memacu hati dalam memproduksi glukosa. Hal tersebut yang akan memberikan rasa kenyang pada malam hari.

5. Pemicu Hormon Tidur

Manfaat madu asli yang selanjtnya adalah sebagai pemicu hirmon tidur. Mengkonsumsi madu asli sebelum tidur akan mengakibatkan kadar insulin dalam darah meningkat dalam jumlah yang kecil. Insulin tersebut yang akan merangsang pelepasan hormone tryptophan pada otak. Hormone tryptophan kemudian akan diubah menjadi hormone serotonin  dan hormone relaksasi sehingga akan menyebabkan hati menjadi tenang dan tidurpun akan menjadi lebih nyaman.

6. Madu Asli sebagai Obat Batuk Alami

Madu asli ternyata juga dapat dijadikan sebagai obat batuk alami yang dapat dikonsumsi dari berbagai usia. Cukup dengan meminum dua sendok teh madu kira-kira 30 menit sebelum tidur akan mengurangi batuk secara berkala.

7. Memperlancar Sistem Pencernaan pada Manusia

Manfaat madu asli selanjutnya adalah untuk membantu melancarkan sistem pencernaan pada manusia. Senyawa anti mikroba yang terdapat dalam madu asli inilah yang akan emmbantu membunuh patogen-patogen berbahaya yang banyak terdapat dalam usus manusia.untuk melancarkan organ-organ pencernaan yang ada dalam tubuh kita hanya perlu mengkonsumsi madu dan air hangat secara rutin sesaat sebelum tidur. Dengan cara tersebut dapat emmbersihkan berbagai racun dalam sistem pencernaan secara optimal.

8. Menjaga Organ Hati

Seperti halnya mesin, hatipun juga membutuhkan bahan bakar untuk mengoptimalkan fungsi kerjanya. Madu asli sendiri akan memacu kinerja hati untuk memproduksi yang akan menghasilkan hormon pembakar lemak. Selain itu, madu asli juga mengandung glukosa dan fruktosa yang tinggi. Seperti yang telah diketahui bahwa glukosa dan fruktosa merupakan senyawa yang sangat baik untuk membantu mengoptimalkan fungsi kerja hati pada malam hari.

9. Mengatasi Rasa Lapar Pada Malam Hari

Selain makanan yang banyak mengandung karobohidrat, madu juga ternyata telah terbukti ampuh untuk mengatasi rasa lapar yang dating pada malam hari. Caranya sangat mudah, cukup meminum madu secara rutin sesaat sebelun tidur sudah mampu untuk mengatasi rasa lapar yang menyerang pada malam hari.

10. Mencegah Obesitas

Manfaat madu yang selanjutnya yaitu madu dapat mencegah obesitas. Mengapa demikian? Rutin meminum madu pada malam hari akan membatasi asupan lemak perut dan megatasi rasa lapar sehingga kita tidak perlu repot diet ketat. Cukup dengan dua sendok madu asli saja sebelum tidur sudah dapat mencegah obesitas.

11. Mengurangi Resiko Kadar Gula Tinggi

Konsumsi madu secara rutin juga dapat mengurangi seseorang dari serangan penyakit diabetes yang dapat mengintai siapa saja. Hal ini dapat terjadi karena madu asli yang kita minum akan mengoptimalkan fungsi hati untuk memproduksi lebih banyak lagi hormone insulin. Banyaknya hormone insulin yang dihasilkan secara otomatis akan mengurangi kadar gula dalam darah sehingga kita dapat terhindar dari resiko penyakit diabetes.

12. Menutrisi Wanita Hamil

Secara alami madu asli banyak mengandung vitamin C, vitamin E, protein, dan flafonoid yang dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin yang terdapat di dalam madu asli juga dapat memberikan nutrisi yang lebih banyak untuk rahim wanita sehingga rahin akan menjadi lebih sehat. Mengkonsumsi madu asli secara rutin juga dapat membantu mempersiapkan masa kehamilan dengan baik sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh pasangan yang sedang menjalani program hamil.

Nah itulah beberapa manfaat madu asli yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kita.  Tak hanya itu saja, manfaat madu untuk wajah juga sangat dahsyat karena bisa menjaga kelembaban kulit, mengatasi jerawat, dan flek hitam yang membandel. Wah banyak sekali ya ternyata manfaat madu yang tak kita sadari. Nah, setelah tau banyaknya manfaat madu masih ragu dengan si manis ini? Yuk biasakan diri menggunakan madu dalam kehidupan sehari-hari kita dari sekarang!

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.
× Kirim Pesan