supardi Hobi membaca buku, jurnal, traveling, dan kulineran

Tempat liburan Alam Jogja Ini Bisa Jadi Rekomendasi Kamu

3 min read

tempat liburan alam jogja

Pada kedua artikel sebelumnya, kita sudah banyak mengekspos tentang wisata alam di Jogja. Namun, hal ini tidaklah cukup karena wisata alam jogja sangat banyak sekali. Sehingga, pada artikel kali ini, akan membahas tempat liburan alam Jogja yang bisa dijadikan rekomendasi saat berlibur.

Nah apa saja sih tempat wisata alam di jogja ini ? yuk simak ulasan di bawah ini agar kamu lebih mengetahui tentang wisata alam di Jogja

1. Tempat Liburan Alam Jogja Kebun Teh Nglinggo

kebun teh glinggo

Tidak hanya kota Malang saja yang terkenal dengan wisata alam kebun teh, namun di Jogja juga terdapat wisata alam kebun teh. Salah satunya yaitu kebun teh nglinggo. Kebun teh ini, terletak di Desa Nglinggo, Puncak Bukit Menoreh, Kulon Progo.

Wisata alam Jogja ini memiliki keindahan alam yang wajib kamu kunjungi. Di kebun teh nglinggo ini, kamu bisa menikmati keindahan perkebunan teh yang tertata sangat rapi serta panorama perbukitan di sekitar kebun teh yang sangat menarik.

Di kebun teh nglinggo ini, kamu bisa mencapai puncak kebun teh dan melihat berbagai keindahan alam dari ketinggian. Dan kamu juga bisa melakukan hunting foto yang sangat bagus di Kebun Teh Nglinggo ini.

2. Wisata Alam Jogja Batu Miring

Batu miring

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan sunrise, batu miring merupakan wisata alam jogja yang wajib kamu kunjungi. Wisata alam batu miring sendiri terletak di daerah Gunung Kukusan, Dusun Wonokerto, Ngaregoretno, Kulonprogo.

Ketika kamu sampai di batu miring ini kamu bisa menyaksikan keindahan sunrise dengan jarak yang sangat dekat. Selain itu, keindahan alam di sekitar tempat wisata batu miring ini juga tak kalah menarik. Sehingga, batu miring ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto terbaik.

3. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk pasir jogja

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan salah satu tempat wisata alam jogja yang harus kamu kunjungi jika kamu menginginkan liburan yang seru dan tentunya tidak akan terlupakan. Gumuk Pasir Parangkusumo terletak di jalan pantai parankusumo, kecamatan kretek, bantul.

Gumuk pasir parangkusumo merupakan hamparan pasir yang sangat luas. Sehingga kamu akan berasa berada di Timur Tengah. Di gumuk pasir parangkusumo ini, kamu bisa melakukan aktivitas berselancar di pasir. Selain itu kamu bisa menikmati keindahan gurun pasir dengan menyewa kendaraan atv ataupun menunggang kuda.

Biaya sewa kendaraan atv ataupun biaya sewa berkuda di gumuk pasir parangkusumo ini berkisar antara Rp 50.000 – 150.000. dan jika kamu tertarik untuk mengunjungi gumuk pasir parangkusumo, kamu bisa datang pada pukul 08.00-18.00 dan merasakan keindahan gurun pasirnya.

4. Air Terjun Kedung Kandang

air terjun kedung kandang

Jika kamu ingin berlibur menikmati keindahan air terjun, wisata alam jogja air terjun kedung kandang bisa dijadikan salah satu pilihan yang menarik untuk dikunjungi. Air terjun kedung kandang ini terletak di daerah Nglanggeran, Patuk ,Gunung Kidul, Jogjakarata.

Air terjun kedung kandang ini dikelilingi oleh hamparan sawah yang sangat luas sehingga menambah kesan eksotis ketika kamu berada disini. Gemricik air tercun serta pemandangan yang hijau, membuat fikiran kamu tampak lebih fresh dan segar kembali.

Air terjun kedung kandang ini memiliki enam tingkat, dan airnya pun langsung mengalir ke area persawahan. Untuk mencapai air terjun kedung kandang ini, kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu. Disepanjang perjalanan kamu juga akan di suguhkan oleh pemandangan perbukitan,persawahan, dan pegunungan yang tak kalah indah dan serba hijau.

5. Puncak becici

Puncak becici

Wisata alam selanjutnya yang wajib kalian kunjungi jika bertandang ke kota Jogja adalah puncak becici. Puncak becici merupakan salah satu wisata alam terbaik di kota Jogja. Di tempat ini kalian akan disuguhkan pemandangan kota jogja yang sangat menawan. Di bagian utara kalian bisa melihat dengan jelas kemegahan candi prambanan dari ketinggian, sedangkan di bagian selatan kalian juga bisa melihat indahnya pantai selatan. Selain itu, kalian juga bisa menikmati pemandangan luar biasa ketika matahari terbenam.

Puncak becici terletak di desa Muntuk, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul. Pada tahun 2017 silam, puncak becici juga pernah dikunjungi orang nomor satu di Amerika Serikat yaitu Presiden Barak Obama. Untuk dapat mengunjungi wisata puncak becici ini kalian cukup meyiapkan uang Rp 3.000 – Rp 10.000 untuk membayar parkir saja.

6. Wisata Alam Hutan Pinus Pengger

Hutan pinus

Hutan pinus merupakan salah satu tempat wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan. Hutan pinus menawarkan keindahan pemandangan alam dari atas bukit. Tak hanya itu, hutan pinus pengger ini juga menawarkan banyak spot foto instagramable yang menjadi favorit banyak kaula muda.

Tempat wisata alam hutan pinus pengger sendiri berada di desa Terong, Dlingo, Bantul. Lokasi wisata alam hutan pinus pengger ini berjarak sekitar 23 km dari pusat Kota Yogyakarta. Jika kalian ingin mengunjungi wisata alam yang epik ini tak perlu khawatir kantong jebol karena tarif hutan pinus pengger ini sangat ramah di kantong.

7. Wisata Alam Jogja Tirta Budi

Tirta budi

Tempat wisata alam di Jogja yang tak kalah indahnya adalah Tirta Budi. Tirta Budi ini juga dijuluki Blue Langoon oleh masyarakat sekitar karena airnya yang jernih dan berwarna biru. Blue langoon atau tirta budi merupakan sebuah tempat pemandian berbentuk kolam yang tidak terlalu besar dengan pancuran air yang mengalir dari bambu di tengahnya. Selain airnya yang jernih dan menyegarkan di kolam tersebut juga terdapat banyak ikan-ikan kecil di dalamnya yang jika kita memasuki kolam ikan tersebut akan menggigiti badan kita. Namun tak perlu khawatir karena ikan-ikan tersebut tidaklah berbahaya layaknya ikan piranha, ia hanya memakan sel-sel kulit mati pada tubuh kita rasanya seperti terapi ikan.

Lokasi Blue Langoon terletak tepatnya di desa Wedomartani, Ngemplak, Sleman. Jika ingin berwisata di kolam pemandian Tirta Budi, kalian bisa meleati jalan Kaliurang yang bisa ditempuh dari pusat kota jogja hanya sekitar 40 menit saja.

8. Pantai Parangtritis

pantai Parangtritis

Berlibur di Kota Jogja belum lengkap rasanya jika belum menikmati indahnya suasana pantai Parangtritis. Pantai parangtritis sendiri merupakan salah satu pantai yang sangat terkenal di Yogyakarta. Letaknya yang tak telalu jauh dari pusat kota Jogja membuat pantai ini sangat ramai dikunjungi para wisatawan terlebih saat akhir pekan tiba.

Pantai parangtritis adalah pantai di pesisir selatan jawa yang menyuguhkan keindahan ombak yang menjulang tinggi. Pantai ini memiliki pasir yang hitam dikarenakan sebagai muara dari sungai yang mengalir dari hulu gunung merapi. Pantai ini juga sangat lekat dengan legenda Nyi Roro Kidul yang banyak dipercaya oleh masyarakat luas.

9. Bukit Klangon

Bukit klangon

Wisata alam jogja yang selanjutnya adalah bukit klangon. Tempat Wisata ini merupakan sebuah bukit yang terletak di lereng gunung merapi. Di tempat ini kalian bisa menikmati keindahan alam bawah lereng gunung merapi. Tak hanya itu, kalian juga bisa berkemah di tempat ini karena tempatnya yang luas. Untuk biaya akomodasi tak perlu khawatir, kalian hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan yakni sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

supardi Hobi membaca buku, jurnal, traveling, dan kulineran

Tinggalkan Balasan

× Kirim Pesan