ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Langkah-Langkah Cara Ternak Tawon Madu Untuk Pemula

2 min read

cara ternak tawon madu

Cara ternak tawon madu – Lebah merupakan hewan yang mempunyai banyak sekali manfaatnya. Madu merupakan salah satu manfaat yang berasal dari hewan lebah ini. Madu banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan manusia. Madu merupakan sari pati dari bunga yang diambil oleh lebah.

Lebah tidak hanyak mengambil sari pati bunga saja, tetapi juga membantu dalam proses penyerbukan tanaman sehingga dapat berbuah. Madu oleh lebah digunakan untuk membuat sarang yang berguna untuk perkembangbiakan generasi koloni lebah selanjutnya.

Karena begitu banyaknya manfaat lebah, maka kami akan memberi tahu cara ternak tawon madu/lebah madu untuk pemula agar hasilnya dapat memuaskan dan lebah madu dapat berkembang dengan baik.

Langkah-Langkah Cara Ternak Tawon Madu dengan Benar

cara ternak tawon madu

Dalam memulai bisnis ternak tawon madu kamu harus membuat sarang tawon sederhana dahulu. Kemudian jika nanti perkembangan koloni tawon semkin banyak dan sudah terdapat ratu tawon baru, anda bisa membuat sarang tawon yang lebih bagus lagi.

1. Membuat Rumah Lebah Madu

cara ternak tawon madu
indonesian.alibaba.com

Rumah lebah madu bisa menggunakan glodog bambu yang mempunyai diameter 20-25 cm yang dapat dipakai untuk sarang tawon madu tradisional. Tutup semua sisi bambu dan buat lobang 2-3 pada salah satu tutup bambu untuk keluar masuk lebah.

Buat lubang bagian atas agar kamu dapat memantau perkembangan lebah dengan membukanya.

Setelah rumah lebah siap, letakkan dikebun dan gantung secara vertikal dengan sudut kemiringan 60 derajat.

2. Membuat Sarang Lebah Madu

cara ternak tawon lebah
ciri-madu-asli.blogspot.com

Berbeda antara rumah dengan sarang lebah. Kalau rumah itu tempat untuk menjaga agar terhindar dari bahaya dari luar, sedangkan sarangnya adalah tempat menempelnya sarang yang berupa madu.

Cara membuatnya adalah letakkan 2-3 barsi sisir kayu yang ada jaring kawatnya. Masukkan ke dalam rumah lebah tersebut. Jangan lupa diberi royal jelly akar ratu lebah biar lebah lainnya nyaman tinggal di rumah tersebut.

3. Pemilihan Bibit Unggul

cara ternak tawon lebah
jubud.blogspot.com

Jenis lebah yang menghasilkan madu paling banyak biasanya jenis lebah mellifera atau cerana. Hal pertama yang harus kita persiapkan adalah memasukkan ratu lebah ke dalam rumah yang sudah kita siapkan. Secara otomatis lebha pejantan akan mengikutinya.

Kita bisa memperoleh lebah ratu dari petani lebah atau mencari sendiri di hutan, tapi sebaiknya membeli saja ke petani lebah jika ada karena lebahnya sudah tidak galak dan unggul bibitnya.

Setelah jangka waktu dua hari sarang lebah akan mulai terbentuk. Pisahkan ratu lebah dengan bingkai agar pembuatan sarangnya lebih luas. Jangan lupa untuk menambah asupan makanan lebah dengan royal jelly dan madu.

4. Perawatan Rumah Lebah

cara ternak tawon madu
bibitlebahmadu.blogspot.com

Untuk perawatan rumah lebah, Anda harus menjaga rumah lebah dari serangan hama penggangu lebah. Ada semut, kecoa, dan hewan-hewan lainnya. Usahakan rumah lebah diletakkan di tempat yang jauh dari hama pengganggu.

Agar lebah tidak agresif, usahakan kalau akan memindah rumah lebah pada waktu malam hari. Jika menggunakan rumah lebah modern bisa bawahnya diberi air agar semut tidak naik ke rumah lebah. Jika ada lebah yang sakit segera pisahkan lebah tersebut dengan koloninya agar yang lain tidak tertular.

Kalau akan menambah makanan lebah, silahkan beri campuran gula dan air dan letakka di dekat sarang dengan menggunakan tempat sepeti mangkuk kecil saja. Ini merupakan cara ternak tawon madu yang harus anda lakukan.

5. Pengembalaan Tawon Madu

cara ternak tawon madu
masechoamcp.blogspot.com

Sering-sering mengembala lebah anda di tempat yang banyak bunga-bunganya. Semakin banyak bunganya yang sedang mekar semakin bagus untuk produksi madu lebah anda.

6. Cara Memanen Tawon/Lebah Madu

cara ternak tawon madu
www.youtube.com

Jika anda akan memanen lebah, Pakailah pelindung semua anggota badan agar tidak kena sengatan. Siapkan juga sarung tangan, tempat madu, dan catut untuk mengambil sarang lebah yang menempel pada rumah lebah.

Lebah dipanen dalam waktu 40 hari setelah peletakkan ratu lebah. Gunakan juga pengasapan untuk mengusir lebah sementara agar mengambil sarang lebah lebih muda. Jangan lupa amankan ratu lebah untuk ternak lebah selanjutnya.

Hasil dari ternak tawon atau lebah ini berupa royal jelly dan madu yang mempunyai banyak sekali manfaat untuk manusia seperti untuk kesehatan, makanan, dan campuran kecantikan.

Demikian refrensi dari cara ternak tawon lebah untuk pemula agar mempunyai planing yang jelas jika akan memulai usaha ini. terima kasih dan jangan lupa untuk bagikan artikel ini smeoga bermanfaat.

 

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.
× Kirim Pesan
%d blogger menyukai ini: