Inilah 6 Makanan Khas Purwakarta dengan Rasa yang Mendunia!!

Makanan Khas Purwakarta – Purwakarta merupakan sebuah kota yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Karawang, Subang, Bandung, serta Cianjur. Lokasi Kota Purwakarta yang sangat strategis ini yakni di titik temu jalur Bandung-Purwakarta, Jakarta-Purwakarta, dan Cirebon-Purwakarta.

Karena letaknya yang strategis ini, Kota Purwakarta kerap menjadi tempat persinggahan para pemudik yang hendak menuju ke kampung halamannya masing-masing untuk mencari oleh-oleh.

Kota Purwakarta ini juga memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan lokal maupun mancanegara. Yap, Kota Purwakarta memiliki berbagai obyek wisata yang sangat menarik hati para wisatawan yang berkunjung di kota ini.

Tidak hanya sekedar obyek wisatanya saja yang banyak terdapat di Kota Purwakarta lho. Kota Purwakarta juga menyimpan  beragam kuliner khasnya yang patut untuk kamu coba. Apa saja sih makanan khas Kota Purwakarta? Yuk simak ulasan lengkapnya hanya di elrajab.com.

Inilah 6 Makanan Khas Purwakarta yang Enak:

1. Sate Maranggi, Makanan Khas Purwakarta

makanan khas purwakarta
https://resepbiyen.com

Makanan khas Kota Purwakarta dengan rasa yang sangat mendunia ini adalah Sate Maranggi. Kuliner khas yang satu ini memang menjadi primadona bagi para wisatawan sejak jaman dulu. Rasa dari Sate Maranggi yang begitu khas inilah yang membuat makanan ini menjadi kuliner favorit setiap wisatawan yang berkunjung ke Kota Purwakarta.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat Sate Maranggi ini adalah daging kambing, ayam, dan sapi seperti sate-sate pada umumnya. Namun yang membedakan makanan khas ini dengan sate yang lainnya adalah dari cara pengolahannya yakni dengan cara merendam daging dalam bumbu terlebih dahulu sebelum dibakar.

Bumbu yang digunakan untuk membuat Sate Maranggi ini pun bumbu khas. Bumbu tersebut terdiri dari kecap manis dan berbagai macam rempah-rempah seperti jahe, ketumbar, lengkuas, kunyit, dan tak lupa menambahkan sedikit cuka untuk memberikan rasa asam.

Sate Maranggi ini biasanya disandingkan bersama dengan irisan tomat dan bawang merah segar sehingga terciptalah rasa yang sangat menggugah selera.

Tekstur daging pada sate yang lembut serta rasa yang begitu khas membuat sate ini menjadi kuliner yang wajib kamu coba ketika kamu mampir di Kota Purwakarta ini.

2. Makanan Khas Purwakarta, Simpling

makanan khas purwakarta
https://www.viva.co.id

Makanan khas yang satu ini merupakan camilan khas Kota Purwakarta yang biasanya berbentuk bulat dan pipih. Bahan dasar untuk membuat makanan ringan khas Kota Purwakarta ini adalah campuran dari tepung terigu dan tepung tapioka. Adonan tepung yang telah tercampur rata ini kemudian dipanggang menggunakan cetakan khusus.

Eetts jangan salah ya, camilan Simpling ini memang dulunya hanya memiliki satu varian rasa saja tetapi sekarang Simpling sudah memiliki berbagai macam varian rasa. Yap, seiring dengan berkembangnya industri kuliner di Indonesia serta banyaknya permintaan dari konsumen, maka terciptalah berbagai varian rasa dari Simpling ini. Varian rasa dari Simpling ini yakni rasa bawang, pisang, nangka,pandan, coklat, srawbery, dan keju.

Untuk lebih menarik perhatian, warna dari Simpling ini juga disesuaikan dengan varian rasa yang ada pada Simpling. Tenang saja, camilan khas Kota Purwakarta ini dibandrol dengan harga yang masih cukup terjangkau kok. Yakni sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000 saja per bungkusnya.

3. Ayam Goreng “Sajolna” Khas Purwakarta

makanan khas purwakarta
http://raritavi-travel.blogspot.com

Belum lengkap rasanya jika kita berkunjung ke Kota Purwakarta ini tanpa mencoba makanan khas Purwakarta yang selalau menjadi jawara yakni Ayam Goreng “Sajolna”.

Ayam Goreng Sajolna berasal dari ayam goreng kampung yang digoreng setengah kering. Ayam goreng ini sangat cocok jika kita sandingkan dengan sambal dadak yang memiliki cita rasa pedas yang luar biasa. Sambal ini pun langsung disajikan di atas cobek tanah liat yang tentu akan menambah rasa khas dari sambal ini.

Bagi kamu pecinta ayam goreng, wajib bagi kamu untuk mencoba sensasi Ayam Goreng basah ini yang dapat kamu temukan di Rumah Makan Sajolna Kota Purwakarta.

4. Makanan Khas Purwakarta, Peuyeum Bendul

makanan khas purwakarta
http://aldoraathallah26.blogspot.com

Yap, ada satu lagi nih mkanan khas dadri Kota Purwakarta yang bernama Peuyeum Bendul. Eeetts jangan salah sangka dulu ya, selain Bandung Kota Purwakarta juga punya makanan khas peuyeum yang kerap disebut Peueyeum Bendul.

Dijuluki Peuyeum Bendul karena peuyeum yang hanya dapat kita temukan di KOta Purwakarta ini dijajaakan do sepanjang Jalan Raya Bendul Purwakarta. Peueyeum Bendul ini dijual dengan cara digantung sehingga dapat terlihat menarik dari kehauhan.

Cita rasa Peuyeum Bendul yang begitu enak dan khas ini akan membuat siapa pun yang menyantapnya menjadi ketagihan. Jadi bagi kamu yang singgah di Kota Purwakarta atau hanya sekedar lewat di Jalan Raya Bendul, jangan lupa untuk membeli Peuyeum Bendul ini sebagai buah tangan untuk orang-orang terkasih.

5. Colenak Khas Purwakarta

makanan khas purwakarta
http://www.sarihusada.co.id

Makanan khas Kota Purwakarta yang selanjutnya adalah Colenak. Pasti pada penasaran yaa, apa sih Colenak itu?

Colenak merupakan makanan khas dari Kota Purwakarta yangberbahan dasar peuyeum atau tape singkong yang kemudian dibakar. Untuk menambah cita rasa dari makanan khas ini kemudian ditambahkan dengan bumbu manis yang terbuat dari campuran gula merah dan kelapa yang sudah disangrai.

Perpaduan antara rasa manis dan gurih pada Colenak ini membuat siapa saja yang mencicipi makanan khas Kota Purwakarta yang satu ini dijamin akan membuat kamu ketagihan.

6. Es Ciming Khas Purwakarta

makanan khas purwakarta
https://travelingyuk.com

Nah, untuk masalah minuman, pasti setiap daerah memiliki minuman khas tersendiri. Namun kuliner yang satu ini siapa sih yang nggak kenal. Yap, es campur merupakan salah satu kuliner yang memiliki banyak penggemar di nusantara. Kota Purwakarta juga memiliki es campur yang tentunya berbeda dengan daerah lainnya yakni Es Ciming.

Es campur khas Kota Purwakarta ini diracik oleh seorang perintis usaha yang bernama Ko Ciming. Usaha kecil-kecilan yang ditekuni oleh lelaki Tionghoa ini selalu laris manis di pasaran sampai saat ini.

Es Ciming khas Kota Purwakarta ini dikenal dengan rasanya yang enak, segar, dan tentunya akan langsung mengpus rasa dahaga kamu terlebih disaat matahari sedang terik-teriknya. Es campur Purwakarta ini selalu mejadi pilihan utama saat berbuka puasa.

Yap, itulah beberapa uraian Makanan Khas Purwakarta yang paling populer di Purwakarta. Jadi wajib bagi kau untuk mencicipinya yaa, kan sayang jika ke kota Purwakarta tapi nggak mencoba makanan khas dari Kota Purwakarta ini. Jangan lupa untuk melihat makanan khas nusantara lainnya yaa!

Tinggalkan komentar