Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Dilirik HRD

Cara membuat surat lamaran kerja – Syarat utama dalam melamar pekerjaan tentunya adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran pekerjaan sendiri merupakan surat dari seseorang yang tengah memerlukan pekerjaan yang ditujukan kepada orang ataupun pejabat yang bisa memberikan pekerjaan maupun jabatan. Surat lamaran sendiri biasanya bersifat resmi atau formal.

Surat lamaran tersebut sangat berpengaruh dalam keputusan diterima  atau tidaknya seseorang saat melamar, karena pertama kali yang dilihat oleh penerima atau HRD adalah surat pelamar tersebut. Oleh karena itu, buatlah surat lamaran sebaik dan semenarik mungkin agar peluang diterimanya lebih besar.

Berikut beberapa contoh dan cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar:

A. Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar

cara membuat surat lamaran kerja
www.dreambegins.com

Dalam membuat surat lamaran pekerjaan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Cara menulis surat lamaran kerja berikut ini bisa juga digunakan pada cara untuk membuat surat lamaran kerja di Pabrik, rumah sakit, hotel, perusahaan, cara membuat surat lamaran kerja di Bank, ataupun tujuan lainnya.

Nah, Berikut cara menulis surat lamaran kerja yang benar:

  1. Tempat dan tanggal saat penulisan surat
  2. Tujuan surat lamaran, “Yth. Nama orang, gelar, jabatan, nama perusahaan dan alamat lengkap perusahaan”
  3. Salam hormat
  4. Pembukaan atau kata pengantar
  5. Biodata Pribadi
  6. Sertakan dan jelaskan kemampuan serta pengalaman kerja
  7. Penutup atau ucapan terimakasih
  8. Lampiran berkas surat lamaran kerja
  9. Tanda tangan serta nama lengkap

B. Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

cara membuat surat lamaran kerja
sijai.com

Cara membuat surat lamaran kerja yang menarik bukan hanya bisa di buat dengan desain komputer yang canggih, bahkan beberapa perusahaan ada yang meminta surat lamarannya menggunakan tulisan tangan. Karena dengan tulisan tangan, HRD akan lebih mudah menilai kepribadian Anda.

Cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan sebenarnya tidak jauh berbeda dari surat lamaran menggunakan Microsoft atau ketikan. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Gunakanlah gaya bahasa yang sopan, formal dan rangkaian kalimat yang tidak bertele-tele
  • Atur margin tulisan dengan penggaris supaya rapi
  • Tulislah secara hati-hati dan jangan sampai ada kesalahan serta coretan ataupun bekas penghapus
  • Tulislah serap mungkin, jangan sampai ada noda pada kertas dan lipatan.

C. Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Lewat Email

cara membuat surat lamaran kerja
www.tipsinterview.net

Cara membuat surat lamaran kerja via email tentunya berbeda dari cara membuat surat lamaran kerja secara konvensional, dan yang menjadi perbedaan mendasar adalah cara mengirimnya. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam cara membuat surat lamaran kerja via email tersebut antara lain:

  1. Scan Berkas Lamaran Lengkap

Dalam persyaratan pekerjaan tersebut tentunya disebutkan kriteria dan persyaratan apa saja yang harus di penuh. Sedangkan cara membuat surat lamaran kerja yang benar lewat email harus melampirkan berkas atau dokumen pendukung yang telah discan. Beberapa berkas tersebut antara lain:

  • Daftar riwayat hidup atau curiculum vitae (CV), untuk CV gunakanlah desain yang meski sederhana namun tetap terlihat menarik
  • Dokumen pendukung lainnya seperti scan atau fotokopi KTP, Pas Foto, Ijazah Terakhir, SKCK, Surat Keterangan Sehat, sertifikat, piagam, NPWP dan lain-lain
  • Satukan semua berkas tersebut pada satu file dengan format Microsoft Word
  • Isi surat lamaran pada body email tidak jauh berbeda dengan surat lamaran  kerja konvensional
  1. Akun Email Pribadiyang Aktif

Karena Anda mengirim surat lamaran via email, tentunya Anda juga harus mempunyai alamat email sendiri yang masih aktif. Untuk platformnya, Anda bisa menggunakan Yahoo, Gmail, Ymail, Hotmail dan lain sebagainya

  1. Alamat Email yang dituju

Alamat email yang dituju merupakan salah satu hal penting dalam cara membuat surat lamaran kerja via email karena jika ada sedikit saja kesalahan alamat yang Anda tuju, maka email Anda akan sia-sia saja.

Terlepas dari bagaimanapun langkah dan cara membuat surat lamaran kerja yang Anda gunakan, yang harus diperhatikan adalah bahasa dan isi semenarik mungkin sesuai dengan kriteria perusahaan.

Tinggalkan komentar