10 Makanan Khas Nganjuk yang Tak Diragukan Kelezatannya!

Makanan Khas Nganjuk– Nganjuk merupakan sebuah kota di Proponsi Jawa Timur yang memiliki julukan sebagai Kota Angin. Di Kota Nganjuk ini disuguhkan berbagai macam tempat wisata yang indah dan alami yang tentunya sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga tercinta.

Tak hanya itu saja, Nganjuk juga memiliki banyak makanan khas yang tentunya menjadi ciri khas Kota Angin ini. Nah, kira-kira paa saja sih makanan khas Nganjuk yang terkenal akan kelezatannya ini? Simak penjelasan lengkapnya hanya di elrajab.com

Makanan Khas Nganjuk yang Terkenal Akan Kelezatannya

1. Makanan Khas Nganjuk, Nasi Becek

makanan khas nganjuk
antonpryga11.blogspot.com

Makanan khas Kota Nganjuk yang pertama adalah Nasi Becek. Nasi Becek ini merupakan salah satu makanan yang sangat mirip dengan kari kambing. Namun isi dari Nasi Becek atau yang biasa dikenal dengan sebutan Sego Becek ini hampir sama dengan soto babat.

Nasi Becek ini berisi potongan sate kambing yang dagingnya telah dilepas dari tusuk satenya. Makanan khas dari kota Nganjuk ini memiliki cita rasa yang hampir mirip dengan makanan serupa yang berada di daerah Solo dan Jawa Tengah yakni cenderung manis dan tidak terlalu asin.

2. Tepo Mbah Umbruk Khas Nganjuk

makanan khas nganjuk
sobatinfo.com

Makanan Khas Kota Nganjuk yang selanjutnya yang tetunya tak kalah enak dari makanan sebelumnya adalah Tepo Mbah Umbruk. Makanan khas ini merupakan makanan khas Kota Nganjuk yang berbentuk seperti lontong dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang dibentuk seperti kerucut.

Tepo Mbah Umbruk ini biasanya disajikan dengan sayur kacang panjang yang hanya diambl bijinya saja atau biasa kita menyebutnya dengan kacang tolo. Makanan khas ini dimasak menggunakan bumbu khusus sehingga menciptakan rasa yang begitu lezatnya.

3. Makanan Khas Nganjuk, Dumbleg

makanan khas nganjuk
explorenganjuk.wordpress.com

Dumbleg ini adalah salah satu makanan khas Kota Nganjuk yang berbentuk sepeti dodol. Makanan ini terbuat dari tepung ketan, gula jawa, dan tentunya santan kelapa. Namun bisa juga kita buta dari bahan tepung beras.

Makanan khas Nganjuk ini memiliki cita rasa yang dominan manis dan legit. Bagi kamu yang penasaran dengan makanan Khas Kota Nganjuk yang satu ini, kamu bisa menemukan makanan ini di banyak penjual makanan yang ada di pasar gondang.

4. Kerupuk Upil Khas Nganjuk

makanan khas nganjuk
pusatmakanandanjajanankediri.blogspot.com

Makanan Khas Kota Nganjuk yang selanjutnya adalah Kerupuk Upil. Makanan ini mungkin merupakan makanan khas yang memiliki nama yang sangat unik ya. Naun jangan ilfil dulu dengan namanya ya sobat.

Makanan khas ini dijuluki dengan nama Kerupuk Upil karena pada dasarnya Kerupuk ini memiliki ukuran yang sangat kecil. Keunikan lain dari makanan ini adalah cara memasaknya yang digoreng tanpa menggunakan minyak. Kerupuk ini digoreng dengan menggunakan pasir yang tentunya telah dibersihkan terlebih dahulu.

5. Makanan Khas Nganjuk, Onde-onde Ketawa/ Njeblos

makanan khas nganjuk
www.youtube.com

Makanan khas Kota Nganjuk yang selanjutnya yang tentunya memiliki nama yang tak kalah unik dengan makanan khas sebelumnya adalah Onde-onde Ketawa atau biasa masyarakat Nganjuk menyebutnya dengan sebutan Onde-onde Njeblos.

Sekilas, Onde-onde ini memang mirip dengan onde-onde kebanyakan. Yang membedakan Onde-onde Ketawa ini dengan onde-onde yang lainnya adalah tidak terdapatnya isi di dalam onde-onde ini. Selain itu Onde-onde ini juga memiliki bentuk yang terpecah.

6. Nasi Pecel Khas Nganjuk

makanan khas nganjuk
sobatinfo.com

Makanan khas Kota nganjuk yang selanjutnya adalah Nasi Pecel. Memang dari segi penyajiannya makanan khas Nganjuk yang satu ini tidak jauh beda dengan nasi pecel di daerah lainnya.

Yang menjadi ciri khas dari Nasi pecel khas Kota Nganjuk ini adalah ditambahkannya kulupan kembang turi. Dalam penyajiannya, Nasi Pecel khas Kota Nganjuk ini diberi sambal kuah kacang dan tempe sebagai pelengkapnya.

7. Makanan Khas Nganjuk, Nasi Tumpang

Jika kamu pernah singgah di Kota Nganjuk pasti tak asing lagi dengan makanan khas Kota Nganjuk yang satu ini yakni Nasi Tumpang. Yap, Nasi Tumpang merupakan makanan khas Kota Nganjuk berupa nasi yang ditambahkan dengan kulup yang sebelumnya telah disiram dengan sambal tumpang.

Sambal Tumpang adalah sambal khas Kota Nganjuk yang terbuat dari tempe yang sudah membusuk atau tempe yang sudah difermentasikan. Tempe lalu dicampur dengan bumbu khas dan rempah-rempah untuk kemudian dimasak dan disajikan bersama dengan Nasi Tumpang.

8. Kerupuk Pecel Khas Nganjuk

makanan khas nganjuk
bloghoyinada.blogspot.com

Makanan khas Kota Nganjuk yang selanjutnya adalah Kerupuk Pecel. Makanan khas Kota Nganjuk ini adalah kerupuk bakar yang dicampur dengan beberapa sayuran. Untuk menyajikan Kerupuk Pecel ini biasanya ditambahkan dengan sayuran yang terdiri dari capar atau biasa kita sebut dengan toge, bayam, rebung, kenikir, mbayung, serta kacang panjang.

Dalam penyajiannya biasanya makanan khas yang satu ini dilumuri dengan bumbu pecel yang akan menambah cita rasa dari Kerupuk Pecel itu sendiri.

9. Makanan Khas Nganjuk, Sego Banting

Sego Banting merupakan salah satu makanan khas Kota Nganjuk yang sayang jika kamu lewatkan. Sego Banting merupakan makanan khas Kota Nganjuk yang hampir mirip dengan sego kucing.

Yang membedakan Sego Banting ini dengan Sego Kucing adalah terletak pada porsi dari nasi yang ada pada Sego Banting yang cenderung lebih banyak. Selain itu, di dalam sego banting juga telah ditabahkan dengan cabai merah yang pastinya akan menambah rasa pedas bagi yang memakannya.

10. Bebek Korek Khas Nganjuk

makanan khas nganjuk
www.franchiseglobal.com

Makanan khas kota Nganjuk yang tak kalah enaknya adalah Bebek Korek. Makanan khas Kota Nganjuk yang satu ini sangat recomended banget bagi kamu pecinta masakan yang terbuat dari bebek.

Yap, itu dia sekilas ulasan tentang berbagai makanan khas yang ada di Kota Nganjuk sobat. Jika kamu sedang berkunjung atau sekedr singgah di Kota Angin ini tak ada salahnya untuk mencicipi berbagai makanan khas yang hanya ada di Kota Nganjuk ini. Semoga bermanfaat, dan terus simak beberapa artikrl lainnya hanya di elrajab.com.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: