supardi Hobi membaca buku, jurnal, traveling, dan kulineran

6 Rukun Iman yang Wajib Umat Islam Ketahui

2 min read

rukun iman

Rukun Iman – Iman dalam diri seorang muslim sangatlah penting keberadaannya untuk menjaga rasa percaya kita pada Allah SWT. Iman sendiri merupakan kepercayaan yang dimiliki seseorang. Ketika iman tersebut hilang dari dalam diri kita maka yang terjadi adalah tidak akan mampu akal kita menerima setiap ketentuan yang telah digariskan. Maka dari itu, rukun iman dalam agama Islam tidak hanya harus diketahui bagi pemeluknya. Tetapi juga mampu menjalankan apa yang telah dituliskan. Mereka yang mampu mengimani 6 rukun ini tentu menjadi awal yang baik untuk berbenah diri dalam hal agama.

Mengetahui Apa Saja Rukun Iman dalam Islam

1. Iman Kepada Allah

Iman kepada Allah menjadi dasar dari agama Islam sendiri. Sebab sudah tentu setiap muslim harus percaya kepada Allah karena memang Allah merupakan Tuhan kita. Bukan hanya dengan kata-kata tetapi dengan perbuatan dan juga hati kita. Akan menjadi percuma jika iman kepada Allah hanya dalam ucapan saja. Misalnya saja dengan menjalankan seluruh perintahnya dan menjauhi larangannya adalah bentuk bagaimana kita beriman kepada Allah. Dengan begitu, telah menjadi seorang muslim bagi mereka yang bisa menjalankan perintah Allah dengan baik.

2. Iman Kepada Malaikat-Malaikat Allah

Rukun iman kedua adalah iman kepada malaikat-malaikat Allah. Salah satu yang harus benar-benar kita ingat bahwa Allah maha mengetahui. Apapun yang akan dan telah kita lakukan, dimanapun dan bersama siapapun, Allah mengetahui gerak gerik kita. Juga pada pundak kanan dan kiri kita adanya malaikat yang mencatat kebaikan dan keburukan yang telah kita perbuat. Apa yang direkam nanti akan dipertanggung jawabkan di akhirat. Beriman kepada malaikat Allah menjadi salah satu wujud dari seorang hamba yang bertaqwa.

3. Iman Kepada Kitab Allah

Iman kepada kitab Allah artinya bahwa kita Zabur, Taurat, Injil, Al-qur’an dan beberapa shuhuf atau lembaran kitab yang diturunkan Allah pada para Nabiya. Juga mengimani isi yang ada di dalam kitab tersebut seperti agama Islam yang memiliki kitab suci Al-qur’an. Kitab suci merupakan petunjuk langsung dari Allah yang mana berisi segala hal yang mengatur dunia dan akhirat. Tidak hanya membacanya tetapi juga mengamalkannya akan membuat kita selamat dunia akhirat.

4. Iman Kepada Rasul-Rasul Allah

Rasul Allah merupakan utusan Allah untuk menegakkan jalan keadilan dan benar. Iman kepada nabi dan rasul Allah disini adalah mempercayai adanya Nabi Muhammad SAW dan nabi yang lain. Yang mana hal ini juga telah disampaikan melalui Al-Quran dan juga melalui hadist dari Baginda Nabi Muhammad SAW. Bahkan di dalam Al-Quran sendiri juga disebutkan beberapa nabi seperti Nabi Musa, Nabi Isa, Nabi Ibrahim dan lain sebagainya. Sebagai umat muslim tentu kita harus percaya akan 25 nabi yang disebutkan di dalam Al-Quran. Tidak hanya percaya tetapi juga menauladani sifat baiknya.

Baca Juga:

5. Iman Kepada Hari Akhir

Percaya kepada hari akhir adalah bagian dari iman terhadap Allah. Sebab, apa-apa yang ada di dunia pasti hancur. Nantinya ada alam barzakh, tanda-tanda hari kiamat, peniupan sangkakala oleh malaikat isrofil, hari penghitungan amal dan lain sebagainya. Iman kepada hari akhir akan menghindarkan kita dari sifat meremehkan kewajiban muslim.

6. Iman Kepada Takdir Allah (Qodlo dan Qodar)

Iman terhadap apa yang sudah ditakdirkan Allah kepada kita akan membantu kita untuk ikhlas dalam menjalani hidup. Percaya bahwa ketetapan Allah adalah yang terbaik. Ketika ada nasib baik tidaklah kita melupakan Allah. Juga ketika ada nasib buruk hendaknya kita bersabar dan tetap berdoa.

Adanya 6 rukun iman ini menjadikan kita kembali ingat bahwa Allah telah menunjukkan seterang-terangnya petunjuk untuk menjalani hidup di dunia dan bekal di akhirat. Sebagai umat muslim, iman kepada Allah, malaikat, rasul, kitab hingga kepada ketetapannya memanglah tidak seharusnya hanya diucapkan saja tetapi juga sebagai pengingat bahwa hidup di dunia hanya sementara.

supardi Hobi membaca buku, jurnal, traveling, dan kulineran
× Kirim Pesan