Melegenda, Inilah Makanan Khas Purwokerto Yang Terkenal!

Makanan khas Purwokerto – Terletak di provinsi Jawa Tengah, Purwokerto merupakan ibu kota Banyumas. Purwokerto dikenal dengan beberapa nama yaitu kota kripik, kota pendidikan, kota wisata. Dan di kota ini juga terdapat makanan khas Purwokerto yang tidak kalah dengan kota-kota yang lain di Indonesia. Berikut adalah listnya:

1. Makanan Khas Purwokerto Tempe Mendoan Makanan Khas Kota Wisata

makanan khas purwokerto
wisatabanyumas.com

Bagi anda yang suka jajan gorengan pasti sangat mengenal dengan makan ini, mendoan. Mendoan merupakan makanan khas dan sudah dikenal sebagai makanan yang identik makanan khas Purwokerto. Tidak hanya orang bahkan yang tinggal jauh di sana mengenal makanan ini. Jika berkunjung ke Kota Purwokerto ini, anda bisa mencobanya.

Tempe yang menjadi bahan utama makanan Purwokerto ini diiris tipis, kemudian di celupkan pada adonan yang diberi bumbu rempah khusus kemudian digoreng samapai kecoklatan. Dipadukan dengan saus kecap yang diberi potongan cabe rawit dan bawang menambah nikmat menyantapnya, terutama saat masih hangat baru siap di makan.

2. Makanan Khas Purwokerto Getuk Sokaraja

makanan khas purwokerto
wisatabanyumas.com

 

Ketika anda mengisi liburan ke kota Purwokerto, akan anda jumpai di setiap pinggir jalan banyak pedagang yang menjual getuk sokaraja. Seperti legenda, Getuk Sokaraja merupakan makanan khas Purwokerto bahkan bagi penikmat makanan nusantara getuk sokaraja ini mempunyai tempat spesial. Karena memiliki rasa yang manis, tekstur lembut dan berwarna coklat membuat makanan khas ini tidak akan kehilangan pencintanya.

3. Makanan Khas Purwokerto Nopia Khas Purwokerto

makanan khas purwokerto
www.bagi-in.com

Makanan khas dari Purwokerto lainnya adalah Nopia, makanan ini dibuat dari adonan tepung terigu yang di dalamnya berisi gula Jawa mirip seperti bakpia tetapi beda rasa dan bentuk. Dengan dibentuk bulat yang sedikit lonjong seperti telur ayam. Nopia mempunyai kulit yang agak keras, tetapi bila dimakan terasa seperti keropos di dalamnya. Mempunyai rasa yang enak dan manis. Pas untuk dinikmati dengan secangkir teh atau minuamn sesuai selera anda.

4. Makanan Khas Purwokerto Soto Sokaraja

makanan khas purwokerto
www.purwokertoguidance.com

Di Purwokerto ada sebuah daerah yang dikenal sebagai Sokaraja. Tentu saja ada makanan khas Purwokerto daerah tersebut yakni Soto Sokaraja yang mempunyai citarasa yang beda dengan soto di daerah lain. Di dalam soto ini yang paling dominan itu kuah hangat dengan tekstur kental. Ketika anda mencicipinya jangan salah kalau anda ingin terus datang ketempat ini lagi.

Pas sekali jika makanan khas Purwokerto ini disantap bersama lontong yang telah ditambahi bumbu kaldu nan gurih. Dua varian rasa yang dapat Anda pertimbangkan dalam memilih, yakni rasa daging sapi dan daging ayam. Soto Sokaraja berkisar harganya cukup untuk di kantong anda yaitu Rp.25.000 tiap satu porsi.

5. Makanan Khas Purwokerto Jenang Jaket ala Khas Purwokerto

makanan khas purwokerto
jenangnya.blogspot.com

Penamaan jenang jaket berasal dari Jenang Asli Ketan. Pasti anda bingung sebelumnya, namun dengan penamaan yang unik ini sukses membuat orang penasaran dengan salah satu makanan khas Purwokerto. Dodol atau jenang telah banyak ditemui di daerah lain, namun ada bedanya yakni Jenang Jaket mempunyai kemasan yang di dalamnya dibungkus dengan bentuk persegi.

Beras ketan, gula merah, dan santan kelapa merupakan bahan baku untuk membuat Jenang Jaket. Makanan khas Purwokerto ini mempunyai rasa yang sangat enak. Yang paling terasa dari jenang jaket ini adalah beras ketannya. Namun apabila ingin melihat secara langsung proses produksinya, anda dapat mengunjungi di daerah Mersi, Purwokerto. Makanan Jenang Jaket ini juga bisa Anda dapatkan di pusat oleh-oleh di Purwokerto.

Tinggalkan komentar