Cara Membasmi Rayap paling Ampuh dan Efektif

Cara Membasmi Rayap – Furnitur dengan bahan kayu memang dikenal lebih tahan lama saat digunakan sehingga banyak orang yang suka menggunakannya. Namun ternyata menggunakan bahan kayu bukan berarti bisa terhindar dari masalah. Jika anda meletakkan furnitur berbahan kayu maka anda harus bersiap dengan serangan rayap yang jika dibiarkan maka akan merusak furnitur tersebut. tentu saja hal tersebut akan sangat mengganggu dan tentunya merugikan anda. Karenanya penting untuk mengetahui cara membasmi rayap sehingga furnitur anda tetap awet hingga bertahun-tahun atau jika anda tidak ingin ribet maka bisa menggunakan jasa anti rayap.

Selain menggunakan jasa anti rayap, berikut merupakan beberapa cara membasmi rayap yang bisa anda terapkan.

1. Cara Membasmi Rayap yang Ampuh dengan Larutan Kapur Sirih

Salah satu cara yang bisa dilakukan jika ingin membersihkan rayap yaitu menggunakan larutan kapur sirih. Larutan kapur sirih sudah lama terkenal sebagai larutan yang memang ampuh membunuh serangga termasuk rayap. Bahkan jika menggunakan larutan kapur sirih anda bisa sekaligus mematikan larva rayap, sehingga menjadi cara membasmi rayap yang cukup ampuh karena membersihkan secara menyeluruh. Caranya juga sangat mudah karena tinggal mencampurkan kapur sirih dengan air kemudian aduk hingga rata dan semprotkan pada sarang rayap. Semprotkan juga larutan tersebut pada tempat lain sehingga rayap tidak berpindah ke tempat lain.

2. Minyak tanah

Hampir semua serangga tidak akan berkutik jika anda menyemprotnya menggunakan minyak termasuk rayap. Sehingga jika anda ingin membasminya maka bisa menyemprotkan minyak tanah pada tempat yang menjadi sarang rayap. Bahkan tanpa perlu menunggu lama, rayap biasanya akan langsung berhamburan. Namun jika kesulitan menemukan minyak tanah maka akan lebih mudah jika menggunakan jasa anti rayap.

3. Membuat Semprotan Air Sabun

Cara membasmi rayap juga bisa dilakukan dengan bahan yang mudah ditemui yaitu dengan air sabun. Jika ingin menerapkan cara ini tinggal buat larutannya menggunakan empat sendok makan sabun cair dan segelas air, kemudian kocok hingga menyatu. Jika sudah merata maka tinggal semprotkan larutan sabun pada area yang menjadi sarang rayap. Larutan sabun nantinya bisa mengganggu sistem pernapasan rayap, dengan begitu maka rayap akan mati dengan sendirinya. Namun untuk membunuh rayap secara menyeluruh perlu mengulang cara ini hingga beberapa kali sehingga akan lebih praktis menggunakan jasa anti rayap.

4. Jemur kayu

Rayap memang paling menyukai tempat yang lembap, sehingga dengan memberikan sinar matahari yang panas bisa menyiksa rayap. Sehingga jika anda memiliki perabotan rumah yang dijadikan sarang oleh rayap, sebaiknya segera jemurlah perabotan tersebut di bawah sinar matahari. Dengan melakukan penjemuran secara rutin maka lama kelamaan rayap tidak akan betah lagi dan berhamburan keluar sehingga cara membasmi rayap ini juga cukup ampuh dan mudah untuk diterapkan.

5. Membuat Larutan Garam

Larutan garam juga bisa digunakan sebagai hal yang membuat rayap terganggu pernafasannya. Untuk itu anda bisa melarutkan empat sendok garam dengan 200ml air sehingga terbentuk larutan yang berkonsentrasi tinggi. Jika sudah tinggal aduk sampai merata dan masukkan ke botol spray. Semprot larutan tersebut ke sarang rayap dan tunggu beberapa saat, larutan akan membuat rayap lemas dan mati.

Baca juga: Reaksi Fotosintesis Gelap dan Terang Pada Tumbuhan yang Tepat

Jika anda sudah mengetahui cara membasmi rayap maka tidak perlu lagi khawatir dengan serangan rayap pada furnitur di rumah anda. Hal yang terpenting adalah menghindari lembap pada furnitur anda agar tidak mudah terserang oleh rayap. Tentunya setelah rayap-rayap yang berada di rumah telah berhasil disingkirkan, maka hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mencegahnya agar tidak timbul kembali. Dengan begitu maka perabotan anda bisa tetap terjaga dan tidak mudah rusak karena rayap.

Tinggalkan komentar

More in Pengetahuan, Teknologi
reaksi fotosintesis
Reaksi Fotosintesis Gelap dan Terang Pada Tumbuhan yang Tepat

teknologi tepat guna
Kumpulan Contoh Teknologi Tepat Guna dalam Berbagai Bidang

Close