Makanan Khas Ambon yang Wajib Kamu Coba, Dijamin Enak!

Makanan khas Ambon merupakan salah satu kota yang terletak di Maluku Utara. Kota yang memiliki jargon Ambon Manise ini memang dikenal sebagai tempat yang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Selain itu Ambon juga memiliki banyak makanan khas yang lezat dan mungkin tidak ada di wilayah lain di Indonesia. Berikut ini adalah 7 makanan khas Ambon yang wajib kamu coba saat singgah disana.

1. Makanan Khas Ambon Papeda

makanan khas ambon
food.idntimes.com

Mungkin kita sudah tidak asing dengan nama Papeda. Papeda ini merupakan salah satu makanan Ambon yang wajib kamu coba. Papeda ini adalah makanan yang terbuat dari sagu yang memiliki tekstur seperti lem, berwarna putih dan memiliki rasa hambar. Bagi masyarakat Ambon sendiri makanan ini sudah menjadi makanan pokok pengganti nasi.

Papeda sangat nikmat jika disantap saat masih panas dengan kuah ikan kuning. Kuah ikan kuning ini merupakan olahan dari ikan mubara atau tongkol yang telah dibumbui dengan kunyit. Papeda juga bisa dipadukan dengan ikan lain seperti ikan kakap merah, ikan kue maupun ikan gabus.

Papeda juga memiliki cara menyantap yang cukup unik yaitu dengan dipilin menggunakan alat seperti kunyit kayu. Lalu dipindahkan kedalam piring yang sudah diberi kuah kuning. Setelah itu diseruput tanpa terputus dari piringnya.

2. Makanan Khas Ambon Nasi Lapola

makanan khas ambon
www.youtube.com

Salah satu kuliner khas Ambon yang wajib kamu coba adalah nasi Lapola. Nasi Lapola ini terbuat dari campuran nasi dan kacang kedelai merah. Cara membuatnya makanan ini adalah dengan memasak beras setengah matang kemudian dicampur dengan garam, kelapa parut dan kacang tolo rebus.

Kemudian campuran tersebut diaduk hingga rata dan kemudian dikukus. Nasi Lapola ini memiliki cita rasa yang gurih dan enak.

3. Makanan Khas Ambon Ikan Komu Asar

makanan khas ambon
www.catatanamanda.com

Ikan Komu Asar merupakan salah satu makanan khas Ambon yang wajib kamu coba. Dalam bahasa Indonesia, Asar ini memiliki arti asap. Jadi makanan ini merupakan olahan ikan yang di asap, biasanya menggunakan ikan segar seperti cakalang, tongkol, dan tuna.

Ikan Komu Asar ini diasap selama sekitar satu jam dengan cara ditusuk dengan bambu. Ikan Komu Asar ini biasa disajikan bersama nasi dan sambal colo-colo.

4. Makanan Khas Ambon Nasi Kelapa

makanan khas ambon
www.youtube.com

Nasi kelapa merupakan makanan khas dari Ambon yang wajib kamu coba. Meskipun terlihat mirip dengan nasi uduk, namun proses pembuatannya berbeda, yaitu dikukus setengah matang yang kemudian disiram santan dan dikukus kembali.

Nasi kelapa ini biasanya disantap dengan berbagai macam lauk seperti telur asin, ikan asin, ikan bakar, gorengan jagung dan sambal colo-colo. Dan yang tidak boleh ketinggalan adala sambal kelapa.

5. Makanan Khas Ambon Sambal Colo-colo

makanan khas ambon
cookpad.com

Salah satu makanan khas Ambon yang wajib kamu coba adalah sambal colo-colo. Sambal colo-colo ini memiliki rasa yang sangat pedas dan unik, yaitu perpaduan pedas dan asam yang berasal dari air perasan jeruk nipis.
Sambal colo-colo ini dibuat dengan menggunakan campuran cabai rawit, bawang merah, daun seledri yang diiris, tomat, garam, irisan kenari mentah, daun kemangi dan kecap manis yang cara pembuatannya tidak perlu diulek.

6. Makanan Khas Ambon Kohu-kohu

makanan khas ambon
www.asditaprasetya.com

Kohu-kohu merupakan salah satu makanan khas Ambon yang wajib kamu coba. Makanan ini dibuat dengan sayuran mentah seperti tauge, mentimun, kacang panjang, daun kemangi yang dicampur bersama irisan bawang putih, bawang merah, ikan cakalang suwir, perasan jeruk nipis dan kelapa parut.

7. Makanan Khas Ambon Gogos

makanan khas ambon
aboutstoryf.blogspot.com

Salah satu makanan khas Ambon yang wajib kamu coba adalah Gogos. Gogos merupakan ketan yang dibakar dan dibungkus daun pisang yang didalamnya terdapat isian suwiran ikan.

Tinggalkan komentar