ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Kumpulan Jenis Burung Lovebird dan Cara Ternaknya [Lengkap]

2 min read

Jenis Burung Lovebird – Burung merupakan hewan peliharaan yang sangat disukai banyak orang. Bukan sekedar sebagai hiburan saja, namun burung juga dapat digunakan untuk matapencaharian atau diikutkan lomba burung. Salah satu burung yang sekarang lagi tren adalah jenis burung Lovebird. Nama burung ini berarti burung cinta karena selalu berdekatan dengan burung lainnya.

Burung Lovebird termasuk dalam burung beo yang berukuran kecil. Ukurannya hampir sama dengan jenis burung kenari yang lumayan kecil. Habitat asli burung ini berasal dari Afrika. Banyak pecinta burung lovebird di Indonesia sampai banyak komunitas tentang burung yang satu ini. Harga dari burung ini juga lumayan mahal, jadi tidak heran kalau banyak orang memelihara burung ini untuk bisnis. Berikut Beberapa jenis burung Lovebird dan bagaimana cara ternak Lovebird yang lengkap dan mudah.

Jenis-Jenis Burung Lovebird

1. Lovebird Nyasa

jenis burung lovebird nyasa

Burung ini mempunyai warna hijau dengan kepala berwarna merah dan lehernya berwarna kuning. Pada bagian sekitar mata berwarna putih. Burung jenis Nyasa ini banyak dijumpai di Negara Malawi, Zambia, Tanzania, Zimbabwe. Panjang burung ini sekitar 13 cm saja sobat. Di Indonesia jenis burung ini juga sudah banyak ditemukan dibeberapa komunitas. Jika ingin memiliki jenis burung ini harus siap-siap untuk merocek saku dalam-dalam yaa.

2. Lovebird Muka Salem

jenis burung lovebird mula salem

Warna jenis burung Lovebird jensi Muka Salem dominan kuning dengan warna bagian belakang hijau. Pada kepala berwarna merah kekuningan. Panjang sekitar 16 cm. Burung ini suka sekali berdampingan dengan burung lovebird lainnya sehingga tidak heran dengan sebutan lovebird. Burung jenis ini banyak ditemukan di daerah Afrika Barat Daya. Ingin punya burung lovebird ini? silahkan cari aja di Google yaa tempat ternak lovebird,,hehe

3. Lovebird Pipi Hitam

jenis burung lovebird pipi hitam

Burung yang satu ini sedikit beda dengan jenis Nyasa. Perbedaan terletak pada bagian kepala yang berwarna hitam. Tempat habitat Asli berasal dari Zambia Barat. Ukuran burung jenis ini sekitar 14 cm dan termasuk dalam kategori Lovebird yang terkecil dari sekian jenis Lovebird yang lain. Segera miliki burung yang cantik ini sobat.

Baca Juga: 

Cara Ternak Burung Lovebird

cara ternak lovebird

1. Sediakan Kandang

Dalam membuat kadang Lovebird tentu harus membuat yang selalu terjaga kebersihan. Ukuran kandang sekitar 60 x 44 x 40 cm. Tempatkan sepasang burung Lovebird agar terjadi perkawinan. Buat juga tempat telur dengan ukuran 20 cm x 20 cm x 25 cm yang terbuat dari glodog. Tempat telur tersebut isi dengan serut kayu, dedaunan, atau ranting kayu yang berukuran kecil.

2. Siapkan Sepasang Lovebird

Dalam membeli sepasang burung Lovebird tentunya harus yang sehat dan berkualitas unggul agar nanti mendapatkan anak yang bagus. Tentukan jenis burung Lovebird yang akan diternakan, misal jenis yang berbulu indah atau suara yang bagus. Pastikan pilih Lovebird jantan yang usianya jauh lebih tua dari pada yang betina agar proses perkawinan berlangsung cepat. Cara agar tahu usia burung bisa ditanyakan ke penjualnya. Selamat mencoba!

3. Mengkawinkan Lovebird

Ketika baru membeli Lovebird usahakan jangan ditaruh bareng dalam satu kandang. Jika dimasukan ke dalam satu kandang akan berantem karena belum saling kenal. Jika dikira-kira udah siap untuk kawin lalu masukkan ke dalam satu kandang agar melakukan perkawinan.

4. Memberi Makan

Memberi makan burung ini jangan sembarangan tentunya harus teratur dan kandungan gizi terpenuhi. Makanan burung Lovebird bisa berupa biji sawi, benih kenari, jagung muda, milet. Dengan memberi makanan yang teratur dan bergizi akan mempercepat proses telur dan kualitas keturunan yang bagus juga.

5. Merawat Telur

Ketika burung sudah bertelur, Anda jangna sering melihat dengan jarak yang dekat karena akan menganggu. Kadang betina juga akan tidak mau mengerami maka dekatkan dengan burung yang lain agar mau mengerami telur tersebut.

6. Memisahkan Anak Lovebird

Ketika telur sudah menetas kemudian pisahkan anak Lovebird dengan induknya sekitar umur 15 hari agar tidak terganggu dengan induknya. Siapkan kandang yang sudah diberi lampu ukuran 5 watt agar anak burung menjadi hangat.

7. Merawat Anak Lovebird

Ketika makan untuk burung yang masih kecil caranya dengan menyuapi menggunakan suntikan yang terbuat dari selang yang elastis. Makanan anak Lovebird bisa berupa bubur bayi yang diseduh dengan air hangat. Beri makan setiap 5 jam sekali dan jaga dari gangguan predator.

Demikian beberapa jenis burung Lovebird dan cara berternaknya agar mendapatkan keturunan yang berkualitas bagus. Jika ingin serius dengan bisnis atau sekedar hobi memelihara burung Lovebird pasti akan menguntungkan dan menghasilkan pundi-pundi uang karena harga burung jenis ini masih lumayan mahal.

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.
× Kirim Pesan