supardi Hobi membaca buku, jurnal, traveling, dan kulineran

Wisata Alam Solo Terbaik yang Keren dan Instagramable

3 min read

wisata alam solo

Selain kaya berbagai macam budaya dan tradisi Jawa yang kental, Kota Solo juga kaya akan destinasi wisata alam yang tak kalah indah dan menarik dari kota lainnya. Jika kamu berkunjung ke Solo atau kamu merupakan warga asli solo yang bosan dengan suasana kota, wisata alam solo bisa menjadi pilihan untuk menikmati waktu liburan kamu. Banyak wisata yang masih asri dan sangat instgramable untuk dijadikan story.

Apa saja sih wisata alam yang ada di Kota Solo ? inilah beberapa wisata alam solo yang wajib kamu coba. Yuk simak ulasan dibawah ini

1. Wisata Alam Solo Agrowisata Lembah Hijaun Jaten

Wisata alam solo yang pertama yaitu agrowisata. Akhir-akhir ini, kawasan agrowisata merupakan tempat wisata yang sedang ramai untuk dikunjungi. Selain menikmati pemandangan yang indah, di kawasan Agrowisata ini kamu bisa belajar tentang banyak hal tentang alam. Seperti budidaya, beternak dan lainnya.

Oleh karena itu, kawasan agrowisata juga merupaka wisata alam berbasis edukasi. Di Solo, kamu bisa mengunjungi kawasan agrowisata ini. salah satunya yaitu Agrowisata Lembah Hijaun Jaten.

wisata alam solo

Wisata alam agrowisata ini wajib kamu kunjungi saat berada di solo. Pada saat mengunjungi Agrowisata Lembah Hijau Jaten, kamu akan disuguhkan hamparan tanaman hijau yang luas. Sehingga membuat mata kamu tampak terasa segar.

Di Agrowisata Lembah Hijau Jaten kamu bisa mempelajari banyak hal seperti menanam berbagai macam jenis pohon, dan bahkan kamu bisa belajar membuat pupuk organik secara langsung. Selain itu, kamu juga bisa belajar beternak seperti memeras susu sapi perah di kawasan agrowisata ini. menarik bukan ?

Selain menikmati keindahan alamnya, kamu bisa mempelajari berbagai banyak hal tentang bertani dan beternak. Apakah kamu tetarik untuk mencobanya?

2. Wisata Alam Air Terjun Segoro Gunung

Wisata alam di Solo yang tak boleh kamu lewatkan saat mengunjungi Kota Solo yaitu wisata air terjun. Wisata alam di solo berupa air terjun sangat banyak sekali. Salah satu wisata alam air terjun di Kota Solo yaitu Air Terjun Segoro Gunung.

wisata alam solo

Wisata alam Air Terjun Segoro Gunung terletak di Desa Segoro Gunung, Kecamatan Ngargoyoso. Air Terjun Segoro Gunung, merupakan wisata alam yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berada di Solo.

Di Air Terjun Segoro Gunung ini, kamu bisa merasakan indahnya alam yang hijau karena banyak sekali pepohonan dan tanaman di sekitar Air Terjun Segoro Gunung. Selain itu, disini kamu bisa menikmati jernihnya air terjun yang dapat membuat pikiran kamu lebih fresh.

3. Wisata Alam Solo Waduk Cengklik

Waduk merupakan salah satu wisata alam di solo. Menikmati keindahan waduk, tidak boleh kamu lewatkan ketika berada di Kota Solo. Di kota Solo sendiri, terdapat beberapa macam waduk yang bisa kamu kunjungi dan kamu bisa menikmati keindahan waduk ketika berada di Kota Solo. Salah satu waduk yang bisa kamu kunjungi jika berada di Kota Solo yaitu Waduk Cengklik.

 

Waduk cengklik merupakan wisata alam di kota Solo yang terletak di dekat Bandara Solo Adi Soemarmo. Waduk Cengklik merupakan destinasi yang banyak dikunjungi baik wisatawan asing, maupun wisatawan lokal. Di Waduk Cengklik, kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam.

Salah satunya, kamu dapat melihat keindahan mata hari terbenam dari jarak yang dekat. Pada saat matahari terbenam, kamu bisa mengabadikannya melalui foto. Dan kamu bisa berfoto dengan background sunset di Waduk Cengklik ini. Selain berfoto, di Waduk Cengklik ini kamu bisa melakukan aktivitas memancing.

4. Geopark Batu Seribu

Jika kamu tengah berada di kota Surakarta atau lebih dikenal dengan sebutan kota Solo ini wajib hukumnya bagi kalian untuk mengunjungi wisata alam Geopark Batu Seribu. Wisata alam ini menawarkan sumber mata air yang banyak dipercaya tidak akan pernah kering walau musim kemarau sedang melanda. Fenomena alam tersebut diberi nama Sumber Pacinan. Tak hanya mata airnya saja yang menjadi daya tarik wisata ini, nama “Batu Seribu” sendiri disematkan pada tempat tersebut karena dulunya wilayah tersebut merupakan perbukitan batu cadas.

wisata alam solo

Meskipun tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang terkenal dengan sumber mata airnya namun kalian juga bisa memanfaatkannya sebagai tempat rekreasi di alam terbuka pada umumnya. Hal tersebut dikarenakan geopark batu seribu juga menawarkan keindahan kolam renang, pemandian mata air, dan tak lupa juga tersedia panggung kesenian.

Seperti tempat wisata alam pada umumnya, geopark batu seribu memiliki udara yang sangat sejuk sehingga akan membuat para pengunjung menjadi lebih betah dan lburan tentunya akan menjadi lebih menyenangkan. Lokasi tempat wisata alam Geopark Batu Seribu tepatnya berada di Jalan Raya Krisaketir km 7, Tiyaran, Sukoharjo, Jawa Tengah.

5. Wisata Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso

Tempat wisata alam di Solo yang bisa kalian kunjungi selanjutnya adalah Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso. Taman wisata ini juga banyak yang menyebutnya dengan julukan Tahura Ngargoyoso. Taman hutan rakyat ngargoyoso ini merupakan taman hutan raya satu-satunya yang berada di provinsi Jawa Tengah. Oleh sebab itulah taman wisata ini sangat dijaga kelestariannya.

wisata alam solo

Taman hutan rakyat ngargoyoso ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menawan. Selain pemandangannya yang sangat indah, hutan wisata ini juga menyediakan area perkemahan untuk memudahkan para pengunjung jika ingin beralam di taman wisata ini. Bagi kalian yang tetarik ingin bermalam di hutan wisata ini tak perlu khawatir karena di sini sudah tersedia berbagai fasilitas yang menunjang iburan kalian seperti mushola, tempat parkir, camping area, hingga penginapan pun dapat kalian temukan di tempat ini.

Saking lengkapya fasilitas yang ditawarkan, tak sedikit yang menjadikan taman hutan rakyat ngargoyoso ini menjadi tempat kegiatan sekolah maupun organisasi. Taman hutan wisata ini berlokasi di Sukuh, Karanganyar.

6. Grojogan Sewu Wisata Alam Solo

Solo merupakan salah satu kota di Indonedis yang menyimpan banyak surga alamnya, salah satunya adalah grojogan sewu. Tempat wisata alam grojogan sewu ini dapat kita jumpai tepatnya di Jalan Raya Tawangmangu, Karanganyar. Pesona air terjun yang menawan ini pasti akan membuat para pengunjugnya perpaku menikmati eloknya ciptaan Yang Maha Kuasa.

wisata alam solo

Grojogan sewu sendiri merupakan salah satu air terjun yang sangat terkenal di Jawa Tengah yang letaknya tepat berada di lereng Gunung Lawu. Jika kalian tertarik ingin mengunjungi grojogan sewu disarankan untuk berkunjung di pagi hari agar kalian bisa merasakan hawa sejuk alami dari air terjun ini.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan bekal yang kalian butuhkan ketika berwisata ke grojogan sewu. Tapi tenang saja, biaya akomodasi wisata alam ini masih sangat ramah di kantong kok, kalian hanya dikenakan biaya sebesar Rp 17.000 untuk dapat menikati keindahan alam di grojogan sewu ini.

Tidak hanya wisata alam yang menarik perhatian pelancong, tetapi juga makanan khas Jawa Tengah juga hampir tersedia di pinggir jalan untuk sebagai buah tangan.

supardi Hobi membaca buku, jurnal, traveling, dan kulineran
× Kirim Pesan