supardi Seorang yang belum kamu kenal yang suka dunia bisnis digital. yuk kenalan untuk berteman dan saling kerjasama.

Inilah Makanan Khas Makassar dan Penjelasannya

2 min read

makanan khas makassar

ELRAJAB.COM – Makassar memang terkenal dengan berbagai macam destinasi wisata yang menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak hanya itu ibu kota dari provinsi Sulawesi Selatan ini memiliki budaya dan tradisi yang khas. Selain itu makanan khas Makassar yang lezat dan menggugah selera ini masih menjadi favorit bagi para pecinta kuliner.

Ada banyak sekali sajian kuliner di Makassar ini yang membuat kota tersebut menjadi salah satu surganya kuliner di nusantara. Berikut ini adalah makanan khas daerah Makassar yang wajib kamu coba.

1. Sop Saudara

makanan khas makassar
sahabatnesia.com

Sop Saudara ini merupakan kuliner khas Makassar dari Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Sop Saudara ini dibuat dari bahan dasar daging yang memiliki cita rasa gurih pada kuahnya. Dalam satu mangkuk sop saudara ini biasanya berisi bihun, daging sapi, paruh sapi goreng dan bola-bola perkedel kentang.

Sop saudara ini akan semakin nikmat jika disantap dengan nasi putih, ikan bakar, telur rebus lengkap dengan irisan mentimun dan sambal kacang.

2. Kuliner Khas Makassar Coto Makassar

makanan khas makassar
sahabatnesia.com

Coto Makassar merupakan salah satu kuliner khas Makassar yang cukup populer dan menjadi makanan ikonik. Coto Makassar ini adalah sajian kuliner berupa sup dengan berbagai macam rempah di dalamnya. Dalam Coto Makassar memiliki isian yang terdiri dari berbagai macam jeroan yang direbus, daging sapi dengan tambahan kacang tanah yang disangrai.

3. Sop Konro

makanan khas makasar
sahabatnesia.com

Seperti makanan khas dari Sulawesi Selatan, Sop Konro juga merupakan salah satu kuliner khas Makassar dari suku Bugis yang menjadi legenda dan rasanya yang lezat pun sudah todak perlu diragukan. Sop konro ini memiliki ciri khas warna kuahnya yang hitam, membuatnya terlihat seperti Rawon, warna hitam ini dihasilkan dengan memakai bahan kluwak sebagai bumbu. Terdapat bumbu rempah lainnya seperti lengkuas, ketumbar, kapulaga, dan lain-lain yang menambah cita rasa makanan agar semakin enak.

Sop konro ini memiliki isian berupa iga sapi atau daging yang empuk dengan balutan lemak jika ada. Kuliner ini sangat nikmat disajikan bersama ketupat atau nasi hangat.

4. Pallubasa

makanan khas makassar
sahabatnesia.com

Tidak jauh berbeda dengan kuliner kuah yang lainnya, pallubasa ini merupakan makanan khas daerah Makassar yang wajib kamu coba. Pallubasa ini memiliki kuah suap dengan berbagai bahan rempah-rempah dengan isian jeroan dan daging yang menggugah selera.

Pallubasa ini memiliki kuah yang kental berasal dari santan dan parutan kelapa yang lezat. Kuliner satu ini biasa disajikan bersama telur kuning ayam kampung mentah untuk menambah kelezatannya.

5. Mie Titi

makanan khas makassar
sahabatnesia.com

Mie titi merupakan kuliner khas Makassar selanjutnya. Kuliner ini berbentuk mie goreng kering yang dicampur dengan kuah kental. Kuah kental ini dibuat dari bahan seperti sayur, tepung pengental dan telur.

Seporsi mie titi ini biasanya sudah lengkap dengan lauk udang, irisan daging ayam, sayur dan bakso goreng yang semakin nendang jika ditambahkan cuka dan cabe rawit yang pedas.

6. Nasu Palekko

makanana khas makassar
sahabatnesia.com

Nasu palekko merupakan kuliner khas Makassar yang memiliki cita rasa pedas. Kuliner ini berbahan dasar dari daging itik yang dipotong kecil, ada juga jeroan dan bagian leher. Itik yang digunakan pun yang masih muda. Biasanya saat memasak akan dicampur dengan adam jawa untuk menghilangkan bau amis. Sehingga rasa pedas dan gurih dari nasu palekko tetap terjaga. Untuk itu kuliner satu wajib kamu coba saat berkunjung ke Makassar.

7. Barangko

makanan khas makassar
sahabatnesia.com

Makannan ini merupakan makanan penutup khas daerah Bugis yang terbuat dari pisang yang sangat halus. Bahan lain dari Barangko adalah telur, gula, garam, dan susu bubuk yang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang hijau. Bentuk makanan ini sangat lembut dan halus sehingga semua kalangan dapat menikmatinya.

8. Pisang Epe

makanan khas makassar
sahabatnesia.com

Jajanan khas Makassar yang satu ini jelas dari pisang. Pisang yang digunakkan adalah pisang kepok yang setengah masak. Cara membuatnya juga cukup mudah hanya dengan dipanggang di atas tungku batu dan ditaburi atau di olesi bahan makanan lainnya sesuai selera masing-masing.

9. Gogoso

makanan khas makassar
sahabatnesia.com

Makanan ini berasal dari daerah Bugis Sulawesi Sealatan. Makanan ini sering dijumpai waktu lebaran. Bentuknya mirip kelontong yang dibungkus dengan daun pisang hijau.

Mungkin sebenarnya Gogoso ini adalah ketupat khas Makassar. Seperti di Jawa waktu musim lebaran juga menggunakan ketupat untuk makan dengan opor ayam. Jika sedang berkunjung ke Makassar silahkan mencoba kuliner ini yaa!!

10. Es Palu Butung

makanan khas makassar
sahabatnesia.com

Es Palung Butung adalah es campur yang terbuat dari pisang hijau yang sangat cocok untuk makanan penutup. Bahan Es Palu Butung ini adalah bubur putih, es serut, susu kental yang di atasnya di beri pisang hijau. Biasa dihidangkan dengan mangkok sehingga terlihat sangat menarik, apalagi disantap waktu cuaca panas. Selain nikmat, makanan ini juga mengandung kalsium dan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

11. Juku Pallu

12. Ikan Bakar Bandeng

13. Kapurung

14. Burasa

15. Putu Cangkiri, Jajanan Khas Makassar

16. Baje Canggoreng

17. Kue Dange

18. Doko-Doko Cangkuling

19. Kue Barurasa

20. Sangkolo Khas Makassaar

21. Cucuru

23. Burongcong

24. Jalangkote

25. Sarabba

 

supardi Seorang yang belum kamu kenal yang suka dunia bisnis digital. yuk kenalan untuk berteman dan saling kerjasama.
× Kirim Pesan