supardi Seorang yang belum kamu kenal yang suka dunia bisnis digital. yuk kenalan untuk berteman dan saling kerjasama.

Intip Makanan Khas Yogyakarta Legendaris yang Wajib Kamu Cicipi

2 min read

makanan khas yogyakarta oseng mercon

Elrajab.com – Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak jadi incaran wisatawan saat liburan. Selain karena kebudayaannya yang sangat kental, ternyata Yogyakarta menyimpan sejuta makanan khas yang wajib kamu cicipi saat berkunjung. Kamu ingin mampir ke Yogyakarta? Yuk intip makanan khas Yogyakarta legendaris yang wajib kamu cicipi berikut.

1. Makanan Khas Yogyakarta Gudeg

makanan khas yogyakarta gudeg

Siapa sih yang tidak mengenal makanan khas Yogyakarta satu ini. Gudeg menjadi makanan khas Yogyakarta legendaris yang wajib kamu cicipi. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak menggunakan santan sampai benar – benar lunak. Selain terasa manis, gudeg juga sangat gurih dan cocok untuk dijadikan lauk santap pagi kamu loh!

2. Makanan Khas Yogyakarta Sate Klathak

makanan khas yogyakarta sate klatak

Sate klathak merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta legendaris yang wajib kamu cicipi. Makanan ini berbahan dasar daging kambing yang sangat menggiurkan, bahkan meskipun dibumbui dengan garam saja tetap terasa nikmat. Kamu bisa menemukannya di dalam Pasar Imogiri, tepatnya 4 km dari Ring Road.

3. Makanan Yogyakarta Jejamuran Resto

makanan khas yogyakarta jejamuran resto

Selain gudeg dan sate klathak, makanan khas legendaris yang wajib kamu cicipi selanjutnya adalah Jejamuran Resto. Makanan yang disajikan dalam tempat makan ini semuanya berbahan baku jamur, mulai dari makanan hingga minuman.

Jangan khawatir mengenai kebersihan maupun kelayakan jamur tersebut, karena sudah terintegrasi dengan perkebunan jamur dan konsultan budidaya jamur yang membuatnya sangat layak dan bergizi untuk di konsumsi. Lokasi Jejamuran resto ini berada di Sleman, kira – kira arah Yogyakarta menuju Magelang.

Baca Juga: Bakpia Khas Jogja

4. Makanan Khas Yogyakarta Sate Petir

makanan khas yogyakarta sate petir

Sate petir? Mungkin kamu akan sangat heran dengan namanya. Makanan khas Yogyakarta ini tentunya tidak akan membunuhmu dengan sengatan petir, melainkan akan memanjakan lidahmu dengan kelezatannya. Apalagi untuk kamu si pecinta daging kambing dan masakan pedas, pastinya akan jatuh cinta sedalam – dalamnya dengan sate petir. Tidak percaya? Kamu harus mencobanya sendiri.

5. Makanan Khas Yogyakarta Oseng Mercon

makanan khas yogyakarta oseng mercon

Selain sate petir, terdapat pula oseng mercon yang bisa digunakan untuk menantang selera pedasmu loh! Makanan khas Yogyakarta legendaris yang wajib kamu cicipi ini berisikan kulit, lemak, kikil dan tulang muda yang dimasak dengan sambal yang super pedas. Hal inilah yang membuatnya disebut oseng mercon. Untuk harganya sendiri cukuplah terjangkau, kamu hanya perlu menyisihkan uang Rp 10.000 – Rp 20.000 saja per porsinya loh. Sangat terjangkau bukan?

6. Makanan Khas Yogyakarta Sop Ayam Pak Min

makanan khas yogyakarta sop ayam pak min

Meskipun berasal dari Klaten, sop ayam Pak Min seiring berjalannya waktu menjadi salah satu kuliner khas Yogyakarta legendaris yang wajib kamu cicipi. Sop ayam Pak Min memiliki rasa yang gurih dan tentunya lezat. Kamu bisa memilih bagian ayam mana yang ingin dimakan, mulai dari sayap, paha, dada, ataupun lainnya. Harga per mangkuk nya pun sangatlah terjangkau, yaitu mulai Rp 10.000 – Rp 20.000 saja.

7. Makanan Khas Yogyakarta Brongkos Jogja

makanan khas yogyakarta brongkos

Makanan khas Yogyakarta legendaris yang wajib kamu cicipi selanjutnya adalah Brongkos Jogja. Makanan ini memang sekilas hampir sama seperti rawon, namun ternyata brongkos memiliki kuah ya√ng lebih kental karena adanya tambahan santan di dalamnya. Brongkos Jogja memiliki isian seperti kulit melinjo, kacang tolo, daging atau telur dan juga tambahan cabai untuk menambah rasa pedas.

8. Oleh Oleh Khas Yogyakarta Bakpia

makanan khas yogyakarta bakpia

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Yogjakarta dan tidak merasakan lezatnya bakpia. Makanan khas Yogyakarta ini sangatlah populer dan menjadi incaran wisatawan saat berkunjung. Bakpia Jogja memiliki isian seperti kacang hijau, cokelat, keju dan sebagainya yang akan menggoyang lidahmu.

9. Oleh Oleh Khas Yogyakarta Yangko

makanan khas yogyakarta yangko

Oleh Oleh khas Yogyakarta ini udah sejak lama dibuat. Bentuk dan tektur selalu tetap untuk makann khas ini. Harga dan rasa yangko untuk sekarang bervariasi. Rasa yang manis dan kenyal dimulut membuat makanan khas ini sangat diburu oleh wisatawan. Banyak toko oleh oleh yang menjual makanan yang satu ini.

10. Oleh Oleh Khas Jogja Cenil Jogja

makanan khas yogyakarta cenil

Makanan yang satu ini merupakan jajanan pasar yang sangat legendaris. Bentuknya yang gepeng dengan warna yang beragam.  Rasa cenil manis dengan ditaburi parutan kelapa sehingga terasa sangat nikmat. Makanan ini terkenal di daerah Jawa saja, tapi tidak menutup kemungkinan makanan cenil sudah merambah di luar Jawa.

 Baca Juga: 16 Makanan Khas Gunung Kidul yang Syarat Akan Kelezatannya!

11. Oleh Oleh Khas Jogja Geplak

makanan khas yogyakarta geplak

Bentuk geplak bulat dengan warna yang bervariasi. Makanan ini merupakan oleh oleh khas Jogja yang sangat banyak peminatnya. Rasa geplak manis dan terdapat parutan kelapa di dalam adonannya.

12. Makanan Khas Yogyakarta Nasi Tiwul

makanan khas yogyakarta nasi tiwul

Makanan Tradisional ini berasal dari gunungkidul. Nasi tiwul terbuat dari singkong yang dikeringkan atau biasa disebut dengan geplek. Sekarang nasi tiwul sudah jarang ditemukan karena daerah sana sudah ada kemajuan. Nasi Tiwul dihidangkan dengan parutan kelapa di atasnya dengan sedikit garam. Silahkan coba makanan khas yang satu untuk bernostalgia dengan zaman yang serba sederhana.

Demikian makanan khas Yogyakarta yang sangat populer. Untuk makanan khas lainnya bisa baca di artikel lainnya. Semoga bermanfaat dan terus lestarikan kuliner asli Nusantara.

supardi Seorang yang belum kamu kenal yang suka dunia bisnis digital. yuk kenalan untuk berteman dan saling kerjasama.
× Kirim Pesan