ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Cara Menangkap Burung dengan Alat Sederhana Dijamin Berhasil

1 min read

Jenis Burung Kenari yang Bagus dan Populer di Indonesia

Cara Menangkap Burung dengan Cara Sederhana. Saat ini banyak sekali hobi yang digeluti oleh masyarakat dan salah satunya yang sedang marak adalah hobi memelihara burung. Hobi memelihara burung tersebut bisa cukup banyak dimanfaatkan untuk kegiatan lomba, mulai dari lomba keindahan burung hingga kicauannya. Untuk memiliki burung biasanya tidak hanya dari membeli, tapi juga ada yang mencari dan menangkap langsung di hutan. Tujuan mencari burung di hutan akan menimbulkan kepuasan dan kebahagiaan tersendiri.

Namun jarang sekali ada yang tahu cara menangkap dengan benar sehingga upaya berjam-jam di hutan tidak membuahkan hasil apapun. Agar sukses saat menangkap burung, ketahui cara menangkap burung yang benar berikut ini yang menggunakan suara pikat burung.

Cara Menangkap Burung dengan Suara Pikat Burung

Cara menangkap burung memang mudah, namun ada beberapa bahan dan alat yang harus dipersiapkan terlebih dulu, antara lain:

1. Getah Pohon

Getah pohon atau pulut adalah bahan pertama yang harus ada karena biasanya memang sudah digunakan untuk menangkap burung dengan cara tradisional. Menangkap burung menggunakan pulut merupakan cara terbaik karena burung tidak akan terluka dan bulu tidak akan rusak. Terdapat beberapa getah pohon yang bisa digunakan untuk cara ini yaitu getah pohon Bendo/Benda, pohon sukun, pohon nangka, dan pohon karet.

Baca Juga: Kumpulan Jenis Burung Lovebird dan Cara Ternaknya [Lengkap]

2. Lem Fox

Lem fox atau lem aibon bisa digunakan jika Anda merasa getah pohon kurang lengket. Perlu diingat bahwa penambahan lem tersebut tidak dianjurkan dalam jumlah yang banyak. Perekat akan terlalu lembek jika lem ditambahkan terlalu banyak. Tambahkan sesuai kebutuhan sampai campuran tidak terlalu lembek dan pastikan agar campuran tersebut cukup keras. Jika sudah terlanjur terlalu banyak mencampur lem dan campuran menjadi lembek, jangan khawatir karena Anda bisa menambahkan getah pohon karet agar campuran menjadi lebih keras.

3. Ponsel

Alat terakhir yang dibutuhkan adalah ponsel. Bawalah ponsel yang memiliki volume keras agar MP3 suara burung kicau bisa memancing burung liar untuk mendekat. Pilih kicau burung yang paling bagus sebagai suara pikat burung.

Gambaran Cara Kerja Menagkap Burung

Setelah memiliki semua bahan dan alat yang dibutuhkan, Anda bisa mulai mencoba cara menangkap burung di hutan dengan benar. Untuk mendapatkan burung, pilih pohon yang memiliki tinggi sekitar 10 meter. Pasangkan getah pada ranting pohon yang sudah dipilih dan nyalakan suara pikat burung menggunakan MP3 pada ponsel yang sudah disiapkan.

Taruh ponsel di bawah pohon yang sudah dipasangi getah dan tunggu hingga ada burung yang terperangkap. Cara menangkap burung menggunakan MP3 kicau burung ini sudah terbukti bisa menangkap beberapa jenis burung. Beberapa kicau burung yang bisa menarik perhatian burung adalah burung pleci, burung gelatik, dan burung prenjak.

Baca Juga: Jenis Burung Kenari yang Bagus dan Populer di Indonesia

Jika sudah menyimpan ponsel di tempat yang aman, carilah tempat persembunyian di sekitar lokasi pohon bergetah. Pastikan untuk tidak mengeluarkan suara gaduh apapun karena hal tersebut bisa membuat burung menjadi takut dan pergi menjauh, tunggulah dengan sabar. Jika jebakan sudah berhasil menangkap burung, matikan MP3 kicau burung pada ponsel dan ambil burung yang terjebak secepat mungkin.

Setelah itu simpan burung pada sangkar dan tutup sangkar agar burung lain tidak melihatnya. Jika ingin menangkap burung lagi, nyalakan kembali MP3 kicau burung dan simpan ponsel pada tempat semula lalu bersembunyi.

Cara yang sudah disebutkan sangat mudah untuk diikuti dan yang harus dimiliki  agar bisa mendapatkan banyak burung adalah kesabaran yang cukup tinggi untuk menunggu. Itulah sedikit ulasan tentang cara menangkap burung dengan suara pikat burung. Selamat mencoba.

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.
× Kirim Pesan