Yap, Inilah 8 Makanan Khas Tuban yang Rugi Jika Kamu Lewatkan!!

Makanan Khas Tuban – Kota Tuban merupakan merupakan salah satu kota yang berada di Pantai Utara Jawa Timur ini menjadikannya kota yang memiliki beragam tempat wisata dan pastinya menjadi tujuan liburan. Letaknya yang sangat strategis ini menjadikan kuliner khas tuban atau makanan khas tuban ini sangat beragam.

Bagi kamu pecinta kuliner di Indonesia, jika bepergian ke Kota yang berada di Pantai Utara Jawa Timur ini jangan sampai lupa untuk mencicipi makanan khasnya. Jadi tidak hanya makanan khas daerah Mojokerto saja sobat. Nah, tau nggak sih makanan khas Kota Tuban ini apa saja? Jika belum, yuk simak artikel berikut ini di elrajab.com.

Daftar Makanan Khas Tuban yang Patut Kamu Coba!

1. Makanan Khas Tuban, Garang Asem

makanan khas tuban garang asem
resepcaramemasak.info

Makanan khas Tuban yang pertaa adalah Garang Asem. Garang Asem ini memang menjadi salah satu makanan khas Jawa Tengah, tapi jangan salah loh yaa di Kabupaten pesisir Jawa Timur ini juga menjadikannya salah satu kuliner khasnya.

Garang Asem sendiri merupakan olahan makanan yang berbahan dasar ayam yang diberi kuah santan. Garang Asem ini dibungkus dengan daun pisang pada saat pemasakannya. Selain itu Garang Asem ini juga memiliki cita rasa asam serta pedas yang sangat menyatu.

Garang Asem yang terdapat di Kota Tuban ini memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan Garang Asem pada umumnya. Ciri yang sangat khas yang ada pada Garang Asm khas Tuban ini adalah kuahnya yang bening, banyak, dan segar tentunya.

Selain itu ciri-ciri Garang Asem khas Tuban ini adalah daging ayamnya yang berasal dari daging ayam kampung yang diolah dengan cara tertentu sehingga menghasilkan daging yang sangat empuk.

Harga dari Garang Asem khas Tuban sendiri cukup terjangkau. Kamu cukup mengeluarkan kocek sebesar 10.000 rupiah saja untuk menikmati satu porsi daging ayam kampung dengan rasa pedas dan asem ini.

2. Rajungan Khas Tuban

makanan khas tuban ranjungan
Pinterest.com

Indonesia memang memiliki beragam kekayaan alamnya, salah satu kekayaan alam yang berada di laut adalah hewan bergizi tinggi sekaligus enak. Kondisi geografis Kota Tuban yang terletak di pesisir Pantai Utara dapat memudahkan untuk mengambil hewan laut yang sedang naik daun di Indonesia saat ini. Hewan laut yang dimaksud adalah kepiting rajungan.

Rajungan merupakan hewan laut yang mirip dengan kepiting. Di daerah Tuban ini Rajungan dijadikan makanan khas yang dimasak menjadi Rajungan Kuah Kari Manunggal.

Kepopuleran dari Rajungan dengan rasa yang sangat menggugah selera ini membuatnya udah untuk ditemukan di berbagai tempat strategis di Kota Tuban tentunya.

3. Bebek Menthok Khas Tuban

makana khas tuban bebek menthok
Jatik.com

Makanan khas yang selanjutnya adalah Bebek Menthok. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang berkuah kental dengan bumbu yang khas sehingga menciptakan cita rasa yang istimewa.

Sesuai dengan namanya, Bebek Menthok ini terbuat dari daging Mentok. Racikan bumbu yang digunakan dalam masakan ini berupa merica, jintan, bawang merah, bawang putih, mesoyi, dan masih banyak lagi rempah lainnya.

Kalau kamu ingin mencicipi makanan khas Kota Tuban yang sangat menggugah selera ini silahkan mampir di kedai makan Kota Tuban. Jangan khawatir nggak menemukan makanan ini, karena sudah banyak kedai makan di KOta Tuban yang menyediakan menu spesial Bebek Menthok ini.

4. Makanan Khas Tuban, Belut Pedas

makanan khas tuban belut pedas
selerasa.com

Makanan khas yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Yap, Belut Pedas. Kata belut mungkin buat sebagian orang geli mendengarnya ya, tapi jangan salah bahwa hewan yang satu ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi loh. Tak heran jika jenis hewan yang satu ini banyak diolah menjadi berbagai macan makanan yang tentunya dijamin bikin kamu ketagihan.

Kota Tuban Jawa Timur yang terkenal dengan pesisirnya pun memiliki olahan makanan khas yang berbahan dasar belut. Belut Pedas merupakan makanan yang bahan utamanya tentu saja belut. Belut ini kemudian dimasak dengan bumbu raikan khas yang akan menjadikan rasa masakan menjadi lebih istimewa.

Harap maklum ya jika banyak makanan khas yang memiliki rasa pedas. Pada umumnya semua masakan khas Tuban memang bercita rasa pedas. Nah, buat kamu pecinta makanan pedas, jangan lewatkan untuk mencoba makanan khas yang satu ini ya. Dijamin kamu nggak akan bisa move on dari makanan ini.

5. Cumi-cumi Hitam Khas Tuban

makana khas tuban cumi pedas
cookpad.com

Kota Tuban memang terletak di daerah pesisir Jawa Timur. Tak heran jika banyak makanan khas Tuban yang berbahan dasar hewan laut. Seperti makanan khas yang satu ini, yap Cumi-cumi Hitam.

Cumi-cumi Hitam merupakan makanan yang banyak dicari dan menjadi makanan favorit para wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Kota Tuban.

Makanan khas ini disajikan di atas daun jati yang disandingkan dengan nasi putih hangat dan pulen. Selain itu juga terdapat sayur cumi yang pasti akan menggugah selera makan mu.

Untuk menikmati Cumi-cumi Hitam khas Tuban ini, kamu bisa datang langsung ke Jalan Ahmad Dahlan, Kabupaten Tuban. Jangan lupa untuk mengajak orang-orang terdekatmu untuk sekedar mencicipi suguhan khas Tuban yang satu ini.

6. Ampo, Cemilan Khas Tuban

makana khas tuban ampo
CoklatKita

Kudapan yang satu ini merupakan cemilan khas Kota Tuban yang unik mungkin tak akan kalian temukan di daerah lain. Yap, Ampo merupakan kudapan khas tuban yang terbuat dari tanah liat.

Makanan dari tanah liat ini sudah menjadi makanan tradisional yang sangat menyehatkan oleh masyarakat Tuban. Cemilan yang sudah disantap secara turun-temurun ini biasanya disandikan dengan teh manis hangat atau pun kopi di pagi maupun sore hari.

Rasanya kira-kira gimana ya? Rasa dari cemilan khas Tuban ini menurut masyarakat Tuban layaknya seperti saat kita memakan stik coklat yang sangat nikmat.

Makanan ini biasanya dijual di pasar. Harga jual makanan khas yang cukup unik ini pun relatif murah, yakni senilai Rp 5000 per kilogramnya. Gimana, Tertarik untuk mencoba kudapan unik yang satu ini?

7. Makanan Khas Tuban, Serabeh Selong

makanan khas tuban serabi selong
cookpad.com

Makanan khas Kota Tuban yang selanjutnya adalah Serabeh Selong. Serabeh Selong hampir sama dengan makanan khas Kota Bandung Yaitu Serabi. Perbedaan Serabeh Selong dengan serabi ini terletak pada bumbu yang digunakan dan cara penyajianya.

Serabeh Selong ini dihidangkan menggunakan santan kelapa yang kental yang menjadikan makanan ini memiliki rasa yang gurih. Makanan khas Tuban ini hanya di jual di pasar pagi saja loh sobat.

Jadi jika kamu penasaran tentang makanan Serabeh Selong ini kamu dapat menemukannya di Jalan Lukman Hakim, Gang Ikhlas, Tuban, Jawa, Timur. Tapi ingat, kalau mau mencicipi gurihnya makanan yang satu ini harus datang pagi-pagi agar tak kehabisan.

8. Gemblong, Jajanan Khas Tuban

makanan khas tuban kue gemblong
cookpad.com

Makanan Khas Tuban yang selanjutnya adalah Gemblong. Tau nggak sih Gemblong itu makanan yang kayak apa? Gemblong adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar.

Gemblong terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang diuleni hingga kalis dan dibentuk bulat seperti bola. Adonan yang sudah berbentuk seperti bola kemudian digoreng hingga matang. Setelah matang Gemblong lalu didinginkan sebelum dilapisi dengan larutan gula aren.

Di daerah Jawa Timur sendiri, Gemblong dikenal dengan sebutan Getas. Meskipun memiliki rasa yang sama, namun kedua makanan ini juga memiliki perbedaan tentunya. Jika Gemblong terbuat dari tepung ketan putih, maka lain halnya dengan Getas. Di daerah Jawa Timur, Getas dibuat menggunakan tepung ketan hitam.

9. Makanan Khas Tuban Dumbek

10. Es Bubur Sum-Sum

11. Sate Bebek

Itulah beberapa makanan khas Kota Tuban yang terkenal dan juga ramah di kantong. Tidak hanya di Tuban saja, di setiap daerah pasti memiliki kuliner khasnya masing-masing. Oleh karena itu, terus jaga ke-khasan daerah yang kita miliki.

Makanan khas daerah merupakan kekayaan bumi pertiwi yang harus kita kembangkan agar tetap lestari dan semakin dikenal di kancah Internasional. Simak terus artikel-artikel lainnya hanya di elrajab.com.

Tinggalkan komentar

More in Hiburan, Kuliner
makanan khas mojokerto onde-onde
Yap, Ini Dia 8 Makanan Khas Mojokerto yang Banyak Digandrungi Wisatawan

Makanan Khas Rantau Prapat Sumatera Utara Pasti Kamu Ketagihan
Close