Inilah 13 Makanan Khas Klaten yang Syarat Akan Kelezatannya!

Makanan Khas Klaten- Klaten adalah salah satu Kota Kabupaten di daerah Jawa Tengah, tepatnya diantara Kota Solo dan Yogyakarta. Kota Klaten mempunyai beberapa spot-spot wisata alam yang cukup terkenal. Tak hanya itu saja, Kota Klaten juga memiliki kuliner yang beragam dan tentunya bakal membuat kamu gagal move on deh.

Yap, pada kesempatan kali ini elrajab.com akan memaparkan tentang berbagai makanan khas dari Kota Klaten nih sobat. Jadi buat kamu yang ingin, sedang atau akan berkunjung ke Kota Klaten simak dulu ya artikel lengkapnya berikut ini!

Makanan Khas Klaten yang Lezat dan Populer

1. Makanan Khas Klaten, Sop Ayam Pak Min

makanan khas klaten
batampos.co.id

Makanan khas Kota Klaten yang pertama adalah Sop Ayam Pak Min. Makanan khas yang satu ini merupakan salah satu makanan yang paling banyak digemari oleh masyarakat Klaten. Sop Ayam Pak Min khas Klaten ini berbeda dengan sop ayam pada umumnya. Perbedaannya terletak pada bumbu sop yang sama seklai tidak menggunakan jahe dan santan. Kaldu dari Sop Ayam ini juga terbuat dari kaldu ayam kampung sehingga membuat cita rasa dari makanan ini menjadi lebih istimewa.

2. Kepelan Khas Klaten

makanan khas klaten
www.youtube.com

Kepelan khas Kota Klaten merupakan sebuha camilan berbentuk bulat yang terbuat dari bahan dasar tepung gandum yang telah dicampur terlebih dahulu dengan bumbu bawang putih, bawang merah, merica, dan tak lupa tambahan garam. Makanan khas Kota Klaten yang satu ini biasanya dihidangkan saat masih dalam keadaan hangat dan tak lupa diberi tambahan saus sebagai pelengkapnya.

3. Makanan Khas Klaten, Ayam Panggang Klaten

makanan khas klaten
www.hipwee.com

Makanan khas Kota Klaten yang selanjutnya adalah Ayam Panggang Klaten. Eeetttss ayam panggang yang satu ini bukan sekedar ayam panggang biasa oh yaa. Makanan Khas Kota Klaten yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat gurih disertai rasa manis yang begitu khas. Ayam Panggang Klaten ini juga merupakan ayam panggang yang sangat populer dan legendaris. Bumbunya yang begitu kaya akan rempah-rempah memjadikan makanan ini memiliki cita rasa yang tak terlupakan.

4. Nasi Tumpang Lethok Khas Klaten

makanan khas klaten
twitter.com

Makanan Khas Kota Klaten yang selanjutnya adalah Nasi Tumpang Lethok. Makanan khas ini merupakan makanan yang bisa kita jumpai pada saat pagi hari. Nasi Tumpang Lethok dihidangkan dengan kurapan daun pepaya, bayem, telur rebus, nangka muda, daun jeruk, krecek, serta tak lupa koyor. Makanan ini dijamin akan membuat sarapan pagi mu begitu enak.

5. Makanan Khas Klaten, Ayam Bakar Pak Widodo

makanan khas klaten
www.destinasiwisatatop.com

Ayam Bakar Pak Widodo ini merupakan salah satu makanan khas Kota Klaten memiliki cita rasa yang sangat nikmat dengan imbuhan bumbu rempah khusus yang membuat aromanya begitu enak. Ayam Panggang yang satu ini tepatnya berada di  dekat alun-alun Kota Klaten.

6. Swike Kodok Bu Reso Khas Klaten

makanan khas klaten
www.qraved.com

Makanan khas Kota Klaten yang selanjunya adalah Swike Kodok. Bagi kamu penggemar olahan berbagai macam daging kodok, kamu bisa mampir di warung makan Swike Kodok Bu Reso yang menyediakan berbagai menu makanan berbahan dasar daging kodok yang dibumbui dengan berbagai rempah-rempah yang akan menjadikan olahan daging kodok ini menjadi lebih enak.

7. Makanan Khas Klaten, Soto Bebek dan Bebek Bacem

makanan khas klaten

efenerr.wordpress.com

Makanan khak Kota Klaten yakni Soto Bebek dan Bebek bacem merupakan salah satu makanan yang sangat legendaris dan memiliki banyak peminatnya. Kamu bisa menjumpai makanan ini di sepanjang jalan raya Yogyakarta – Solo, tepatnya di daerah Karanglo, Gondang, Klaten.

8. Bakmi Miroso Khas Klaten

makanan khas klaten
www.anishidayah.com

Bakmi Miroso adalah sebuah makanan chinese food yang sangat populer di kalangan masyarakat Klaten. Bakmi Miroso ini juga merupakan salah satu makanan legendaris yang ada di Kota Klaten dan wajib kamu coba jika kamu sedang berada di Kota Klaten.

9. Makanan Khas Klaten, Nasi Terancam

makanan khas klaten
cookpad.com

Makanan khas Kota Klaten yang selanjutnya adalah Nasi Terancam. Makanan khas Kota Klaten yang satu ini merupakan perpaduan antara nasi dengan berbagai sayuran, namun sayuran yang digunakan dalam Nasi Terancam ini merupakan sayuran mentah. Meskipun mentah namun makanan khas Klaten yang satu ini tetap diberi bumbu dari campuran berbagai rempah sehingga menciptakan aroma yang sangat khas.

10. Sate Kambing Pak Suli Khas Klaten

makanan khas klaten
www.beritasatu.com

Sate Kambing Pak Suli ini merupakan salah satu makanan khas Kota Klaten yang juga memiliki banyak penggemar. Sate Kambing Pak Suli ini sangat istimewa karena dagingnya yang sangat empuk dan memiliki tekstur yang lembut serta rasanya yang banyak membuat orang ketagihan.

11. Makanan Khas Klaten, Keripik Belut

Keripik Belut merupakan camilan khas di Kota Klaten yang sangat enak, gurih, dan renyah. Makanan ringan khas Klaten ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga, sahabat, dan orang-orang terkasih.

12. Soto Ayam Barokah Khas Klaten

Makanan khas Kota Klaten yang selanjutnya adalah Soto Ayam Barokah. Soto Ayam ini dibuat dengan bumbu khusus dan tak lupa diberi tambahan potongan daging ayam. Makanan khas ini biasanya juga dihidangkan bersama dengan tahu, tempe, sate kerang, dan juga sate ampela.

13. Makanan Khas Klaten, Bebek Goreng Pak Tohir

Kota Klaten ternyata juga memiliki bebek goreng yang sangat terkenal di tengah masyarakat Klaten sendiri. Bebek Goreng Pak Tohir sangat berbeda dengan bebek goreng pada umumnya. Perbedaan ini terletak pada cita rasanya yang sangat enak serta tekstur dari daging bebek yang garing, lembut, dan tentunya renyah akan semakin menambah selera makan mu.

Yap, itulah makanan khas Kota Klaten yang enak dan wajib kamu coba jika kau sedang berkunjung ke Kota Klaten. Jadi gimana nih sobat? Masih bingung mau mencicipi makanan yang mana? Jangan khawatir menu makanan khas Klaten tersebut dijamin kelezatannya! Tapi hati-hati bagi yang muslim yaa, pilih makanan yang sudah pasti halal sobat. Semoga artikel ini bermanfaat, dan simak terus artikel-artikel lainnya hanya di elrajab.com.

Tinggalkan komentar