Inilah 10 Makanan Khas Lamongan yang Terkenal Akan Kelezatannya!

Makanan Khas Lamongan- Kota Lamongan merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kota Lamongan ini berbatasan langsung dengan pantai utara Jawa, Kabupaten Gresik, Kanupaten Mojokerto, dan Kabupaten Jombang.

Ngomong-ngomong soal makanan Kota Lamongan terkenal akan keanekaragaman kuliner yang memiliki cita rasa unik dan tentunya sudah tak diragukan lagi akan kelezatannya. Kuliner khas Kota Lamongan ini juga bisa kamu jadikan oleh-oleh khas untuk keluarga, kerabat, sahabat, serta orang-orang yang kamu sayang.

Tau nggak sih sobat bahwa kebanyakan dari kuliner khas Kota Lamongan ini memiliki kesulitan yang relatif tinggi dalam pembuatannya. Tapi tenang sobat, meskipun proses pembuatannya lumayan sulit dan pastinya membutuhkan waktu yang tak sebentar namun makanan khas Kota Lamongan ini memiliki harga yang masih sesuai dengan budget orang Indonesia. Hal ini lah yang menjadikan kuliner khas Lamongan ini banyak dicintai para pecinta kuliner.

Apa aja sih makanan khas Kota Lamongan itu? Pasti kamu penasaran ya sobat? Yuk simak penjabaran kami tentang beberapa makanan khas Kota Lamongan yang terkenal dan menjadi favorit para penikmatnya.

Menu Makanan Khas Lamongan yang Lezat dan Dicintai Banyak Orang

1. Makanan Khas Lamongan, Soto Lamongan

makanan khas lamongan
www.youtube.com

Makanan khas Kota Lamongan yang pertama adalah Soto Lamongan. Yap, siapa sih yang nggak kenal dengan menu makanan yang satu ini. Soto Lamongan merupakan salah satu makanan yang paling terkenal di Kota Lamongan. Bahkan bayak orang beranggapan bahwa Soto Lamongan adalah soto yang paling enak yang ada di Indonesia selain dari Coto Makasar yang merupakan makanan khas Enrekang.

Soto Lamongan ini memiliki ciri-ciri yang sangat khas yang membedakan dari soto di daerah lain. Ciri khas yang menonjol dari makanan yang satu ini adalah kuah soto yang berwarna kuning berminyak yang di dalamnya telah diberi tambahan bumbu rempah yang khas.

Cita rasa yang disajikan makanan khas Kota Lamongan yang terkenal ini yakni rasa gurih yang sangat menonjol dan khas. Soto Lamongan biasanya disajikan dengan tambahan tomat, suwiran daging ayam, irisan kol, mie bihun,daun bawang, serta tak lupa irisan telur ayam.

Sebagai pelengkapnya, Soto Lamongan ini juga biasanya disajikan dengan tambahan kerupuk udang, sambal, jeruk nipis, serta bawang goreng yang akan menambah rasa gurih pada makanan khas yang satu ini.

2. Tahu Campur Khas Lamongan

makanan khas lamongan
www.negerikuindonesia.com

Makanan khas Kota Lamongan yang selanjutnya adalah Tahu Campur khas Lamongan. Menu makanan khas yang satu ini merupakan icon makanan di Jawa, karena menang tak hanya di Lamongan saja kita bisa menemukan makanan yang satu ini.

Tahu Campur khas Lamongan dibuat dengan menggunakan bahan dasar lontong, bihun, perkedel ketela pohon, tahu, dan daging sapi yang telah dicampur dengan sayuran yakni kecambah serta daun selada. Tahu Campur biasanya dihidangkan dengan tambahan kuah yang telah dicampur dengan petis udang.

3. Makanan Khas Lamongan, Nasi Boranan

makanan khas lamongan
instarix.com

Nasi Boranan merupakan menu makanan khas Kota Lamongan yang terdiri dari nasi, lauk pauk, serta rempeyek. Lauk yang ditawarkan pun sangat bervariasi, mulai dari ikan bandeng, tahu, tempe, daging ayam, jeroan, telur asin, telur dadar, bahkan ada pula ikan sili yang memiliki harga yang sedikit lebih mahal dari lauk yang lainnya.

Cara penyajian dari Nasi Boranan ini juga cukup unik yakni dengan menggunakan wadah yang telah dilapisi dengan daun pisang terlebih dahulu. Nasi Boranan ini banyak dijajakan di sekitar pasar-pasar kota. Ada pula yang menjual Nasi Boranan ini di pinggir kalan Kabupaten Lamongan.

4. Wingko Babat Khas Lamongan

makanan khas lamongan
id.tastemade.com

Makanan khas Kota Lamongan yang selanjutnya adalah Wingko Babat. Makanan ini merupakan salah satu makanan tradisional yang terbuat dari ketan, kelapa, serta beberapa bahan pelengkap lainnya.

Wingko Babat ini memiliki cita rasa yang gurih serta manis legit. Makanan ini berbentuk bulat dan berwarna kecoklatan. Wingko Babat ini biasanya banyak dijadikan oleh-oleh khas Kota Lamongan bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara yang sedang berwisata di Kota Lamongan.

5. Makanan khas Lamongan, Bandeng Colo

makanan khas lamongan
agussuharjo65.blogspot.co.id

Bandeng Colo merupakan salah satu menu makanan yang sangat terkenal di Kota Lamongan. Makanan ini biasanya dihidangkan bersamaan dengan ikan bandeng, sayuran, serta sup kuning.

Makanan ini memiliki rasa yang pedas dan pastinya sangat enak untuk kamu coba. Makanan ini dijuluki dengan nama colo-colo tak lain dan tak bukan karena sambal pedasnya yang bercampur dengan rasa masam segar dari jeruk nipis.

6. Perkedel Khas Lamongan

makanan khas lamongan
m.maxnyoos.com

Makanan khas Kota Lamongan yang selanjutnya adalah Perkedel khas Lamongan. Perkedel ini merupakan salah satu kuliner khas yang berbeda dengan perkedel pada umumnya. Dari segi bahan dasar pembuatan perkedel ini memanglah mayoritas sama. Namun dalam segi penyajian perkedel khas Lmaongan ini memiliki warna yang lebih kuning terang dibandingkan dengan Perkedel pada umumnya.

7. Makanan Khas Lamongan, Rawon

makanan khas lamongan
wonderfulisland.id

Rawon merupakan salah satu menu kuliner khas Kota Lamongan Jawa Timur yang cara memasaknya sama dengan rawon yang ada pada daerah lain, yakni dengan menggunakan kluwak sebagai pemberi warna hitam gelap pada makanan khas yang satu ini.

Perbedaan Rawon khas Lamongan dengan rawon yang ada di daerah lainnya adalah terletak pada bumbu yang digunakan. Jika memasak rawon pada umumnya tidak menggunakan kunyit, lain halnya dengan rawon khas Lamongan ini yang dimasak justru ditambah dengan kunyit.

8. Jumbrek Khas Lamongan

makanan khas lamongan
lamonganoke.wordpress.com

Menu Kuliner khas Kota lamongan yang selanjutnya adalah Jumbrek. Makanan yang satu ini merupkan jajanan tradisional khas Kota Lamongan yang terkenal dan memiliki banyak penikmatnya.

Jumbrek merupakan salah satu jajanan tradisional yang dibuat dari bahan dasar tepung beras yang telah dicampur dengan santan kelapa serta gula jawa. Makanan khas ini biasanya disajikan dalam bentuk mirip seperti kerucut dan dibungkus dengan daun siwalan yang kemudian dikukus hingga matang.

Cita rasa yang ditawarkan makanan yang satu ini sangatlah unik. Jumbrek memiliki cuta rasa yang manis dan memiliki tekstur lembut sehingga sangat lezat ketika kita meikmati jajanan khas yang satu ini.

9. Makanan Khas Lamongan, Marning

makanan khas lamongan
anggisnack.wordpress.com

Marning merupakan salah satu makanan khas Kota Lamongan yang sangat recomended sekali buat kamu yang ingin mencari oleh-oleh untuk keluarga, sanak saudara, sahabat, tetangga, dan orang-orang yang kamu sayang.

Camilan khas Lmaongan yang satu ini terbuat dari bahan dasar jagung yang telah dikeringkan terlebih dahulu lalu kemudian digoreng hingga garing. Makanan khas ini memiliki cita rasa yang gurih serta betekstur sangat renyah. Pokoknya tak diragukan lagi lah kelezatannya. Makanan ini sangat cocok untuk dinikmati sebagai teman bersantai bersama keluarga maupun teman-teman.

10. Ental (Es Dawet Siwalan) Khas Lamongan

makanan khas lamongan
lamonganoke.wordpress.com

Kuliner khas Kota Lamongan yang tak kalah enkanya adalah Es Dawet Siwalan. Minuman khas ini dibuat dari bahan dasar tepung beras, santan kelapa, dan gula jawa, serta tak lupa dengan buah siwalan yang kerap kali menjadi perhatian.

Minuman khas ini tentunya memiliki rasa yang manis serta segar dan tentunya sangat cocok untuk dinikmati ketika cuaca sedang panas. Bagi kamu yang ingin menikmati kesegaran dari Es Dawet Siwalan ini kamu bisa menemukannya di sepanjang Jalan Lamongan Jawa Timur.

Yap, itulah beberapa kuliner khas Kota Lamongan Jawa Timur yang menjadi makanan favorit para pecinta kuliner. Namun jika kamu masih penasaran dengan makanan khs yang berasal dari berbagai daerah sekitaran Lamongan yang lainnya, kamu bisa langsung berkunjung ke sana langsung dan mencicipi makanan khas yang ada di sana. Jangan lupa simak terus artikel kami yang lainnya hanya di elrajab.com.

Tinggalkan komentar