ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Langkah Mudah Cara Bisnis Ayam Petelur Bagi Pemula

3 min read

cara bisnis ayam petelur

Cara bisnis ayam petelur – Usaha ternak ayam petelur merupakan bisnis yang mempunyai peluang yang cukup besar. Bisnis ini bisa dilakukan di rumah atau tempat yang berada jauh dari pemukiman. Hal itu dikhawatirkan akan tercium bau yang tidak sedap dari kandang ayam itu sendiri.

Kenapa bisnis ayam petelur peluangnya sangat besar? hal itu dikarenakan permintaan untuk telur setiap harinya masih kurang, apalagi kalau saat bulan ramadhan dan hari raya lainnya. Tingkat persaingan bisnis ternak ayam petelur juga masih terlalu rendah karena orang masih ragu akan keberhasilan bisnis ini.

Maka agar bisnis ayam petelur anda berhasil meskipun anda seorang pemula sekalipun, anda harus simak langkah-langka bagaimana cara bisnis ayam petelur bagi pemula.

Langkah-Langkah Cara Bisnis Ayam Petelur

1. Cari Ilmu atau Materi

cara bisnis ayam petelur
www.analisausaha.id

Bisnis ini mempunyai presentase keuntungan dan kerugian yang cukup besar jika tidak disiapkan dengan matang, maka kerugian yang akan anda dapatkan. Sebaliknya, jika anda sudah mempersiapkan dari awal pasti anda akan mendaptkan keuntungan yang sangat besar.

Cara agar mempersiapkan dengan matang salah satunya dengan mencari informasi-informasi tentang cara bisnis ayam petelur ini.  Anda bisa datang langsung ke seseorang yang sudah punya bisnis ayam petelur dan mempunyai keuntungan yang besar. Cara lainnya juga bisa cari di internet dan buku-buku mengenai cara bisnis ayam petelur.

Anda harus mempelajari dari jumlah modal yang dikeluarkan, cara mencari bibit ayam yang bagus, dan target pemasaranya. Semua harus dipersiapkan dengan matang dari awal hingga akhir agar dikemudian hari akan mendapatkan untung banyak.

2. Membuat Planing Bisnis yang Jelas

cara bisnis ayam petelur
tkj1alfinabila.blogspot.com

Pada langkah awal, anda sudah mendapatkan data-data yang akan anda lakukan kedepan. Sekarang anda harus membuat planing atau rencana bisnis anda denga jelas. Hal itu agar anda tidak bingung dalam pengerjaan bisnis ini dimulai dari apa yang anda lakukan terlebih dahulu dan berurutan.

Anda bisa membuat planing yang pada hari pertama yaitu survei bibit ayam yang unggul dan murah. Hari kedua survei makanan ayam yang cocok dan harus tanya-tanya terlebih dahuli agar pemberian makanannya sesuai kebutuhan ayam.

3. Tentukan Jumlah Modal yang Dipakai

Meng-Estimasi atau mengira-ngira modal yang akan dibutuhkan juga sangat penting agar tahu kebutuhan apa saja yang akan dikeluarkan dan estimasi keuntungan tiap tahunnya. Misal untuk pembuatan kandang, bibit ayam, dan pakan ayam semua membutuhkan modal yang harus dihitung agar jelas keuntungannya berapa. Sehingga dengan menentukan modal yang akan dikeluarkan membuat rencana anda semakin tertata dan teratur.

4. Persiapkan Modal Anda

Jika anda sudah mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan untuk bisnis ini, sekarang anda harus mempersiapkan modal yang sudah tadi anda hitung sebelumnya. Anda juga pandai-pandai dalam mempersiapkan modal baik masuk maupun keluar dalam pembelian peralatan bisnis ini.

Dalam usaha yang dibutuhkan adalah konsisten dalam mengerjakan suatu usaha, jangan cuma semangat pas awal-awal usaha atau saat mood baik saja. Biasanya suatu usaha akan berjalan lancar dan menghasilkan setelah satu tahun pertama konsisten dalam usaha.

5. Menentukan Kondisi Kandang Ayam

cara bisnis ayam petelur
urbanina.com

Membuat kandang untuk ayam petelur tidak sembarangan. Lokasi untuk ayam petelur harus jauh dari suara-suara yang sangat keras dan ekstrim. Anda harus membuat kandang di tempat yang sepi dan luas. Biasanya orang membuat kandang ayam petelur di tanah pekarangan yang sepi dan jauh dari keramaian.

Ayam petelur harus dalam keadaan hangat dan kering. Jika ayam mendengar suara-suara yang keras atau ekstrim, ayam akan stres dan produksi telur akan menurun dan resiko yang paling besar adalah kematian ayam petelur sehingga merugikan anda.

6. Membuat Kandang Ayam

cara bisnis ayam petelur
urbanina.com

Jika anda membuat kandang usahakan sesuaikan dengan modal anda. Jika anda punya modal besar silahkan membuat kandang ayam yang luas dengan memperkerjakan orang untuk membuat. Tapi jika anda punya modal kecil usahakan membuat sendiri agar modal yang dikeluarkan kecil.

7. Perhatikan Cuaca Saat Anda Mulai Bisnis Ayam Petelur

Dalam melakukan bisnis ayam petelur juga harus memperhatikan cuaca. Ayam petelur sangat sensitif dengan adanya perubahan cuaca yang sangat ekstrim. Jadi untuk bisnis ini faktor keberhasilan tidak hanya dari dalam, melainkan dari luar juga sangat pengaruh.

Cuaca yang ekstrim akan mengganggu kenyamanan ayam petelur dalam perkembangan dan produksi telur nantinya. Suhu yang ideal untuk ayam petelur usahakan antara 32-35 derajat celsius. Kalau lebih atau kurang dari suhu itu, ayam kemungkinan akan cepat stress dan prosuksi telur akan menurun.

8. Lakukan Perawatan yang Bagus

Hal yang harus kamu lakukan setelah memulai bisnis ayam petelur adalah merawat dengan baik dan benar. Anda harus memberi pakan ayam secara teratur dan mempunyai gizi yang baik untuk ayam. Jika ada gangguan penyakit bisa anda cepat-cepat panggil dokter hewan atau anda tangani sendiri dengan obat tertentu. Pisahkan ayam yang sudah sakit dengan yang masih sehat agar tidak tertular lainnya.

9. Memilih Bibit yang Ungggul

cara bisnis ayam petelur
urbanina.com

Memilih bibit unggul harus anda perhatikan benar-benar agar proses perkembangan ayam cepat dan panen juga cepat. Ada dua macam ayam yaitu medium dengan ciri warna bulu ayam kecoklatan seperti merah dan bentuk tubuhnya sedang. Lalu yang satunya namanya ayama lehor dengan ciri warna bulu putih dengan bentuk ayamnya kecil. Ayam lehor mudah stress dan tentunya harganya lebih murah dari ayam medium.

Terserah anda pilih jenis ayam yang mana sesuaikan dengan modal anda yang akan anda keluarkan.

10. Menjaga Kebersihan Kandang

cara bisnis ayam petelur
arryrahmawan.net

Anda harus perhatikan kebersihan kandang secara teratur agar terhindar dari berbagai penyakit. Anda bisa konsultasikan dengan dokter hewan tentang cara pemeliharaan kandang yang baik. Pantau terus kondisi suhu dalam kandang agar ayam tetap nyaman.

11. Selalu Berdoa

cara bisnis ayam petelur
sunni.co.id

Action yang tidak kalah penting adalah anda harus tetap selalu berdoa agar usaha anda mendapat berkah dan menghasilkan banyak untung. Jangan lupa untuk selalu bersedekah setelah bisnis anda sudah mendapatkan keuntungan yaa!!

Demikian cara bisnis ayam petelur dari awal sampai akhir yang harus anda lakukan. Jangan takut untuk terus mencoba karena kita tidak tahu nasih kita kedepannya seperti apa. Kita hanya berikhtiar dan Tuhan yang menentukkan. Semangatt!!

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.
× Kirim Pesan
%d blogger menyukai ini: