af 13 Makanan Khas Cirebon Jawa Barat yang Pasti Enak
makanan khas cirebon

Makanan Khas Cirebon

Kota Cirebon memiliki banyak tempat wisata yang terkenal. Kota ini juga menawarkan banyak hal, seperti wisata sejarah tentang kerajaan Islam, kisah dari para wali, situs peninggalan Belanda, dan juga makanan khas yang pastinya membuat ketagihan. Apa sajakah makanan khas Cirebon yang terkenal? Untuk mengetahui penjelasannya, simaklah ulasannya di bawah ini.

1. Makanan Khas Cirebon Nasi Jamblang

Makanan khas Cirebon

Nasi jamblang termasuk salah satu kuliner khas Cirebon yang terkenal. Saat kamu berkunjung ke Cirebon, jangan sampai melewatkan makanan khas satu ini. Nasi jamblang merupakan makanan khas yang berupa nasi dan disajikan dengan beragam lauk-pauk sesuai dengan selera penikmat.

Dulu, nasi jamblang hanyalah nasi putih dengan tambahan lauk sederhana seperti tahu, tempe, dan sambal. Ciri khas dan keunikan nasi jamblang ini adalah bungkusnya yang menggunakan daun jati. Hal ini akan membuat aroma dan cita rasa nasi jamblang menjadi lebih gurih.

2. Nasi Lengko Cirebon

makanan khas cirebon

Makanan khas Cirebon selain nasi jamblang yang lezat adalah nasi lengko. Sebenarnya, nasi lengko dan nasi jamblang ini hampir sama. Yang membedakan adalah lauk pada nasi lengko yang dibuat agar lebih menyehatkan. Misalnya seperti tahu goreng, tempe goreng, mentimun, dan daun kucai.

Selain lauk, perbedaan antara nasi jamblang dan nasi lengko adalah dari saus pelengkapnya. Nasi jamblang menggunakan sambal untuk menambah kelezatan, sedangkan nasi lengko disajikan dengan sambal kacang. Karena adanya sambal kacang ini, nasi lengko akan terasa pedas, manis, dan gurih yang berpadu menjadi kelezatan yang hakiki.

3. Tahu Gejrot

makanan khas cirebon

Tahu gejrot merupakan makanan khas Cirebon yang membuat ketagihan. Tahu gejrot ini banyak juga ditemukan di kota besar lainnya. Tahu gejrot ini merupakan makanan khas yang sederhana. Tahu yang telah digoreng kering dipotong sesuai selera. Setelah itu diletakkan dalam piring yang biasanya terbuat dari tanah liat. Setelah itu, siramlah dengan kuah bumbu yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, gula merah, dan cabai rawit.

4. Tahu Kuningan Khas Cirebon

makanan khas cirebon

Tahukah kamu? Cirebon ini juga terkenal dengan sebutan kota tahu. Hal ini dikarenakan oleh Cirebon yang mempunyai makanan khas berupa tahu yang sangat terkenal. Tahu kuningan ini diolah dari biji kedelai terbaik melalui proses fermentasi.

Tekstur dari tahu Kuningan ini lebih padat dan lebih gurih jika dibandingkan dengan tahu lain. Untuk penampilannya, tahu Kuningan ini hampir sama dengan tahu Sumedang. Namun sebenarnya, tahu Kuningan mempunyai bagian dalam yang padat dan lebih lembut dari pada tahu Sumedang.

5. Empal Gentong Cirebon

makanan khas cirebon

Empal gentong juga termasuk makanan khas Cirebon yang membuat ketagihan. Empal gentong ini termasuk makanan khas yang terbuat dari daging sapi. Daging sapi yang digunakan adalah daging sapi yang memiliki tekstur lembut. Jadi saat dimakan akan membuat lidah kamu bergoyang.

Biasanya, makanan khas ini menyajikan daging sapi dengan paduan kuah santan yang sangat kental dan tentu gurih. Empal ini dinamakan empal gentong karena dalam proses memasaknya menggunakan kuali dari tanah atau yang dikenal dengan gentong. Prose memasak empal gentong ini kurang lebih selama 5 jam.

6. Makanan Khas Cirebon Empal Asam

makanan khas cirebon

Empal asam ini adalah makanan khas Cirebon yang terbuat dari daging sapi, sama seperti empal gentong. Dalam empal asam, daging sapi akan diolah dengan cara direbus sampai benar-benar lunak. Yang membedakan empal asam dengan empal gentong adalah kuahnya. Empal gentong menggunakan kuah santan yang kental, sedangkan empal asam menggunakan kuah yang bening.

Kuah dari empal asam bisanya diberi tambahan tomat dan belimbing wuluh. Jadi, rasa asam dan segar akan semakin terasa. Empal asam ini cocok disajikan dengan nasi putih dan juga sambal.

7. Mie Koclok Khas Cirebon

Mie kuclok khas cirebon

Makanan khas Cirebon yang tak kalah enaknya adalah Mie Koclok. Makanan khas Cirebon ini berbahan dasar mie kuning dengan kuah kental yang berasal dari santan kelapa yang padukan dengan kaldu ayam. Tekstur kental dari kuah ini berasal dari tambahan tepung maizena yang telah diencerkan sehingga menjadikan kuah mie ini menjadi lebih kental. Komponen lain dari mie koclok yaitu adanya suwiran dada ayam, tauge, kol, telur rebus, irisan seledri, bawang daun, bawang goreng dan tambahan perasan air jeruk purut untuk menambah rasa segar pada hidangan ini. Mie Koclok ini biasanya disajikan dengan tambahan kerupuk atau emping, kecap manis dan sambal.

8. Growolan Khas Cirebon

growolan khas Cirebon

Growolan merupakan salah satu makanan khas Corebon yang memiliki banyak penggemar. Growolan sendiri berasal dari bahasa jawa yang dapat diartikan kumpulan atau gumpalan. Makanan khas Kota Cirebon ini terbuat dari bahan dasar gaplek atau singkong yang telah dijemur hingga kering dan dihaluskan. Growolan ini dibuat dengan cara dikukus dengan campuran kelapa parut dengan tabahan sedikit garam. Growolan ini memiliki rasa gurih yang biasanya disandingkan dengan gula aren yang telah dicairkan.

9. Kerupuk Melarat Khas Cirebon

Kerupuk mlarat Khas Cirebon

Hidangan khas dari Kota Cirebon selanjutnya adalah kerupuk melarat. Makanan khas Cirebon yang satu ini akrab dikenal dengan sebutan kerupuk pasir. Julukan tersebut diberikan karena dalam proses penggorengannya kerupuk ini tidak menggunakan minyak goreng seperti kerupuk kebanyakan tetapi menggunakan pasir yang telah dicuci bersih dan dikeringkan. Kerupuk ini banyak diminati oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke Kota Cirebon untuk dijadikan buah tangan.

10. Sate Kalong Khas Cirebon

sate kalong khas cirebon

Sate kalong merupakan makanan khas Cirebon yang sangat unik. Dari namanya saja sudah terdengar menyeramkan ya. Tapi tenang saja, walaupun namanya sate kalong namun bahan dasar yang digunakan bukan berasal dari kelong atau kelelawar ya melainkan berasal dari kulit sapi. Nama sate kalong sendiri diberikan karena sate ini hanya bisa kita temui pada saat malam hari saja. Sate kalong ini memiliki cita rasa gurih manis dan asin. Biasanya sate kalong ini disajikan dengan sambal yang tebuat dari oncom.

11. Docang Khas Cirebon

Docang khas Cirebon

Docang merupakan salah satu makanan khas Cirebon yang sangat populer. Docang sendiri merupakan makanan yang terdiri dari beberapa bahan yakni lontong, tauge, daun singkong, serta tambahan kerupuk di atasnya. Docang sendiri disajikan dengan sayur oncom yang di dalamnya ditambah dengan parutan kelapa dan bungkil kacang tanah sehingga menciptakan cita rasa yang gurih. Tak hanya enak di lidah namun makanan khas Cirebon ini juga enak di kantong karena harganya yang relatif sangat murah.

12. Rujak Kangkung Cirebon

Rujak kangkung Cirebon

Rujak sangat identik dengan potongan buah yang disiram dengan bumbu kacang. Namun di Kota Cirebon ada makanan khas rujak namun bukan terbuat dari buah namun dari sayur kangkung. Rujak kangkung merupakan hidangan yang sangat menyegarkan dan menyehatkan karena dibuat dengan sayur kangkung yang direbus dan disiram dengan bumbu rujak.

13. Bubur Sop Ayam Cirebon

Bubur sop ayam Cirebon

Kuliner khas Cirebon lainnya adalah Bubur Sop Ayam. Makanan unik ini tak jauh berbeda dengan bubur pada umumnya. Bubur sop ayam merupakan sajian bubur yang disajikan dengan siraman kuah sop ayam lengkap dengan suwiran ayam, mie soun, kol, dan tak lupa irisan tomat untuk mempercantik tampilannya. Kuliner unik khas Kota Cirebon yang satu ini biasanya dapat kita jumpai di malam hari.

Demikian makanan khas Cirebon yang wajib di coba ketika berlibur kesana yaa!. Masih banyak kuliner khas Cirebon yang terkenal tetapi mimin belum bisa tulis disini. Ayoo lestarikan makanan khas Nusantara agar generasi penerus bangsa Indonesia bisa mengerti kuliner khas Cirebon ini.

Tinggalkan komentar

×