AMP Dev mode is Enabled!

Reaksi Fotosintesis Gelap dan Terang Pada Tumbuhan yang Tepat

Reaksi Fotosintesis Gelap dan Terang – Fotosintesis sebenarnya terdiri dari dua kata yaitu foto dari kata photon dan sintesis yang artinya membuat sesuatu menggunakan cahaya. Sehingga dapat diketahui bahwa fotosintesis adalah proses perubahan energi cahaya menjadi sebuah energi kimia. Proses tersebut dilakukan untuk membantu reaksi kimia yang digunakan untuk membentuk makanan.

Fotosintesis sendiri termasuk salah satu dari proses metabolisme yang berupa anabolisme. Anabolisme merupakan sebuah proses metabolisme yang dapat menyusun zat-zat mikro menjadi zat-zat makromolekul. Bagi anda yang ingin mengetahui proses fotosintesis, simak beberapa penjelasannya berikut ini.

Reaksi Fotosintesis Pada Tumbuhan

1. Energi untuk Fotosintesis

Tumbuhan tidak membentuk makanan yang mereka butuhkan dengan cahaya matahari, namun menggunakan bantuan cahaya matahari agar bisa membentuk makanan (gula / karbohidrat). Tumbuhan bisa membentuk makanan dengan cara mengolah karbon dioksida dan air untuk membentuk gula (karbohidrat). Cahaya matahari disini akan berperan sebagai sumber energi dalam fotosintesis karena metode cahaya matahari yang nantinya bisa memfasilitasi pembentukan makanan tersebut.

Jadi agar tumbuhan bisa menghasilkan makanan memang semua elemen harus ada yang berupa Karbon dioksida dan Air sebagai bahannya dan Cahaya matahari (atau foton) sebagai sumber energi reaksinya.

Baca Juga: Jenis Batu Sedimen

2. Proses Fotosintesis

Cara tumbuhan untuk memperoleh Karbon dioksida, Air, dan Cahaya matahari dalam reaksi fotosintesis yaitu mendapatkan karbondioksida yang berasal dari udara masuk ke dalam tumbuhan melalui celah celah kecil yang ada pada daun yang disebut dengan stomata. Air dapat diserap melalui akar dan disalurkan sampai ke daun dan seluruh tubuh tumbuhan melalui pembuluh angkut.

Namun untuk sebagian tumbuhan hanya menggunakan difusi antar sel. Sedangkan cahaya matahari dapat diserap oleh pigmen fotosintesis berupa klorofil yang ada pada daun. Hal yang terjadi selama proses fotosintesis yaitu klorofil yang ada pada daun menyerap energi matahari.

Kemudian energi matahari tersebut akan digunakan untuk memecah air (hidrolisis) menjadi hidrogen dan oksigen. Hidrogen dan karbondioksida nantinya akan digunakan dalam pembentukan glukosa ataupun makanan untuk tumbuhan.

Secara umum, terdapat dua reaksi fotosintesis yang utama yaitu reaksi yang akan bergantung dengan cahaya (light dependent reaction) dan reaksi yang tidak ada cahaya (light independent reaction). Kedua reaksi fotosintesis tersebut sebenarnya merupakan satu kesatuan. Hal itu berarti, proses fotosintesis dimulai dari reaksi yang bergantung dengan cahaya dan akan dilanjutkan ke reaksi tanpa cahaya.

Kedua proses fotosintesis tersebut umumnya dikenal dengan istilah reaksi terang fotosintesis dan reaksi gelap fotosintesis. Tentunya kedua proses fotosintesis tersebut memang diperlukan sehingga tumbuhan bisa menghasilkan makanan serta cahaya yang bukan hanya berguna bagi tumbuhan itu sendiri.

Baca Juga: Contoh Teknologi Tepat Guna

3. Hasil Reaksi Fotosintesis

Dalam fotosintesis, hanya menggunakan air dan karbondioksida, tumbuhan sudah dapat membuat gula yang nantinya bisa digunakan sebagai energi seluler. Hasil lain juga dapat membangun tubuh tumbuhan dengan menumpuknya menjadi amilum. Bahkan melalui fotosintesis juga tumbuhan bisa menghasilkan oksigen sebagai hasil dari fotosintesis. Sehingga hasil fotosintesis tumbuhan berdasarkan reaksi fotosintesis adalah Gula (C6H12O6) dan juga oksigen (O2)

Baca Juga: Jenis Batubara dan Gambar

Kesimpulan

Reaksi fotosintesis ini akan dilakukan oleh tumbuhan yang memiliki klorofil atau berwarna hijau. Dalam proses fotosintesis ini nantinya akan dihasilkan oksigen yang bukan hanya diperlukan oleh tumbuhan saja namun juga dibutuhkan oleh semua mahluk hidup. Tak hanya itu, dalam prosesnya tumbuhan juga memerlukan karbondioksida sehingga udara bisa tersa lebih segar.

Tentu saja fotosintesis ini memang diperlukan tanaman agar mereka bisa mendapatkan makanan, karena setelah melakukan proses fotosintesis maka bisa menghasilkan gula. Glukosa inilah yang nantinya akan membentuk sumber makanan lain seperti lemak dan protein dalam tanaman.

Demikian reaksi, proses, dan hasil dari fotosintesis gelap terang semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita. Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan selalu sebarkan kebaikan dan ilmu agar bermanfaat.

Disqus Comments Loading...